Press "Enter" to skip to content

16 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Dosis Minum Serta Efek Sampingnya

Beberapa waktu yang lalu, ayah dari penulis rutin mengkonsumsi daun binahong. Entah beliau mendapat info darimana terkait daun binahong ini tetapi yang jelas beliau langsung menanam di dekat sumur.

Penulis sebenarnya baru mengetahui juga tentang daun binahong ini.

Artikel ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Sumber bisa dilihat di akhir artikel.

Mengenal daun Binahong

Daun binahong atau piahong disebut juga Madeira vine dalam bahasa Inggris, dan memiliki nama ilmiah Anredera cordifolia adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Daun ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan kawasan tropis di Amerika Serikat.

Sumber : https://cdn.popmama.com/content-images/post/20190809/health%20cover-f5e68f299cd7d9e4ca17d7856e66dc1e_600xauto.jpg

Ciri-ciri binahong ini tumbuh merambat atau menjalar dengan batang daun yang pendek, daun binahong berwarna hijau berbentuk hati, berbatang lunak, berdaun tunggal, berbunga majemuk.

Tanaman binahong dikembangbiakkan dengan menanam biji atau bagian akarnya.  Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

Bagian daun dari tanaman inilah yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya.

Kandungan daun Binahong

Berdasarkan hasil penelitian para ahli daun ini mengandung banyak nutiris seperti Glucan c, Karoten, Asam Organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D – Galaktosa, Asam Aldonat, dan Vitamin (A, B, dan C).

Melansir dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya karya Drs. H. Arief Hariana, daun binahong mengandung flavonoid, saponin, asam askorbat, dan protein.

Daun binahong memiliki efek farmakologis antibakteri, antivirus, analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi.

Manfaat daun binahong bagi kesehatan dan cara konsumsi/ dosis minumnya

Rasa dan tekstur binahong seperti kangkung, bayam, maupun sayuran sejenis lainnya.

Prof. Dr. Ir. Ervizal A.M. Zuhud (AMZU), MS. selaku Kepala Divisi Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan Tropika Institut Pertanian Bogor mengatakan bahwa daun binahong ini bisa dikonsumsi dengan cara dimasak, ditumis seperti sayuran hanya diseduh atau direbus kemudian langsung diminum.

Prof Ervizal menambahkan jika mengolah daun binahong hanya perlu memblendernya kemudian campur dengan buah untuk dijadikan jus. Daun binahong dapat dicampur dengan berbagai jenis ginger (Zingiberaceae) dan direbus. Bisa juga menyeduh daun binahong yang sudah dikeringkan. Daun binahong juga bisa disajikan dengan cara ditumis. Bumbu untuk menumis sajian ini cukup sederhana seperti menggunakan bawang putih geprek dan bumbu dapur lainnya.

Pengolahan daun binahong untuk pengobatan ada dosis umum yang disarankan.

1. Ambil 9-11 lembar daun (tidak muda juga tidak terlalu tua), cuci bersih.

2. Rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas.

3. Minum 2 kali sehari pagi dan sore atau malam hari.

Berikut manfaat daun binahong yang bisa diketahui :

1. Maag

Maag bisa menyerang siapa saja. Saat maag kambuh, Anda pasti merasa tidak nyaman.

Daun binahong efektif mengobat maag, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia.

Anda cukup rebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air sampai mendidih. Anda minum air rebusan binahong tiga kali sehari.

2. Gagal ginjal 

Daun binahong dipercaya efektif mengobati gagal ginjal. Untuk membuat obat herbal gagal ginjal dari daun binahong cukup mudah.

Anda rebus 10 gram – 15 gram daun binahong segar dengan segelas air sampai mendidih. Anda minum air rebusan daun binahong tiga kali sehari sebelum makan.

3. Mencegah kanker 

Melansir buku berjudul Tanaman Ajaib! Basmi Penyakit Dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) karya Astrid Savitri, daun binahong bisa menurunkan risiko terkena kanker.

Hal ini disebabkan daun binahong kaya akan antioksidan yang bisa menghambat perkembangan sel kanker.

Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup minum air rebusan daun binahong kering satu kali sehari secara rutin.

4. Sariawan kronis 

Sariawan memang bukan penyakit yang mengkhawatirkan. Namun, Anda pasti merasa tidak nyaman saat menderita sariawan.

Daun binahong efektif mengobati sariawan kronis. Anda cukup minum air rebusan daun binahong yang sudah didinginkan.

5. Darah rendah 

Anda penderita darah rendah? Daun binahong bermanfaat mengontrol tekanan darah dalam tumbuh. Selain itu daun binahong efektif mengobati darah rendah.

6. Mencegah penyakit jantung

Rupanya, mengonsumsi daun binahong bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun binahong diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.Anda cukup menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Anda dapat meminumnya dua kali sehari.

7. Mengobati luka bakar

Kita tahu bahwa luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang yang tidak.

8. Jerawat 

Jerawat adalah musuh para kaum hawa. Ternyata, daun binahong efektif mengobati jerawat.

Anda cukup bubuhkan daun binahong yang sudah dihaluskan ke permukaan wajah. Untuk merasakan manfaat yang maksimal, Anda minum rebusan daun binahong dengan ditambahkan sedikit madu.

9. Mengobati luka 

Daun binahong memiliki efek farmakologis antimikroba yang berperan mencegah infeksi pada luka.

Anda cukup tempelkan daun binahong di atas luka yang baru. Daun binahong mampu menyembuhkan dengan cepat luka tersebut.

10. Batuk 

Daun binahong juga bisa menyembuhkan batuk, solusi untuk Anda yang enggan minum obat batuk kimia.

Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup minum air rebusan daun binahong.

11. Sesak nafas 

Daun binahong juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk sesak nafas. Untuk merasakan manfaatnya, Anda rebus 7 lembat daun binahong dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menyisahkan 1 gelas air.

Anda minum air rebusan daun binahong selagi hangat. Anda sebaiknya minum obat herbal tersebut secara rutin.

12. Lemah syahwat 

Daun binahong dipercaya efektif mengatasi lemah syahwat. Berdasarkan buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan, karya Yusuf CK Arianto membuat ramuan herbal untuk lemah syahwat dari daun binahong cukup mudah.

Anda rebus 3-10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Anda rebus daun binahong sampai mendidih dan menyisahkan satu gelas air.

Anda minum air rebusan daun binahong selagi hangat secara rutin.

13. Mengobati asam urat

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah mengobati asam urat. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Jadi, apabila Anda merasa telah makan hidangan, seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

14. Melancarkan haid

Kaum perempuan merasa tidak nyaman saat haid tidak lancar. Daun binahong bermanfaat untuk membantu melancarkan haid.

Untuk merasakan manfaatnya Anda rebus 3 lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisahkan setengahnya.

Anda minum air rebusan daun binahong secara rutin.

15. Meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh

Cuaca sedang tidak menentu, agar tidak mudah sakit Anda sebaiknya menjaga daya tahan dan stamina tubuh tetap maksimal.

Daun binahong dipercaya bisa meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh. Anda cukup merebus satu lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai menyisahkan setengahnya.

16. Mencegah diabetes

Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika Anda ingin mengendalikannya, selain mengatur pola makan, daun binahong juga bisa manfaat daun binahong juga bisa jadi pilihan.Daun binahong dapat mengontrol kadar gula tubuh seseorang. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Manfaat Daun Binahong bagi Kecantikan

1. Memutihkan wajah

Daun binahong dipercaya dapat memutihkan kulit. Mengolahnya pun cukup simpel.

Anda bisa rebus daun binahong dan air rebusan itu diminum setelah dingin. Ramuan ini juga bisa menyehatkan tubuh.

2. Mengencangkan kulit

Selain direbus, daun binahong bisa dimakan secara langsung sebagai lalapan. Daun binahong bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan menghilangkan kerutan.

Caranya, Anda ambil 10 helai daun binahong lalu dihaluskan. Setelah itu bisa campurkan madu dan jadikan sebagai masker wajah.

3. Menghilangkan komedo

Air rebusan daun binahong dapat menghilangkan komedo yang menganggu. Saat cuci muka, Anda bisa memakai rebusan daun binahong dan lakukan secara rutin sehari tiga kali.

4. Membersihkan muka

Melakukan aktivitas di luar rumah bisa menyebabkan wajah kotor. Jika tak dibersihkan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Nah, Anda bisa menggunakan rebusan daun binahong untuk membersihkannya. Lakukan secara rutin dan rasakan khasiatnya.

5. Menghaluskan kulit wajah

Daun binahong memiliki manfaat menghaluskan wajah. Perawatan ini minim risiko karena menggunakan bahan alami.

Anda hanya perlu menyiapkan 20 lembar daun binahong dan rebus dengan air 500 ml.

Setelah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk mencuci wajah. Lakukan secara rutin dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari.

6. Mengatasi jerawat

Daun binahong dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori sehingga Anda juga bisa mencegah munculnya jerawat.

Anda bisa menumbuk daun binahong, kemudian ditempelkan pada wajah selama 10 menit.

Anda juga bisa merebus delapan lembar daun binahong dan direbus hingga mendidih. Lalu, minum air rebusan daun binahong sekali setiap hari hingga jerawat membaik.

Efek samping daun binahong

Setiap yang herbal memang alami dan memiliki segudang khasiat. Meski demikian, tidak semua orang cocok dengan pengobatan alami dengan rempah-rempah atau dedaunan seperti daun binahong.Perlu diingat bahwa mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun binahong secara berlebihan hanya akan mendatangkan efek samping bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  • Memicu terjadinya stroke dan hipertensi
  • Dilarang dikonsumsi bersama zat stimulan seperti teh dan kopi
  • Tidak untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui
  • Penderita nyeri dada sebaiknya tidak mengonsumsi binahong

Kandungan efedrin dalam daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan zat yang ada dalam teh dan kopi. Pasalnya, konsumsi bersamaan tersebut dikhawatirkan bisa memicu pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia, dan jantung berdebar.

Sebagai catatan, walaupun daun binahong memiliki 16 manfaat serta memiliki efek samping kalian WAJIB konsultasi dengan dokter jika merasakan ada keluhan dan sebagainya.

Sumber :

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Binahong

2. https://kesehatan.kontan.co.id/news/12-manfaat-daun-binahong-untuk-kesehatan-yang-jarang-diketahui

3. https://www.sehatq.com/artikel/kenali-manfaat-daun-binahong-tapi-jangan-konsumsi-berlebihan

4. https://www.kompas.com/food/read/2021/01/05/145400175/cara-olah-binahong-dan-dosis-minumnya-daun-yang-penuh-khasiat?page=all

5. https://www.bola.com/ragam/read/4340207/6-manfaat-daun-binahong-bagi-kecantikan-bikin-wajah-makin-putih

Be First to Comment

    Leave a Reply