Press "Enter" to skip to content

21 Manfaat Kunir/ Kunyit Asem Bagi Pencernaan, Kecantikan Dan Penyakit Lainnya

Kemaren ITSTIME.ID sudah pernah menulis tentang kmanfaat gula sem bagi tubuh.

22 Manfaat Asam Jawa Dan Minuman Gula Asem/ Gulas Yang WAJIB Diketahui

Kali ini kami akan membahas tentang manfaat kunir asem atau kunyit asem.

Kita mulai dari kunyit atau kunir.

Mungkin tidak banyak yang tau bahwa kunir dan kunyit itu sama.

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae.

Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), huni (Bima), konyè’ (Madura), Kunyir (Komering).

Kunyit indonesia mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Disini rangkuman tentang manfaat kunyit asam atau kunir asem yang diolah sebagai jamu tradisional. Sumber berada di akhir artikel.

Apakah baik minum kunyit asam setiap hari?

Memang kunyit memiliki banyak segala manfaat, namun ada aturan-aturan yang juga tetap dipatuhi.

Jawabannya adalah boleh dan aman untuk dikonsumsi setiap hari. Meski begitu, ada hal yang penting untuk diingat, yaitu minum kunyit tidak boleh melebihi dosis yang seharusnya. Sebaiknya, Anda tidak minum kunyit lebih dari 500 mg per hari.

Apabila ingin lebih aman, minum setiap dua hari sekali untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Inilah manfaat kunir asem atau kunyit asem bagi tubuh :

PENCERNAAN

1. Melindungi Usus dan Lambung

Manfaat kunir asem selanjutnya adalah untuk melindungi usus dan lambung. Kunyit yang mengandung zat antiradang dan antioksidan ini telah terbukti dapat meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Lebih jauh lagi, rempah ini dapat membantu pengobatan dan mencegah timbulnya tukak lambung.

2. Mengobati maag

Kunir sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, tidak ada salahnya menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya.

Maag dapat muncul dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. pylori, konsumsi obat antinyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanan tertentu. Berbagai hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.

Nah, penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek curcumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

Selain itu, artikel dalam jurnal Systematic Reviews mengatakan kunyit membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

3. Mengempiskan perut kembung

Buang gas (kentut) adalah tanda pencernaan Anda baik-baik saja, tapi kalau sudah berlebihan? Tandanya ada yang salah dengan perut Anda.

Kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Kuyit juga sekaligus membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

4. Meredakan gejala IBS (irritable bowel syndrome)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah peradangan usus besar yang menyebabkan masalah BAB jangka panjang. Jika peradangan tersebut membuat kontraksi usus terlalu sering mengejang, akibatnya adalah diare kronis. Sebaliknya jika peradangan membuat otot usus jadi jarang berkontraksi, akibatnya justru sembelit kronis.

Menyimpulkan sejumlah penelitian berbeda, kunyit dikatakan aman dan mudah ditoleransi untuk orang-orang yang punya IBS. Penelitian dari Singapura yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 memperlihatkan kunyit mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh gejala IBS.

Potensi ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang kurkumin yang membantu melancarkan kerja otot pencernaa. Penelitian yang sama juga menemukan manfaat kunyit untuk menyeimbangkan koloni bakteri baik dalam usus.

Selain masalah diare karena IBS, kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi diare yang diakibatkan oleh keracunan makanan. Kandungan magnesium dan kalium dalam kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat diare.

5. Mengurangi mual

Ketika diracik dengan bubuk lada hitam, kunyit dikatakan manjur untuk meredakan mual ketimbang jika dikonsumsi sendiri. Menarik, ‘kan?

Sebuah studi dalam jurnal Food tahun 2017 membuktikan bahwa menambahkan lada hitam membantu manfaat rempah kuning ini lebih terasa maksimal. Sebab sebetulnya setelah dikonsumsi, kandungan curcumin dalam kunyit lambat diserap ke dalam aliran darah. Ini yang membuat Anda bisa kehilangan khasiat dari kunyit itu sendiri.

Nah, penelitian tersebut menunjukkan piperin dalam lada hitam meningkatkan penyerapan curcumin sampai dua ribu persen lebih cepat ke dalam darah sehingga siap untuk digunakan oleh tubuh. Piperin juga memperlambat pemecahan curcumin oleh hati sehingga lebih bertahan lama dalam darah.

DAYA TAHAN TUBUH

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Minum kunir asem secara teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalamnya.

Kurkumin dalam jamu kunyit asam bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam campuran asam jawa, dapat dikatakan sebagai pelindung utama tubuh dari berbagai ancaman bakteri, kuman, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

7. Membersihkan Tubuh dari Racun

Jamu kunyit asam bisa dikatakan sebagai minuman detoksifikasi atau minuman penetral racun yang masuk dalam tubuh. Racun atau toksin dapat ditemui di mana saja, terutama berasal dari polusi udara yang tercemar oleh asap kendaraan.

PERADANGAN

8. Anti-infamasi

Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau versi bubuknya.

Kurkumin diyakini bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

Berangkat dari situ, berbagai hasil uji praklinis dari The AAPS Journal melaporkan khasiat kunyit yang menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait peradangan. Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes.

Namun, sampai sejauh ini belum ada satu pun penelitian besar yang mampu memverifikasi bukti-bukti khasiat antiradang kunyit pada manusia.

9. Melawan infeksi

Kunyit mengandung zat yang dapat melawan jamur, parasit, dan bakteri. Keunggulan ini menjadikan kunyit bersifat antiseptik yang dapat mencegah luka terkena infeksi.

Namun sayangnya, untuk mengobati luka atau luka bakar, bukan minuman kunyit asam yang digunakan, melainkan kunyit yang sudah dijadikan pasta atau bubur untuk dioleskan pada luka.

KEWANITAAN

10. Meredakan nyeri haid

Jamu kunyit asam sudah sejak lama dikenal manfaat utamanya sebagai minuman pelancar haid alami. Manfaat lain dari kunir asem, khususnya untuk wanita adalah meredakan nyeri haid.

Kandungan kurkumin dalam kunyit asam bekerja mengurangi hormon prostagladin yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri.

Tak hanya itu, Asam jawa dalam jamu kunyit asam juga dapat berpengaruh terhadap sistem saraf serta otak. Dengan demikian, otak bisa mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid berkurang.

11. Menurunkan berat badan

Kurkumin kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih.

Namun, lagi-lagi manfaat kunyit ini bisa Anda peroleh jika mengombinasikannya dengan asam jawa. Sebab dikonsumsi sendiri, kunyit lambat diserap ke dalam darah tapi lebih cepat dipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya.

Dalam jangka panjang, minum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan jadi lebih maksimal.

12. Mencerahkan Kulit

Sejalan dengan manfaat kunir asem untuk jerawat, Anda bisa mendapatkan kulit yang cerah dengan mengonsumsinya secara rutin. Jika jerawat sudah bisa teratasi, pasti bekasnya masih menempel. Bekas jerawat ini umumnya akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam.

Padaha,l kulit wajah yang cerah adalah impian setiap orang. Kunir asem bisa mencerahkan kulit secara alami. Manfaat ini dipengaruhi antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang dimilikinya.

13. Mengatasi Keputihan

Keputihan memang menjadi masalah umum yang dirasakan oleh kaum hawa. Bukan hanya orang dewasa, putihan juga dialami oleh remaja terutama yang sudah mengalami menstruasi. Keberadaanya sering kali mengganggu, bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan bau dan rasa gatal pada organ intim. Tidak jarang memang, masalah keputihan ini bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan mineral dan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi serta efektif mencegah keputihan. Manfaat kunyit asam ini akan lebih terasa jika konsumsi secara rutin dengan takaran yang baik.

14. Mecegah penuaan dini

Penuaan bisa menyerang semua orang, hal ini dipengaruhi radikal bebas dan konsumsi makanan yang salah. Anda bisa mengonsumsi kunir asem untuk mencegah masalah ini terjadi.

Hal ini dipengaruhi kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan kunir asem sangat tinggi. Antioksidan yang tinggi dalam jamu bisa membantu memperlambat proses penuaan dini, mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV, begitu pula dengan efek pemakaian kosmetik dan jerawat.

15. Mengurangi Bau Badan

Memiliki masalah dengan bau badan jelas membuat kamu tidak nyaman, terlebih pada orang yang memiliki produksi keringat berlebih.. Bukan karena keringat, tetapi bau badan sebenarnya berasal dari bakteri dan kuman di badan. Agar bisa terhindar dari bau badan yang menyengat, kamu bisa mengonsumsi kunir asem.

Manfaat kunir asem ampuh menghilangkan bau badan. Manfaat ini dipengaruhi oleh sifat anti-bakteri yang dimiliki kunir asem. Ada zat klavikula dan estradiol yang dapat hilangkan bau badan, mengontrol hormon, dan keringat.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa dengan menambahkan daun beluntas ke dalam ramuan kunyit asam yang akan dikonsumsi.

16. Mencegah dan mengatasi jerawat

Kunir asem memiliki manfaat mengatasi jerawat. Kulit wajah yang bersih dan terawat adalah impian kebanyakan wanita. Namun, masih banyak wanita yang kewalahan mendapatkannya. Apalagi jika jerawat masih saja menghantui wajah.

Mengonsumsi kunir asem dapat mengatasi masalah jerawat. Selain dapat meredakan peradangannya, kunir asem bisa mencegah kemunculannya. Manfaat ini berasal dari vitamin A dan vitamin C yang dimiliki kunir asem.

PENYAKIT LAINNYA

17. Mengatur gula darah

Pengidap diabetes punya kewajiban untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Sejak dulu, jamu kunyit asam kerap direkomendasikan bagi pengidap diabetes.

18. Mencegah risiko kanker

Kurkumin dalam kunyit juga punya khasiat untuk mencegah risiko kanker.

Sebagai antioksidan dan anti-peradangan, kurkumin dapat mengurangi risiko sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat mutasi sel dan kanker.

19. Menekan risiko komplikasi jantung

Masih berkat fungsinya sebagai antioksidan dan antiradang, kurkumin sangat bermanfaat bagi pengidap penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian tahun 2012, penderita jantung yang mengonsumsi 4 gram curcumin setiap hari setelah operasi bypass jantung bisa menekan risiko komplikasi hingga 17%.

20. Meningkatkan fungsi otak

Menurunnya fungsi otak dapat memicu risiko masalah kesehatan otak, seperti depresi atau Alzheimer.

Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit asam mampu meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Dengan begitu, fungsi otak dapat meningkat dengan baik sehingga dapat menghindarkan dari penyakit depresi, Alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya. Manfaat kunyit asam ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi secara rutin.

21. Meredakan stres

Mengalami depresi dan stres memang berisiko menghampiri pria dan wanita. Akan tetapi, masalah ini akan berdampak buruk bagi wanita. Stres dan depresi bisa memengaruhi siklus menstruasi atau haidnya.

Jika dirasa sedang mengalaminya, coba redakan dengan mengonsumsi kunir asem. Kunir asem ampuh meredakan stres. Hal ini dipengaruhi kandungan kurkumin yang dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.

Sumber :

1. https://id.wikipedia.org/

2. https://www.bola.com/

3. https://www.merdeka.com/

4. https://hot.liputan6.com/

5. https://lifestyle.kompas.com/

4. https://www.alodokter.com/

4. https://hellosehat.com/

4. https://cms.sehatq.com (Featured Image)

Be First to Comment

    Leave a Reply