histats Press "Enter" to skip to content

8 Makanan Yang Mengandung ASI Booster. WAJIB Diketahui Bagi Ibu Menyusui

Editor : Ahmad Muttaqin

Banyak ibu yang sudah tahu bahwa daun katuk merupakan salah satu sayuran yang bisa memperlancar ASI. Nah ITSTIME.ID sudah merangkum dari beberapa website makanan atau sayuran yang bisa menambah jumlah ASI bagi ibu menyusui

1. Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting misalnya kalium, asam folat, dan enzim papain.

Enzim ini membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.

2. Gandum utuh dan oat

Gandum utuh dan oat memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain bisa membuat ibu menyusui merasa kenyang lebih lama, mengonsumsi bubur gandum atau bubur oat juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.

Oat juga kaya zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia, penyebab menurunnya pasokan ASI yang umum terjadi pada ibu baru. Selain bubur oat, ibu menyusui juga bisa mencoba makanan lain berbahan dasar gandum, misalnya kue kering dan roti gandum.

Oatmeal juga dianggap mengendalikan diabetes selama pasca-kehamilan.

3. Bawang putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi akan menyusu lebih lama jika ibunya mengonsumsi bawang putih.

Menurut penelitian tersebut, bawang putih, bawang merah, maupun bawang bombay dapat membuat rasa ASI lebih enak, sehingga bayi akan menyusu lebih banyak. Semakin sering dan semakin lama bayi menyusu, produksi ASI juga akan makin meningkat.

4. Bayam

Bayam baik untuk menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Kandungan nutrisi lainnya pada bayam adalah vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

Sama dengan sayuran berdaun hijau tua lainnya, bayam mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI.

Selain bayam, ibu menyusui juga sebaiknya mengkonsumsi makanan sumber galaktagog seperti brokoli, kale, daun katuk, dan daun jinten. Ibu menyusui dianjurkan untuk makan 1-2 porsi sayuran berdaun hijau setiap hari.

Selain galaktagog, sayuran hijau juga mengandung senyawa fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen. Senyawa ini baik untuk mendukung produksi ASI.

5. Wortel

Wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI dan meningkatkan kualitas ASI Anda. Minum 1 gelas jus wortel sebelum makan siang dapat menambah produksi ASI pada sore hari.

Cara mengkonsumsi wortel bisa sebagai berikut :

  • Anda dapat mengonsumsi wortel mentah, dikukus atau bahkan dimasak menjadi sup.
  • Cobalah bubur wortel yang tambahkan dengan susu hangat dan gula.

6. Jagung

Jagung manis perlu Ibu konsumsi juga untuk meningkatkan ASI. Kandungan karbohidrat serta protein di dalam jagung mampu memperbanyak ASI, bahkan bagi Ibu yang setelah melahirkan dan belum mengeluarkan ASI. Jagung dapat dikonsumsi melalui hidangan seperti sup, salad, atau digoreng.

7. Kacang-kacangan & biji-bijian

Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang almond, dan kacang kenari, juga baik dijadikan makanan penambah ASI. Selain mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, kacang-kacangan juga mengandung protein, kalsium, dan zat besi yang dapat menambah produksi ASI.

Biji-bijian yang berkhasiat untuk memperbanyak ASI antara lain wijen, biji chia, dan biji rami atau flaxseed. Biji-bijian ini mengandung senyawa fitoestrogen yang baik untuk meningkatkan produksi ASI.

8. Air

Meskipun tidak masuk dalam kategori makanan penambah ASI, tapi sangat penting untuk menambahkan air dalam daftar ini. Selalu perbanyak frekuensi minum air putih Anda. Setiap kali usai menyusui atau memompa ASI, pastikan tubuh kembali terhidrasi dengan mengonsumsi cukup cairan.

Meski ada berbagai kemungkinan makanan penambah asi seperti telah dikemukakan di atas, namun perlu diingat, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Sumber :

1. https://id.theasianparent.com/7-makanan-yang-memperbanyak-asi

2. https://www.sehatq.com/artikel/lezat-dan-bergizi-inilah-8-makanan-penambah-asi

3. https://www.alodokter.com/ini-ragam-makanan-untuk-memperbanyak-asi

4. https://doktersehat.com/ini-yang-perlu-anda-lakukan-untuk-memperbanyak-asi/

5. https://www.prenagen.com/id/7-jenis-makanan-penambah-asi-lancar-serta-berlimpah

6. https://vitasi.net/ (Featured image)

(Visited 32 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.