Investasi Emas, Deposito, Saham

Banyak pertanyaan yang diajukan oleh kalangan anak muda tanggung tentang perlukah seseorang menabung atau malah langsung investasi.

Kali ini ITSTIME.ID mencoba untuk menjabarkan tentang apa itu menabung, apa manfaat menabung dan kelemahan menabung. Selain itu juga ITSTIME.ID akan menerangkan tentang apa itu investasi, apa manfaatnya dan apa saja yang harus dipelajari sebelum melakukan investasi pertamanya.

Sumber : https://www.quipper.com

Jaman dahulu ada peribahasa hemat pangkal kaya. Salah satu cara berhemat adalah dengan memperbesar tabungan dan mengurangi pengeluaran.

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang atau menyisihkan sejumlah uang dalam satu tempat tertentu sebagai cadangan saat ada keperluan mendadak atau untuk mencapai sesuatu di masa depan.

Konsep menabung hanya menyimpan saja tanpa ada embel-embel atau keinginan uang yang disimpan mempunyai nilai bertambah.

Dahulu menabung bisa dilakukan menggunakan celengan atau di bawah bantal atau disimpan di sela-sela baju di dalam lemari.

Untuk saat ini menabung bisa dilakukan di bank.

Ada 3 manfaat menabung yang sebaiknya kita ketahui dan mulai diajarkan kepada anak-anak, yaitu:

1. Memiliki cadangan keuangan dalam keadaan mendesak

Dengan memiliki tabungan, maka kalian akan memiliki cadangan dana yang bisa digunakan ketika keadaan mendesak atau adanya pengeluaran tidak terduga. Tentu hal ini akan sangat membantu karena kalian tidak harus kesulitan mencari tambahan dana lagi.

Bila tidak mempunyai tabungan, maka mengharuskan kalian untuk memotong pengeluaran rutin bulanan atau bahkan mengharuskan kalian menjadi berhutang.

2. Mencegah berutang

Bila mempunyai dana cadangan, maka bila ada pengeluaran mendesak, kalian tidak perlu bingung mencari tambahan dana atau berutang.

3. Mencapai sesuatu yang diinginkan di masa depan

Menabung juga dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti misalnya membeli handphone baru, atau untuk liburan atau bahkan untuk biaya kuliah.

Namun dari konsep menabung ini, ada beberapa kelemahan yang sebaiknya kita ketahui juga, yaitu :

1. Nilai tabungan akan kalah dengan nilai kenaikan harga (inflasi)

Kita pasti paham tentang uang jaman dahulu misal Rp 10.000 sudah bisa membeli bakso. Dan sekarang membutuhkan uang Rp 15.000 untuk mendapatkan semangkok bakso yang sama. Itulah yang dinamakan inflasi.

Jika uang hanya didiamkan atau ditabung sebenarnya lama-lama akan berkurang

2. Akan kena biaya administrasi

Jaman sekarang menabung bisa dilakukan di bank. Namun perlu diketahui, menabung di bank memang aman tetapi biaya administrasi bulanan akan terus menggerogoti tabungan kalian.

Jika memang tabungan kalian hanya didiamkan dan tidak pernah bertambah, besar kemungkinan jumlahnya akan tergerus biaya pajak atau administrasi bulanan yang dibebankan oleh Bank.

3. Bisa tergoda untuk digunakan sebelum waktunya

Ini akan gampang terjadi jika kita menyimpan uang hanay di lemari atau di bawah bantal.

Kita tidak bisa berkomitmen untuk menyimpan uang yang ada. Bahkan bisa saja gampang tergoda untuk segera menggunakan uang yang awalnya akan digunakan sebagai tabungan.

Baca lanjutan disini Aku Bingung, Mau Menabung Atau Investasi Saja? Bag II

Itu saja artikel tentang apa sih sebenarnya menabung itu dan apa manfaat serta kelemahan dari menabung.

#itstimetoinvest

2 Replies to “Aku Bingung, Mau Menabung Atau Investasi Saja? Bag I

Leave a Reply