Investasi Emas, Deposito, Saham

Setelah kemaren dibahas tentang apa sih menabung itu, apa manfaat serta kelemahan ketika menabung (Silahkan baca artikelnya disini Sebelum Menabung, Kamu Harus Tahu 6 Hal Ini)

Kali ini ITSTIME.ID akan membahas tentang apa sih investasi itu, apa perbedaan investasi dengan menabung, dan apa manfaat serta kelemahan ketika kita melakukan investasi.

Sumber : https://www.ilmudasar.com

Investasi adalah suatu kegiatan untuk menempatkan dana atau uang pada instrumen tertentu (emas, reksadana, saham, tanah atau properti) pada satu periode tertentu dengan harapan dana atau uang tersebut bisa menghasilkan keuntungan dan/atau peningkatan nilai investasi di masa depan.

Dari pengertian di atas sudah terlihat perbedaannya antara investasi dan menabung.

Jika investasi menginginkan nilai tambah dari instrumen yang kita miliki, sedangkan menabung hanya untuk menyimpan uang saja tanpa ada keinginan suatu saat nilai uangnya akan bertambah.

Terus apa manfaat dari investasi ini. Dikutip dari web http://julo.co.id, investasi mempunyai manfaat yaitu :

1. Memiliki cadangan keuangan 

Sama seperti menabung, investasi juga bisa dijadikan sebagai saran untuk cadangan jika suatu saat kita membutuhkan dana darurat. Namun biasanya jika uangnya digunakan untuk investasi maka ada kelemahan yang mengikuti yaitu simak di penjelasan kekurangan investasi.

2. Mendapatkan return atau nilai tambah

Inilah poin paling membedakan antara menabung dan investasi.

Jika menabung uangnya akan tetap bahkan berkurang (jika disimpan di bank), maka kalau investasi justru uang yang kita simpan akan bertambah.

Misal kita investasikan uang Rp 500.000 di tahun 2015 dengan cara dibelikan emas. Misal di saat itu bisa mendapat 1gram emas antam. Jika di tahun 2019 emas 1 gram tersebut bisa dijual di harga Rp 700.000.

Sungguh menggiurkan kan?

Setelah mengetahui manfaat investasi, kita juga harus tau apa saja kelemahan investasi. Karena jika sudha tahu kelemahan investasi maka kita akna lebih mudah menimbang mau investasi atau cukup menabung.

Berikut 2 kelemahan investasi :

1. Uang atau dana biasanya diendapkan selama periode tertentu

Ini menjadi kelebihan sekaligus kelemahan. Dana atau uang yang diendapkan memang bertujuan agar nilainya bertambah misal dari Rp 100.000 kemudian di investasikan maka nilainya jika 2 tahun kemudian bisa menjadi Rp 120.000.

Namun selama jangka waktu 2 tahun tersebut uang yang ada biasanya akan bisa naik atau turun tergantung instrumen apa yang dipilih. Baca Inilah Instrumen Investasi Terbaik Untuk Jangka Waktu Pendek Dibawah 2 Tahun.

Kelemahan ini menjawab tentang kelebihan investasi di poin 1.

Dan jika dana diendapkan otomatis dana tidak bisa digunakan secara mendadak sekali.

2. Ada risiko yang harus diketahui

Ini poin paling penting dan biasanya membuat masyarakat khawatir tentang investasi.

Jika kalian ingin investasi maka kalian juga siap-siap apabila investasi yang kita harapkan untuk untung justru malah buntung. Lah kok bisa? Misal begini kalian mempunyai uang Rp 1.000.000 kemudian diinvestasikan dalam bentuk saham dan mendapat misal 10 lot. Kemudian karena suatu hal perusahaan yang kalian beli sahamnya melakukan kinerja buruk dan membuat harga saham yang tadinya 10 lot seharga Rp 1.000.000 bisa menurun menjadi 10 lot hanya Rp 500.000.

Ini sering kejadian di masyarakat awam apalagi yang tiba-tiba investasi saham tanpa belajar.

Jika kalian menginvestasikan emas juga akan mengalami hal yang sama.

Baca link berikut 4 Alasan Kenapa Saya Tidak Memilih Emas Sebagai Instrumen Investasi Dan Tabungan.

Namun dari rangkaian tulisan ini, ITSTIME.ID mempunyai saran bagi kalian yaitu :

1. Jika kalian mempunyai dana berlebih harus tetap ditabung atau diinvestasikan. Jangan malah dihambur-hamburkan

2. Jika kalian belum mempunyai kebutuhan mendesak di beberapa tahun ke depan (Misal tidak keburu menikah, tidak keburu mempunyai anak dsb) alangkah baiknya dana yang ada bisa diinvestasikan saja bukan ditabung. Baca link berikut untuk membaca investasi apa yang cocok untuk jangka menengah atau jangka panjang

Begini Cara Yang Tepat Untuk Investasi Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang

3. Namun jika kalian mempunyai kebutuhan mendesak misal 3 bulan lagi anggarannya akan dipakai maka disarankan ditabung aja dulu di bawah bantal atau di lemari. Kalau bisa jangan ditaruh di bank karena akan kena biaya administrasi baik pendaftaran maupun bulanan.

Begitulah artikel tentang Mau Menabung Atau Mau Investasi. Selamat menabung dan atau Investasi.

#itstimetosaving

#itstimetoinvest

One Reply to “Aku Bingung, Mau Menabung Atau Investasi Saja? Bag II”

Leave a Reply