Press "Enter" to skip to content

Apa Itu White Noise? Apakah White Noise Membuat Bayi Tidur Nyenyak?

Editor : Ahmad Muttaqin

Bagi orang tua yang baru saja mempunyai buah hati jelas memerlukan ketrampilan-ketrampilan untuk membaca tangisan bayi, menenangkan bayi yang sedang rewel hingga siap begadang untuk menunggui buah hati.

Saat bayi menangis kita sebagai orang tua pastinya akan berusaha menenangkan si buah hati dengan berbagai cara. Permasalahan lain muncul jika ternyata bayi susah tidur atau tidurnya gampang terganggu dengan suara lain-lain. Disini ITSTIME.ID akan memberikan rangkuman tentang white noise.

Apa itu white noise?

White noise adalah kombinasi berbagai suara dari beberapa frekuensi dalam jangkauan pendengaran manusia yang menghasilkan suara latar dengan pola yang tenang, stabil, dan teratur.. Karena itu, white noise dapat “menutupi” suara-suara yang mengganggu ketenangan tidur, misalnya suara orang berbicara, suara pintu dibuka, serta suara aktivitas lainnya.

Contoh sederhananya adalah ketika kita berada di kamar dan merasa terganggu dengan percakapan orang-orang di luar, kita menyalakan kipas angin agar bunyinya dapat menutupi suara-suara percakapan tersebut.

White noise juga bisa dihasilkan dari kondisi sekitar seperti suara vacuum cleaner, blender, kendaraan, deburan ombak, atau bisa juga gabungan dari suara-suara.

Ketika bayi masih berada di dalam rahim, ia dikelilingi oleh cairan ketuban. Suara-suara yang ada di luar rahim ternyata terdengar mirip dengan white noise.

Selain suara-suara tersebut, ia juga mendengar detak jantung ibu, suara bernafas ibu, suara ibu berbicara, dan suara ibu bernyanyi. Karena suara white noise mirip dengan suara yang ia dengan ketika masih berada di dalam rahim, bayi yang sedang menangis dapat berhenti menangis bisa mendengarkan white noise.

Sebuah hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal Archives of Diseases in Childhood, bahkan menegaskan bahwa white noise bisa menjadi “nina bobo” yang ampuh untuk membantu menidurkan bayi. Dalam studi itu, sekitar 40 bayi yang baru lahir pun didengarkan dengan berbagai macam suara white noise.

Hasilnya, 80% dari bayi tersebut berhasil tidur setelah mendengarkan white noise selama 5 menit saja.

Benarkah White Noise Membantu Bayi Tidur Nyenyak?

Dr Gretchen Petterway, seorang dokter anak di CHRISTUS Physician Group di Shreveport, Lousiana mengatakan bahwa white noise sangat membantu menghalangi suara di luar seperti sirine, televisi dan suara-suara bising lainnya di luar ruangan. Selain itu white noise juga menciptakan suasana lebih tenang, yang dapat menenangkan bayi.

Bagaimanakah cara menggunakan white noise?

Era sekarang jelas smartphone bisa melakukan apapun termasuk memutar white noise. Namun Dr Harvey Karp melalui situs Happiest Baby menyarankan untuk memutar white noise melalui CD atau MP3.

Sebaliknya, beliau tidak menyarankan  menggunakan smartphone untuk memutar white noise karena smartphone mengeluarkan radiasi gelombang mikro sehingga kalaupun hanya bisa menggunakan smartphone saat menggunakannya harus selalu dalam mode pesawat.

Kapan White Noise Boleh Digunakan?

Kembali Dr Harvey Karp menjelaskan bahwa memutar white noise saat bayi rewel atau selama tidur siang dan malam. Jadi tidak disarankan menggunakan white noise selama 24 jam sehari.

Selain itu, dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Pediatrics pada April 2014, menemukan bahwa paparan rutin terhadap white noise melalui mesin pemutar khusus dapat memengaruhi perkembangan pendengaran, berbicara, dan bahasa bayi, sehingga mereka merekomendasikan untuk menempatkan mesin pemutar white noise lebih dari 200 sentimeter dari tempat tidur bayi dan menurunkan volumenya guna melindungi pendengaran bayi.

Apa keuntungan serta kerugian menggunakan white noise?

Berikut beberapa keuntungan serta kerugian penggunaan white noise yang ITSTIME.ID kutip dari kumparan :

Keuntungan

  • Membantu bayil cepat tertidur.
  • Membuat bayi terjaga di tidurnya. Si Kecil tetap terjaga meskipun suara di rumah sedang gaduh. White noise ini membantu menyamarkan suara-suara gaduh di luar.
  • Membuat bayi nyaman. Suara dalam kandungan itu berisik lho, jadi dengan menggunakan white noise ini, bayi akan merasa nyaman seperti di dalam kandungan.
  • Membantu menidurkan bayi. Tentu saja orang tua terbantu dengan white noise jika bayi lebih suka tidur dengan suara ramai.

Kerugian

  • Membuat bayi ketergantungan dengan white noise. Hal ini menjadi masalah baru ketika malah buah hati anda tidak bisa tidur di suasana hening.
  • Bayi tidak bisa membedakan siang dan malam. Jikaorang tua terus menggunakan white noise di malam hari, bayi jadi tidak bisa membedakan suasana siang dan malam hari.
  • Tidak semua baby cocok dengan white noise. Orang tua bisa menguji coba dengan perlahan apakah bayinya memang cocok menggunakan white noise.
  • Terlalu berisik membuat pendengaran baby terganggu. Sebaiknya memasang white noise ini dengan pas, jangan terlalu rendah dan terlalu tinggi volumenya. Jenis white noise memang ada dua, yaitu high-pitch dan low-pitch. Contoh bunyi high-pitch adalah seperti bunyi alarm, sirene, teriakan orang, dan contoh bunyi low-pitch seperti bunyi hujan, jangkrik, deburan ombak dan sebagainya. Gunakan white noise yang low-pitch, jika ingin mencoba.

Itulah rangkuman pembahasan tentang white noise.

Ini hanyalah artikel rangkuman. Konsultasikan ke dokter jika ingin mendapat penjelasan yang lebih tepat.

Sumber :

1. https://id.theasianparent.com/white-noise-ampuh-menghentikan-tangisan-bayi

2. https://parenting.orami.co.id/magazine/benarkah-white-noise-bantu-bayi-tidur-lebih-nyenyak/

3. https://kumparan.com/babyologist/plus-minus-menggunakan-white-noise-1r6pypDktGm/full

4. https://www.sehatq.com/artikel/white-noise-adalah-lantunan-yang-bisa-tidurkan-bayi-apakah-ada-risikonya

5. https://hellosehat.com/hidup-sehat/gangguan-tidur/white-noise-adalah/

6. https://doktersehat.com/menidurkan-bayi-dengan-white-noise/

7. https://cdn.shopify.com (Featured image)

Artikel Yang WAJIB Dibaca Juga
(Visited 21 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply