histats Press "Enter" to skip to content

Aplikasi KDAI (Kuesioner Diagnostik Adiksi Internet) : Ketahui Apakah Kalian Kecanduan Internet Atau Tidak?

Editor : Ahmad Muttaqin

Saat ini sering sekali kita melihat anak kecil yang sudah menggunakan gadget secara intensif. Bahkan ada kalanya mereka akan menangis jika gadgetnya diambil tetapi tidak menangis ketika ayah ibunya pergi.

Sering sekali kita melihat ada 2 orang yang makan di cafe atau restoran tetapi mereka tidak saling mengobrol. Mereka hanya sibuk memandang gadget yang dimiliki masing-masing.

Ada lagi banyak orang yang mengumpul di suatu tempat tetapi mereka sibuk memandang handphonenya baik menonton Youtube atau malah bermain game online.

Sebenarnya menggunakan gadget tidak salah, bahkan jika bisa memanfaatkannya malah bisa menambah ilmu. Lihat Mau Belajar Saham Lewat Video? Simak Dan Subscribe Channel Ini (1)

Tetapi umumnya masyarakat tidak melakukan hal tersebut. Kebanyakan menggunakan gadget yang dimiliki untuk kegiatan yang tidak terlalu bermanfaat dan bahkan sudah seperti kecanduan.

Sumber : https://www.jawapos.com/

Nah kali ini ada sebuah layanan yang dikembangkan oleh Tim Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia untuk menentukan apakah kalian masuk dalam tahap kecanduan internet atau tidak.

Layanan ini bisa diakses melalui website (Web KDAI) atau melalui aplikasi (Download KDAI). (Penulis menggunakan layanan website untuk mengakses dan mengisi kuesioner yang ada)

Di dalam website tersebut akan dijelaskan tentang apakah kecanduan internet itu.

Di dalam website juga bisa diketahui apa saja jenis-jenis kecanduan internet yang umumnya menjangkiti masyarakat

Yang menarik di dalam website atau aplikasi KDAI adalah adanya layanan kuesioner sehingga kita bisa mengetahui seberapa kecanduan kita terhadap internet.

Ketentuan kuesioner

Berikut contoh-contoh kuesioner yang ada

Contoh isian kuesioner

Hasil dari kuesioner yang telah diisi oleh penulis

Dan terakhir adalah web KDAI ini juga menyediakan solusi-solusi untuk mencegah kecanduan internet

Itulah ulasan tentang web KDAI atau aplikasi KDAI (Kuesioner Diagnostik Adiksi Internet).

Silahkan akses layanan KDAI melalui website (Web KDAI) atau melalui aplikasi (Download KDAI).

Sumber :

1. https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/teknologi/17/05/2019/survei-pengguna-internet-indonesia-paling-banyak-akses-konten-video/

2. https://kdai-online.id/

(Visited 215 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.