Press "Enter" to skip to content

Asam Folat 1 : Apa Itu Asam Folat Dan Apa Fungsi Asam Folat?

Editor : Ahmad Muttaqin

Halo Timer (Panggilan bagi para pembaca website ITSTIME.ID)

Ini adalah artikel perdana di tahun 2020 dan kami harap website ITSTIME.ID di tahun 2020 semakin konsisten untuk terus menayangkan artikel dan semakin bermanfaat.

Kali ini pembahasan ITSTIME.ID adalah tentang asam folat.

Mengapa asam folat ini diangkat dalam sebuah artikel? Karena asam folat merupakan sesuatu yang penting yang wajib diketahui oleh setiap ibu hamil dan para remaja atau orang dewasa yang sedang merencanakan kehamilan.

Untuk artikel kehamilan yang lain bisa dibaca disini KEHAMILAN

Asam folat (Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun) adalah bentuk vitamin B9 yang bisa larut didalam air. Sedangkan vitamin B9 adalah vitamin B kompleks, mirip dengan vitamin B12 yang berfungsi penting untuk menciptakan lebih banyak sel darah merah, mencegah gangguan pendengaran, dan menjaga kesehatan otak bayi serta sebagai bahan utama dalam pembuatan asam nukleat yang merupakan bagian dari semua materi genetik.

Terus apakah fungsi asam folat bagi tubuh kita?

Berikut ini 12 fungsi asam folat atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut folic acid bagi tubuh kita :

1. Proses pembentukan sel-sel tubuh berjalan dengan baik

Asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru. Senyawa  protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang.

2. Membantu pembelahan dan pertumbuhan sel yang cepat

3. Meningkatkan kesehatan otak

4. Mengobati hilangnya pendengaran karena usia

5. Kerusakan penglihatan terkait usia (degenerasi makula terkait usia).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat dengan vitamin lain termasuk vitamin B6 dan vitamin B12 dapat mengurangi risiko berkembangnya kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

6. Mengatasi depresi.

Penelitian terbatas menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam folat bersama dengan antidepresan tampaknya dapat memperbaiki gejala pada orang dengan depresi

7. Tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam folat setiap hari selama minimal 6 minggu dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi

8. Penyakit gusi selama kehamilan.

Menerapkan asam folat ke gusi tampaknya dapat memperbaiki penyakit gusi selama kehamilan

9. Gangguan perubahan warna kulit yang disebut vitiligo.

Mengkonsumsi asam folat tampaknya juga dapat memperbaiki gejala vitiligo

10. Mencegah kanker usus, kanker serviks, penyakit jantung, dan stroke

11. Terhindar dari anemia

Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia.

12. Mencegah bayi lahir cacat

Pembentukan saraf pusat sudah terjadi sejak awal janin tumbuh dalam kandungan. Asam folat sangat berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan pada otak dan saraf, seperti anensefali atau spina bifida. Nutrisi ini juga berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Itulah pengertian tentang apa itu asam folat dan fungsinya. Nantikan artikel selanjutnya tentang apa saja makanan yang mengandung asam folat dan berapa dosis mengkonsumsi asam folat yang tepat.

Sumber :

1. https://www.honestdocs.id/asam-folat

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_folat

3. https://hellosehat.com/obatan-suplemen/obat/asam-folat-adalah/

Artikel Yang WAJIB Dibaca Juga
(Visited 47 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply