histats Press "Enter" to skip to content

Ayam Goreng Kalasan Bu Harti : Olahan “Ayam Petelur” Yang Berkesan Dan Istimewa

Editor : Ahmad Muttaqin

Berbicara kuliner di ranah ayam jelas sangat luas jenis olahannya, namun kalo dari “ayamnya” kemungkinan hanya ada 3 yaitu ayam potong, ayam petelur atau afkir dan ayam kampung.

ITSTIME.ID mencoba menikmati ayam goreng kremes yang bahan dasarnya ayam petelur. Hasilnya? Disimak saja…

NAMA : Ayam Goreng Kalasan “Bu Harti”

ALAMAT : Jln Bendan Candi Sari RT 05/22 Tirtomartani, Kalasan

Telp : 0852 9351 5626/ 0812 278 3041

IG : Buhartiayamgorengkalasan

CARA BELI : Langsung menggunakan perantara

HARGA : Rp 35.000

STORY

ITSTIME.ID awali review Ayam Goreng Kalasan Bu Harti ini dengan pembahasan tentang ayam goreng kalasan itu sendiri.

Bagi warga Yogyakarta sudah umum menyebut ayam goreng kalasan dan saat ITSTIME.ID cari di google ada artikel dari wikipedia yang memang membahas ayam goreng kalasan. Sumber di akhir artikel

Ayam Goreng Kalasan adalah jenis ayam goreng olahan Indonesia yang khas dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Keistimewaan Ayam Goreng Kalasan adalah rasa ayam yang gurih dan kremesan yang sangat khas. Karena rasanya yang khas, Ayam Goreng Kalasan telah menjadi salah satu kuliner yang sangat disukai oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Cita rasa khas Ayam goreng kalasan tidak lepas dari intervensi Mbok Berek, seseorang yang pertama kali memperkenalkan ayam goreng ini. Menurut beberapa sumber, Mbok Berek pertama kali memperkenalkannya.

Keistimewaan Ayam goreng kalasan adalah kremesannya yang renyah. Rasa renyah kremesan terbuat dari adonan tepung kanji, sehingga menghasilkan renyah dan tidak keras. Untuk ayam yang digunakan biasanya ayam kampung dibumbui dengan garam dan bawang merah. Meskipun bumbu yang digunakan cukup sederhana, bumbu ini bisa menghasilkan rasa gurih yang pas dengan ayam goreng ini. Selain itu, ayam dimasak dengan cara khusus sehingga menghasilkan daging empuk.

Itu pembahasan tentang ayam goreng kalasannya. Dan sekarang baru masuk ke membahas Ayam Goreng Kalasan “Bu Harti”.

Dulu ITSTIME.ID sempat merasakan ayam gorengnya saat ada acara di kampus di daerah Yogyakarta. Dan rasanya mantap dan akhirnya kemaren pesan langsung ke putrinya.

TEMPAT & SUASANA

Tidak direview karena membeli lewat perantara.

PELAYANAN

Tidak direview karena membeli lewat perantara.

REVIEW

Dulu memang ITSTIME.ID pernah makan Ayam Goreng Kalasan Bu Harti ini dan rasanya memang tidak terlupakan.

Kemaren kebetulan punya hajatan, ITSTIME.ID mencoba memesan lagi dengan maksud sekalian untuk mereview ayam goreng kalasan ini.

Awalnya sempat kepikiran kalo Ayam Goreng Kalasan Bu Harti ini adalah ayam kampung karena memang rasa, tekstur dan bentuk tulangnya mirip ayam kampung. Namun saat tanya ke penjualnya ternyata menggunakan ayam petelur.

Dalam pembeliannya Ayam Goreng Kalasan Bu Harti ini menyertakan 1 ayam goreng (ITSTIME.ID membeli ayam goreng 1/2), lalapan, sambal, dan kremesan.

Review dimulai dari ayamnya.

Ayamnya sangat lunak, gurih mengarah ke asin namun asin yang masih mantap untuk dinikmati.

Ini penting karena ITSTIME.ID pernah makan ayam yang sebenarnya sudah sangat femes ayam goreng ini di Jogja tetapi rasanya asin banget walopun untuk rasa masing-masing orang punya preferensi yang berbeda-beda.

Terlihat enak dan menggiurkan to?

Salah satu ciri-ciri daging ayam enak adalah tekstur seratnya lembut dan ternyata Ayam Goreng Kalasan Bu Harti ini dagingnya mempunyai tekstur yang berserat. Sempat merasa wadaw….

Tapi ternyata rasanya tetap mantap, lunak dan gurihnya meresap hingga ke dalam dagingnya. Aman..

Untuk sambal relatif standar karena memang tidak ada ciri khusus yang ditampilkan. Sedangkan untuk kremesan enak.

HARGA

Berbicara harga, Ayam Goreng Kalasan Bu Harti ini harganya untuk ayam goreng 1/2 Rp 35.000 dengan berat ayam 17 ons per ekor saat masih hidup.

ITSTIME.ID tidak tau apakah mahal atau murah karena tidak menemukan pembanding dari sisi olahan, jenis ayam dan berat ayamnya.

FAKTOR LAIN

KESIMPULAN

Banyak sekali olahan ayam goreng kremes, namun tidak semua bisa meninggalkan kesan. Ayam Goreng Kalasan Bu Harti bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin mencoba ayam goreng kremes.

Jika makanan disini ISTIMEWA, silahkan share artikel ini ke keluarga atau teman dekat biar bisa ikut menikmati makanan yang Istimewa ini, tetapi jika kalian tidak sepakat dengan review yang kami tulis, mohon tulis komentar apa yang menurutmu enak dan layak untuk direkomendasikan

GAMBAR

Sumber :

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Ayam_goreng_kalasan

Artikel Yang WAJIB Dibaca Juga
(Visited 14 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.