Press "Enter" to skip to content

Belajar Tentang MSOP Dari Kasus Bank BRIS

Artikel ini ditulis tanggal 13 Juni 2021 yang artinya Bank Syariah Indonesia atau BSI atau BRIS (menggunakan kode ticker milik BRI Syariah) sudah melakukan kegiatan MSOP.

Konsep MSOP ini benar-benar ramai terdengar saat ada postingan yang memberitahukan bahwa para jajaran manajemen BRIS bisa membeli saham BRIS dengan harga Rp 500 padahal harga pasar BRIS saat artikel ini ditulis di angka Rp 1800an yang artinya manajemen ini dari beli langsung bagger 3x lipat.

Jadi mulai Februari 2021, ketiga bank syariah milik negara yaitu Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Mandiri Syariah dan Bank BNI Syariah dimerger menjadi Bank Syariah Indonesia.

Ramai diberitakan bahwa dengan penggabungan ketiga bank di atas maka mempunyai masa depan yang sangat cerah

Sumber : https://finansial.bisnis.com/read/20210122/231/1346649/erick-thohir-targetkan-bsi-bris-jadi-10-besar-bank-syariah-dunia

Dari merger inilah harga BRIS yang tadinya hanya Rp 300an menjadi Rp 3700 dan sekarang berada di posisi Rp 1835.

Ada banyak investor yang menghitung bahwa besarnya valuasi BSI ini hanya di angka Rp 500.

Dan benar saja, di bulan Juni beredar dokumen dari para manajemen BRIS tentang harga beli saham BRIS di harga Rp 500

Sumber : https://www.emitennews.com/news/bos-ini-borong-saham-bank-syariah-indonesia-bris-rp749-miliar

Yang menjadi pertanyaan apa itu MSOP dan mengapa bisa beli di harga sangat rendah padahal harga di bursa sudah sangat tinggi?

Berikut ini rangkuman artikel tentang MSOP dalam bursa saham. (Sumber berada di akhir artikel)

MSOP (Management Stock Option Program) adalah adalah program kepemilikan saham yang diberikan perusahaan kepada Direksi dan Dewan Komisaris dalam rangka kompensasi kepada mereka.

Ada satu lagi yaitu ESOP. ESOP (Employee Stock Option Program) adalah program kepemilikan saham yang diberikan perusahaan karyawan-karyawannya sebagai bentuk kompensasi perusahaan kepada pegawainya.

Pemberian hak pada pegawai ini dimaksudkan untuk memberikan kompensasi tambahan atas jasa-jasa yang sudah dan akan diberikan.

Tujuan dilakukannya MSOP atau ESOP ada beberapa hal sebagai berikut yang ITSTIME.ID rangkum dari web https://www.sahampemula.com/ :

1. Rewards

MSOP/ESOP ditunjukkan untuk memberikan penghargaan kepada seluruh manajemen dan karyawan atas kontribusinya yang membantu meningkatkan performa perusahaan

2. Peningkatan Motivasi, Komitmen dan Loyalitas

Pemberian saham melalui program MSOP/ESOP diyakini mampu meningkatkan motivasi, komitmen dan loyalitas manajemen dan karyawan. Dengan begitu ada keterikatan batin yang membuat karyawan seolah mendapat bagian tersendiri dalam kepemilikan perusahaan tersebut.

Meski saham yang diberikan pada setiap karyawan tidak dalam jumlah yang besar, namun kebijakan ini dinilai efektif untuk mempertahankan setiap karyawannya sehingga dapat meminimalisir terjadinya turn over yang beresiko menurunkan citra perusahaan.

Selain itu akan berdampak pula pada peningkatan produktivitas dan kinerja perusahaan

3. Menimbulkan Rasa Memiliki

Selain loyalitas dan komitmen, dengan adanya program MSOP/ESOP dapat menimbulkan rasa memiliki bagi karyawan terhadap perusahaan karena adanya bagian dari karyawan di dalam perusahaan, yang bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab sekaligus semangat kerja karyawan untuk turut serta dalam merealisasikan kemajuan perusahaan.

Itulah pembahasan ringkas tentang MSOP dan ESOP

Sumber :

1. https://manajemenkeuangan.net/

2. https://www.sahampemula.com/

Be First to Comment

    Leave a Reply