Benarkah Gizi Ikan Kembung Lebih Tinggi Dibanding Ikan Salmon? – ITS TIME

Benarkah Gizi Ikan Kembung Lebih Tinggi Dibanding Ikan Salmon?

Jika berbicara tentang ikan yang paling bergizi maka nama ikan salmon jelas menempati urutan teratas.

Ikan Salmon diidentikkan dengan ikan yang kaya gizi dan mempunyai harga yang lumayan mahal sehingga tidak semua lapisan masyarakat bisa mengkonsumsi ikan yang mempunyai nama latin Salmonidae sp.

Entah dimulai darimana dan dari siapa tiba-tiba muncullah ikan kembung sebagai alternatif pengganti ikan salmon bahkan ada yang mengatakan bahwa ikan kembung mempunyai 2 keistimewaan dibanding ikan salmon yaitu gizi yang lebih tinggi dan harga lebih terjangkau.

Tapi benarkah gizi ikan kembung lebih tinggi dibanding ikan salmon?

Yuk disimak rangkuman artikel ini. Sumber ditulis di akhir artikel.

Ikan kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel.

Di Indonesia ada 3 jenis ikan kembung yaitu Rastrelliger brachysoma, Rastrelliger faughni, dan Rastrelliger kanagurta

Kembung biasanya dijual segar atau diproses menjadi ikan pindang dan ikan asin yang lebih tahan lama. Ikan kembung yang masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing cakalang.

Kembali ke ikan salmon. Ikan salmon terkenal sebagai ikan yang mengandung omega 3 yang tinggi. Apa itu omega 3?

Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang hanya bisa diperoleh dari asupan makanan maupun suplemen yang bersumber dari makanan seperti ikan kembung, ikan salmon, ikan tuna, minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat, dll.

Asupan omega 3 dibutuhkan bagi tubuh, terutama untuk janin, ibu hamil, serta anak-anak. Untuk orang dewasa, omega 3 bermanfaat menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan mata, anti inflamasi, membantu penyerapan vitamin, sampai meningkatkan perkembangan anak.

100 gram Ikan salmon mengandung energi 142 kkal, protein 19,84, lemak tak jenuh 6,343 gr, zat besi 0,80 gr, dan kalsium 12 gr.

Sedangkan ikan kembung mempunyai kandungan energi 162 kkal, protein 19,32gr, lemak tak jenuh 2,343 gr, zat besi 1 mg, dan kalsium 20 mg.

Menurut dokter sekaligus ahli gizi, dr. Tan Shot Yen, ikan kembung ternyata memang punya kandungan omega-3 lebih tinggi daripada ikan salmon.

“Setiap 100 gram ikan kembung mengandung 2,2 mg omega-3. Sedangkan, setiap 100 gram ikan salmon hanya mengandung 1,6 mg omega-3”.
Menurut Dr. Ir. Diah M Utari, M.Kes, ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), ikan kembung mengandung 2,6 g omega 3 sedangkan salmon hanya 1,4 g.

Salmon sedikit lebih unggul karena pada dagingnya yang berwarna kemerahan itu terdapat pigmen karotenoid astaxanthin. Pigmen tersebut memiliki fungsi antioksidan paling tinggi yang bisa meningkatkan kesehatan fisik.

Fosfor Iodine Omega-3 Protein Selenium Vitamin (vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D)

Berikut kandungan gizi ikan kembung secara lengkap

– omega 3

– protein,

– kalsium,

– zat besi,

– fosfor,

– vitamin A, B1, B6, B12, D, E fosfor, dan vitamin C

– Iodine

– Selenium

Berikut manfaat mengkonsumsi ikan kembung

1. Bermanfaat untuk Perkembangan Janin

Ikan kembung sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan omega 3 yang terkandung di dalamnya dapat memenuhi tumbuh kembang janin. Kandungan asam lemak esensial omega 3 dapat membantu pertumbuhan organ tubuh janin. Selain itu, asam lemak omega 3 merupakan lemak tak jenuh yang terbukti mampu mengembangkan IQ dan psikomotorik pada bayi dan anak.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Selain asam lemak omega-3, ikan kembung juga mengandung varian asam lemak tak jenuh lainnya yakni asam lemak omega-6.

Fungsi omega-6, salah satu yang paling utama yakni mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini tentu saja penting terutama untuk para penderita diabetes. Para penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan kembung secara rutin untuk menjaga agar kadar gula darah di dalam tubuhnya tetap terkendali.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan kembung memiliki kandungan omega 9 dan omega 6 di dalamnya. Kedua kandungan ini dapat membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung. Dengan jantung yang sehat, maka risiko stroke atau komplikasi penyakit lainnya dapat dicegah.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Omega 3 juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan imun yang bertambah, maka semakin kuat pula tubuh untuk melawan serangan penyakit.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Menjaga tingkat tekanan darah agar tetap stabil dapat dengan mengonsumsi ikan kembung setiap hari. Tingginya tingkat kalium yang dimilikinya dapat menjaga tekanan darah normal.

6. Mengatasi Peradangan

Peradangan atau inflamasi pada tubuh dapat diatasi dengan mengonsumsi ikan kembung. Hal ini disebabkan oleh senyawa-senyawa aktif yang dimiliki ikan kembung yang bersifat antiinflamasi.

7. Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Manfaat ikan kembung selanjutnya yaitu dapat mencegah alzheimer dan parkinson. Kandungan docosahexaenoic acid (DHA) yang dimilikinya dapat mencegah risiko penyakit tersebut.

8. Menambah Massa Otot

Setiap 100 gram ikan kembung mengandung tak kurang dari 21,4 mg protein. Hal ini lantas menjadikan ikan kembung makanan yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang ingin meningkatkan massa otot. Bahkan, ikan kembung merupakan sumber protein hewani yang tak kalah dengan sumber lainnya seperti daging sapi maupun daging ayam.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin D sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D yang terkandung dalam ikan kembung berperan penting dalam memaksimalkan absorpsi kalsium. Kalsium ini adalah mineral yang berfungsi untuk membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ikan kembung dapat kamu pilih untuk menu diet. Ikan kembung dapat membantu menurunkan berat badan karena asam lemak tak jenuh omega 3. Asam lemak omega 3 berperan aktif dalam memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak dapat berjalan lancar. Pastikan jika kamu sedang menjalani diet, kamu harus menyeimbanginya dengan aktivitas fisik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Mencegah Kanker Payudara

Minyak esensial yang terkandung dalam ikan kembung dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker payudara. Minyak esensial ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menghalau radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh.

12. Penghancur Trigliserida

Trigliserida merupakan jenis lemak yang sama sekali tidak dibutuhkan tubuh. Lemak ini justru menyebabkan tubuh rentan terhadap sejumlah penyakit serius seperti jantung. Dengan rajin mengonsumsi ikan kembung, maka dapat membantu menghancurkan trigliserida ini

Sumber :

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_kembung

2. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/04/23/antara-ikan-salmon-dan-ikan-kembung

3. https://beritabeta.com/info-sehat/kalah-pamor-tapi-gizi-ikan-kembung-tiga-kali-lipat-dari-salmon/

4. https://kumparan.com/kumparanmom/lebih-baik-mana-ikan-salmon-atau-kembung-untuk-anak-1rt3dzXsVYn/full

5. https://food.detik.com/info-sehat/d-4619387/12-manfaat-konsumsi-ikan-kembung-bagi-kesehatan-bisa-dicoba

6. https://doktersehat.com/manfaat-ikan-kembung/

7. https://storage.trubus.id (Featured Image)

Leave a Reply