Investasi Emas, Deposito, Saham

Setelah mengetahui berbagai macam kandungan gizi yang ada dalam beras merah (ternyata ada 12 kandungan gizi yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber), kita akan membahas tentang manfaat beras merah bagi kesehatan.

BACA : Beras Merah : Asal Mula Beras Merah Dan Perbandingan Gizi Dengan Beras Putih (Bag 1)

Berikut ini 12 manfaat beras beras bagi kesehatan tubuh kita

1. Membuat kulit lebih halus serta mengatasi alergi.

2. Sangat cocok untuk menu diet

Menurut penelitian dari jurnal American Diabetes Association dari penelitian tim Prof. Hiroyuki Masuzaki di Univesitas Ryukyu, Okinawa, Jepang, Senin 30 Juli 2012, mengkonsumsi beras merah yang mengandung serta dan magnesium sangat baik untuk program diet.

Bagaimana beras merah sangat cocok untuk program diet?? Rendahnya kandungan kalori pada beras merah  sangat efektif membantu anda mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Kandungan karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar.

3. Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik)

Penelitian dari The Natural Medicines Comprehensive Database menyatakan bahwa beras merah mengandung Lovastatin alami yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL) di dalam darah.

BACA : #2 Telur Asin : Bahaya Kolesterol Dan Hipertensi Yang Mengintai

4. Mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung

Manfaat beras merah dalam mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung ini dipaparkan oleh Experimental Biology annual conference pada tanggal 24-28 April di Anaheim, California, AS.

Hasil riset tersebut menyatakan bahwa dua jenis beras beras yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung, yaitu beras merah dan setengah-giling.

5. Mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, ataupun kesemutan.

6. Mampu meningkatkan stamina, memperkuat tubuh, dan mengatasi cepat lelah.

7. Mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung, serta menurunkan kadar kolesterol darah.(6)

8. Menyehatkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah mampu menyehatkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga menghindari permasalahan kesehatan di kemudian hari.

9. Mengontrol gula darah/baik untuk penderita diabetes

Bagi anda yang sedang menderita diabetes atau ingin menghindari penyakit diabetes ini, alangkah baiknya mulai beralih mengkonsumsi beras merah dibanding beras putih.

hal ini dikarenakan kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

10. Mencegah timbulnya batu empedu

American Journal of Gastroenterology menemukan bahwa diet tinggi serat larut, seperti yang ditemukan dalam beras merah, dikaitkan dengan rendahnya risiko batu empedu pada wanita. (7)

11. Sumber antioksidan

12. Menjaga kesehatan tulang

Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi.

MASAKAN BERAS MERAH

EFEK SAMPING BERAS MERAH

Walaupun beras merah mempunyai banyak manfaat, namun ternyata ada juga efek samping atau bahayanya jika dikonsumsi tidak menggunakan takaran yang semestinya.

Beras merah mempunyai kandungan asam fitat dan lektin yang menjadikan beras merah susah dicerna oleh tubuh. Selain itu kedua kandungan ini juga menjadikan vitamin dan mineral yang ada dalam tubuh terikat sehingga tidak bisa dicerna tubuh.

Asam fitat adalah anti nutrisi yang ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan. Kandungan ini mengikat mineral seperti seng, tembaga, besi, magnesium, niasin dan kalsium untuk diserap oleh tubuh.

Selain itu asam fitat juga bisa menghambat pepsin yaitu suatu enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memecah protein. Jadi selain mencegah penyerapan nutrisi, asam fitat juga sekaligus mengganggu pencernaan.

Menurut web http://www.pasiensehat.com (8) disebutkan bahwa

Saya tidak makan nasi karena profil zat gizinya, karena nasi pada umumnya bukan sumber yang baik untuk vitamin dan mineral. Nasi adalah bentuk glukosa yang mudah diserap tubuh.

Beras merah juga ternyata mengandung arsenik yang lebih tinggi dibanding beras putih (9). Arsenik merupakan unsur karsinogen, dan paparan kronis arsenik dalam dosis tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kandung kemih, paru-paru, dan kulit, serta diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Namun demikian, sampai saat ini Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan di Amerika Serikat (FDA), tidak merekomendasikan masyarakat yang khawatir untuk berbondong-bondong mengganti konsumsi nasi atau beras harian mereka.

“Pengumpulan data dan penilaian lain yang sedang berlangsung akan memberikan dasar ilmiah yang kuat untuk menentukan apa tindakan dan/atau langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi paparan arsenik dalam beras dan produk beras,” ungkap lembaga tersebut, dilansir dari Live Strong. (10)

INFO LAIN TENTANG BERAS MERAH

Ketika kita sudah tau tentang asal muasal beras merah, manfaat beras merah hingga bahaya beras merah, artinya kita juga harus tau cara menyimpan beras merah. Jangan sampe hanya gara-gara salah cara memasak dan cara menyimpan semua zat gizi yang kita inginkan hilang begitu saja.

Nah berikut ini tips cara memasak beras merah

Warna beras merah bervarisi, dari putih kemerahan sampai merah marun. Pada beras tumbuk, warna merah marunnya penuh, kadang masih bercampur gabah. Nasi yang dihasilkan padat dan pera, namun zat gizinya tinggi. Agar nasi empuk, gunakan air dua kali lipat dari yang dipakai untuk memasak beras putih. Atau, sebelum dimasak, rendam beras merah 30 menit dalam air dingin.

Beras merah yang banyak diselip (digiling dengan mesin), warna merahnya bisa berselang-seling dengan putih.

Beras ini cocok bagi Anda yang baru mengonsumsi beras merah. Teksturnya lebih lunak dan pulen setelah ditanak. Namun, beras merah yang telah menjadi putih kekuningan akibat diselip terlalu banyak, akan kehilangan 67 persen vitamin B3, 80 persen vitamin B1, 90 persen vitamin B6, 60 persen zat besi, 50 persen mineral mangan dan fosfor, serta kehilangan semua serat dan lemak esensialnya.

Agar nasi pulen, campur beras merah tumbuk dengan beras putih. Gunakan air sekitar 1,5 kali lipat dari memasak beras putih. (5)

Sedangkan cara menyimpan beras merah yang aman sebagai berikut :

1.Simpan beras merah dalam kulkas atau wadah tertutup rapat, agar asam lemaknya tidak teroksidasi dan menjadi tengik. Kulit ari yang kaya glukosa juga menjadi makanan kutu jika beras tidak disimpan rapat. Dengan cara ini  beras akan tahan selama 6 bulan.

2.Nasi beras merah bisa disimpan di dalam kulkas selama 4-7 hari. Namun sebaiknya masaklah secukupnya saja. Penyimpanan yang tidak benar membuat nasi beras merah mudah ditumbuhi jamur yang bisa menyebabkan reaksi hipersensitif pada sebagian orang. (5)

Itulah pembahasan tentang beras merah. Semoga memberi manfaat.

Konsumsilah makanan dan minuman dengan bijak. Jangan terlalu berlebihan dan jangan kekurangan

Salam gizi

Sumber :

1. http://www.pesona.co.id/article/beras-merah-penuh-gizi?p=1

2. http://www.trubus-online.co.id/cibarani-lumbung-beras-merah/

3. http://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/info-teknologi/content/178-antioksidan-pada-beras-merah

4. http://the-agrinews.blogspot.co.id/2014/10/beras-merah-sejarah-manfaat-serta.html

5. http://www.pesona.co.id/article/beras-merah-penuh-gizi

6. http://www.ekafarm.com/tag/asal-beras-merah/

7. http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-beras-merah-bagi-diet-dan-kesehatan.html

8. http://www.pasiensehat.com/2015/03/alasan-nasi-putih-lebih-baik-dari-nasi-merah.html

9. http://www.suara.com/health/2016/08/10/183019/makanan-ini-dicap-buruk-tapi-ternyata-baik-bagi-kesehatan–page-5

10. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/bahaya-arsenik-dalam-nasi/

Leave a Reply