Investasi Emas, Deposito, Saham

Di bulan Oktober atau November tidak hanya menjadi musim penghujan, tetapi juga ada musim buah yang mungkin hampir semua orang menyukainya. Ya buah mangga.

Buah mangga  ini merupakan buah tropis yang biasanya tumbuh di lingkungan yang lebih panas. Buah Mangga yang diyakini berasal dari perbatasan India dan Myanmar ini telah menyebar dan dibudidayakan oleh negara-negara di Asia Tenggara dan negara-negara dekat dengan garis khatulistiwa.

India, Tiongkok, Thailand, Indonesia dan Pakistan  merupakan negara-negara penghasil buah mangga terbesar di Dunia. Buah Mangga dalam bahasa ilmiah disebut dengan Mangifera Indica atau dalam bahasa Inggrisnya menjadi Mango.

Buah mangga terdiri dari 3 lapisan dinding buah. Ketiga lapisan dinding buah tersebut yaitu :

  • Eksokarp yang tipis (kulit), 
  • Mesokarp yang berdaging atau berserabut dan 
  • Endokarp yang tebal dan keras seperti batu.
Sumber : https://catatanmini.com/

Kandungan Gizi Buah Mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang bisa enak dinikmati langsung maupun dibuat olahan seperti jus. Nah kali ini ITSTIME.ID juga akan memberikan info tentang kandungan gizi buah mangga pada setiap 100 gramnya agar saat mengkonsumsi buah mangga, kalian makin mantap karena memang tahu apa gizi dari buah yang dimakan

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 60kcal
Karbohidrat 15g
Air 83,46g
Protein 0,82g
Gula 13,7g
Serat 1,6g
Lemak 0,38g
Vitamin A 54µg 7%
Vitamin C 36,4mg 44%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,9mg 6%
Vitamin K 4,2µg 4%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,028mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,038mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,669mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,197mg 4%
Vitamin B6 (Piridoksina) 0.119mg 9%
Vitamin B9 (Folat) 43µg 11%
Kalsium 11mg 1%
Zat Besi 0,16mg 1%
Magnesium 10mg 3%
Fosfor 14mg 2%
Potassium (Kalium) 168mg 4%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,09mg 1%

Manfaat buah mangga bagi kesehatan

Selain kandungan gizi buah mangga yang wajib diketahui, manfaat secara umum dari buah mangga ini juga selayaknya kita tahu.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah Mangga dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker kolon, payudara, leukemia dan prostat. Senyawa-senyawa dalam buah mangga tersebut diantaranya adalah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam gallic dan methylgallat.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah mangga merupakan buah yang kaya akan Beta Karoten yaitu salah satu Karotenoid yang sangat kuat.

Beta Karoten ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya tahan terhadap bakteri dan racun.

Kelebihan Beta Karoten akan ditransformasikan menjadi Vitamin A yang juga merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merugikan sistem internal tubuh kita.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah mangga mengandung Vitamin K yang dapat membantu pertumbuhan tulang.

Kekurangan Vitamin K dapat dikaitkan dengan meningkatkannya risiko patah tulang. Vitamin K juga penting untuk penyerapan kalsium yang tepat. Seperti yang kita ketahui Kalsium merupakan nutrisi utama bagi tulang kita.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu antioksidan penting yang dikandung oleh buah mangga adalah antioksidan Zeaxanthin.

Antioksidan zeaxanthin ini berfungsi untuk menyaring sinar biru (blue light rays) yang berbahaya bagi kesehatan mata. Antioksidan zeaxanthin ini juga melindungi mata dari degenerasi makula yang terkait dengan usia.

Degenerasi makula ini dapat merusak makula yang pada dasarnya adalah bagian mata yang meberikan penglihatan yang tajam dan jelas.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Buah Mangga mengandung Magnesium dan Kalium (Potassium) yang dapat secara efektif mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut dengan “Silent Killer (pembunuh diam-diam)” karena seringkali tidak memiliki gejala yang jelas. Perlu diketahui bahwa, Tekanan darah tinggi merupakan penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke.

6. Menghindari penyakit Asma

Buah Mangga mengandung Beta Karoten yang dapat bertindak sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati asma.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Mangga mengandung Pektin (Pectin) yang tinggi dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Selain itu, buah mangga juga mengandung sodium, potasium (kalium) dan Vitamin B yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebagai pengetahuan, Pektin (Pectin) adalah karbohidrat kompleks alami yang ditemukan pada dinding sel semua tumbuhan dengan jumlah bervariasi.

BACA : #2 Telur Asin : Bahaya Kolesterol Dan Hipertensi Yang Mengintai

8. Mengatasi dan meringankan sembelit

Sebuah Mangga yang berukuran rata-rata memiliki hingga 40% kebutuhan serat harian tubuh kita.

Serat dapat merangsang aktivitas saluran usus secara normal dalam mengeluarkan kotoran sehingga dapat membantu memperlancar saluran pencernaan dan dapat bertindak sebagai obat alami untuk sembelit.

9. Meningkatan Kesehatan Otak

Buah mangga mengandung Vitamin B6 (Piridoksina) yang bermanfaat untuk memelihara fungsi Otak. Vitamin B6 dan Vitamin B lainnya sangat penting untuk menjaga kesehatan  neurotransmiter otak dan juga membantu dalam mendukung suasana hati yang sehat dan pola tidur yang sehat.

Itulah kandungan gizi buah mangga dan manfaat yang bisa diambil saat kita mengkonsumsi buah mangga.

Mumpung lagi musim kenapa tidak kita upayakan rutin mengkonsumsi buah mangga sesuai standar.

Untuk membaca artikel tentang kandungan gizi dari berbagai hal yang kita konsumsi rutin lainnya bisa klik link disini KANDUNGAN GIZI

Sumber referensi :

Kandungan Gizi Buah Mangga dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service. Sedangkan Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan dirangkum dari berbagai sumber.

One Reply to “Buah Mangga : Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Mangga Yang WAJIB Diketahui”

Leave a Reply