Cara Membeli Reksadana Dan Apa yang WAJIB Diketahui Bagi Pemula Bag 1 | Its Time Press "Enter" to skip to content

Cara Membeli Reksadana Dan Apa yang WAJIB Diketahui Bagi Pemula Bag 1

#ItsTimeToInvest

Setelah kemaren membahas tentang saham, kali ini ITS TIME mau membahas instrumen untuk investasi lainnya yaitu reksadana.

Oh ya untuk pembahasan tentang saham bisa dibaca di link-link berikut ya

1. PANDUAN LENGKAP CARA MEMBELI SAHAM BAGI PEMULA

2. LENGKAP : 11 CARA MEMILIH PERUSAHAAN SEKURITAS BAGI PEMULA

3. PANDUAN BAGI PEMULA CARA MEMBELI SAHAM DI SEKURITAS PHINTRACO SEKURITAS (PROFITS) BAG 1

4. PANDUAN BAGI PEMULA CARA MEMBELI SAHAM DI PHINTRACO SEKURITAS (PROFITS) BAG 2

Lanjut lagi pembahasan reksadana.

Banyak yang masih salah kaprah terkait saham dan reksadana dan masih banyak yang menganggap reksadana dan saham itu sama. Yuk disimak dari penjelasan awal tentang

  • reksadana.
  • manajer investasi
  • instrumen investasi
  • NAB (Nilai Aktiva Bersih)
  • Subscription
  • Redemption
  • Prospektus
  • Bank Kustodian

Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi

Jadi gampangnya begini reksadana adalah kumpulan beberapa dana (saham, obligasi, surat utang dll) yang dihimpun jadi satu atau dipaket-paket. Misal nama reksadananya Sucorinvest Equity Fund memiliki produk-produk di dalamnya seperti gambar di bawah ini. Detail bisa didownload di link berikut Sucorinvest Equity Fund

Dapat dilihat dari reksadana Sucorinvest Equity Fund ada produk-produk saham dan instrumen pasar uang lain

Manajer investasi adalah manajemen profesional yang mengelola dana investasi yang ditempatkan.

Manajer investasi ini yang memilihkan produk-produk misal saham ke 1 reksadana. Misal reksadan Sucorinvest Equity Fundisinya ada saham Antam, BNI dll itu yang memilih adalah manajer investasi

Instrumen investasi adalah nama produk dari reksadana.

Nama-nama produk yang ada seperti Sucorinvest Equity Fund dll bisa dilihat di web berikut DAFTAR PRODUK REKSADANA

NAB (Nilai Aktiva Bersih) adalah nilai aktiva per uni penyertaan. Pengertiannya adalah harga dan transaksi yang dilakukan berdasarkan nilai suatu reksa dana.

NAB ini adalah harga dari produk reksadana. Misal harga produk Sucorinvest Equity Fund saat artikel ini dirilis harganya Rp 2.269,94/ unit

Subscription adalah biaya untuk membeli reksa dana. Besaran biaya biasanya antara 0% hingga 5%.

Redemption biaya untuk menjual reksadana dan biayanya juga antara 0% hingga 5% dari nilai investasi.

Untuk biaya subscription dan redemption masing-masing lembaga penjual reksadana akan berbeda. Lihat DAFTAR LEMBAGA PENJUAL REKSADANA

Bank Kustodian adalah lembaga keuangan yang menjadi administrator, pengawas, dan menjaga aset dari dana yang diinvestasikan.

Bank Kustodian ini lebih mirip seperti tempat uang milik kita di reksadana. Setiap produk atau instrumen reksadana mempunyai bank yang berbeda-beda. Contoh Sucorinvest Equity Fund bank kustodiannya adalah Bank BNI.

Berikut adalah beberapa jenis Reksa Dana :

1. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana yang hanya melakukan investasi pada instrumen pasar uang dalam negeri dan/atau Efek bersifat utang yang diterbitkan dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 (satu) tahun dan/atau sisa jatuh temponya tidak lebih dari 1 (satu) tahun.

Jenis Reksa Dana ini cocok untuk investasi jangka pendek (<1 tahun) dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko sangat konservatif.

2. Reksa Dana Terproteksi

Reksa Dana dengan mekanisme proteksi 100% pada nilai investasi awal apabila investasi dipertahankan sampai tanggal jatuh tempo dan tidak berlaku apabila dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo.

Jenis Reksa Dana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu 1 – 3 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko konservatif.

3. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk Efek bersifat utang.

Jenis Reksa Dana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu 1 – 3 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko konservatif.

4. Reksa Dana Campuran

Reksa Dana Campuran adalah Reksa Dana yang melakukan investasi pada Efek bersifat ekuitas, Efek bersifat utang, dan/atau instrumen pasar uang dalam negeri yang masing-masing paling banyak 79% (tujuh puluh sembilan persen) dari Nilai Aktiva Bersih, dimana dalam portofolio Reksa Dana tersebut wajib terdapat Efek bersifat ekuitas dan Efek bersifat utang.

Jenis Reksa Dana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu 3 – 5 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko moderat.

5. Reksa Dana Saham

Reksa Dana Saham adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk Efek bersifat ekuitas.

Jenis Reksa Dana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu >5 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko agresif.

Setelah paham hal-hal dasar tentang reksadana, kini tahap pembelian reksadana dimulai.

1. Segera daftar di lembaga penjual reksadana

Bisa dilihat di sini lembaga-lembaga yang menjual reksadana DAFTAR LEMBAGA PENJUAL REKSADANA

2. Pilih instrumen atau reksadana yang dipilih

3. Transfer ke bank kustodian (Bank kustodian akan berbeda-beda sesuai jenis instrumen atau produk reksadana yang dipilih

4. Tunggu konfirmasi dari pihak lembaga penjual bank.

Dulu ITS TIME di tahun 2012 menabung reksadana dengan cara langsung potong di rekening atau auto debet sehingga lebih praktis.

Baca link lanjutan Cara Membeli Reksadana Bagi Pemula Bag 2 

Sumber :

1. https://www.bca.co.id/id/Individu/Produk/Investasi-dan-Asuransi/Reksadana

(Visited 555 times, 3 visits today)

3 Comments

  1. […] membahas tentang tutorial membeli reksadana bagi pemula (Artikelnya bisa dibaca di link berikut Cara Membeli Reksadana Dan Apa yang WAJIB Diketahui Bagi Pemula Bag 1 sekarang akan diajarkan tutorial cara membeli reksadana bagi pemula dari […]

Leave a Reply