histats Press "Enter" to skip to content

Cara Memilih Saham Menggunakan Beberapa Rasio Analisis Fundamental (1)

Editor : Ahmad Muttaqin

ITSTIME.ID sudah pernah membagikan informasi yang seharusnya perlu diperhatikan oleh para pemula atau yang baru saja masuk ke dunia saham.

Informasi tersebut adalah Pahami Apa Yang Kamu Beli Dan Beli Apa Yang Kamu Pahami. (Baca artikel lengkapnya disini Panduan Membeli SAHAM : Pahami Apa Yang Kamu Beli Dan Beli Apa Yang Kamu Pahami)

Di dalam artikel tersebut ada 5 poin yang perlu diperhatikan saat mau membeli saham dan poin no 5 yang akan menjadi sorotan atau tema artikel ini.

Di poin 5 tersebut adalah belilah saham perusahaan dengan menggunakan analisis fundamental dengan memperhatikan rasio-rasio yang ada.

Adapun rasio-rasio ini didapatkan dari Laporan Keuangan yang dipublikasikan oleh masing-masing emiten dalam setiap kuartalnya.

Yuk ini beberapa rasio yang digunakan oleh ITSTIME.ID dalam memilih saham

1. Lihat sektornya terlebih dahulu

Ini kan bukan rasio to?

Bukan…Poin no 1 ini bukan tentang rasio tetapi sangat penting untuk diperhatikan di awal agar apa yang nantinya akan kalian akan hitung ada pembandingnya. Siap pembandingnya? Pembandingnya adalah perusahaan dalam sektor yang sama.

Mau Membandingkan Saham Yang Terbaik? Lihat Sektornya Dulu Donk

2. Book Value Perusahaan

Book Value atau nilai buku adalah nilai atau harga yang didapatkan oleh investor apabila perusahaan tersebut dijual secara bersih alias semua hutang sudah dilunasi.

Untuk detailnya bisa langsung ke artikel

Apa Itu Price To Book Value , Bagaimana Cara Menghitungnya Dan Contoh Penerapannya

3. Earning per share

Earning per share atau laba per saham adalah rasio keuangan yang mengukur jumlah laba bersih yang diperoleh per lembar saham yang beredar.

Ingin Menghitung Harga WAJAR Saham? Perhatikan EPS-nya (Earning Per Share)

4. Harga wajar perusahaan

Dalam menghitung harga wajar saham, ITSTIME.ID kadang menggunakan rumus dari Benjamin Graham kadang juga menggunakan Formula Graham.

Untuk rumus dari Benjamin Graham bisa baca disini selengkapnya termasuk contoh kasusnya

Cara Menghitung Nilai Intrinsik/ Valuasi Saham Ala Benjamin Graham

5. Dividen

Ini penting juga diutarakan lebih awal.

Memang ada beberapa investor yang menjadikan dividen ini bukan prioritas utama. Yang jadi prioritas utama adalah kenaikan harga sahamnya atau capital gain.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa dividen adalah keuntungan asli yang kita dapatkan sebagai investor. Mengapa? Karena jika mengandalkan capital gain itu belum tentu kita dapatkan. Sedangkan dividen hampir sudah pasti kita dapatkan asalkan perusahaan yang kita beli memang sudah membagikan dividen minimal 5 tahun terakhir.

Nah berbicara tentang dividen, kalian wajib baca panduan membeli perusahaan untuk mendapatkan dividen, istilah-istilah dalam bidang dividen dan yang terakhir dividen trap yang mungkin saja terjadi.

Pengetahuan Tentang Dividen Perusahaan Yang WAJIB Kalian Ketahui Sebelum Terlambat

Itulah 5 poin awal yang bisa dijadikan rujukan apabila kita ingin membeli saham suatu perusahaan. Baca lanjutan part 2 nya ya

(Visited 25 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply