Press "Enter" to skip to content

Cicil : Cicil Uang SPP Kuliahmu Dan Kebutuhan Perkuliahanmu

Editor : Ahmad Muttaqin

Jaman dahulu permasalahan seorang anak yang tidak kuliah akan berhubungan dengan keuangan dari orang tua.

Selain itu kebutuhan kuliah ( di luar biaya kuliah) juga menjadi pertimbangan lain yang semakin menambah beban keuangan.

Namun itu adalah cerita masa lalu.

Di era teknologi seperti ini ada banyak sekali aplikasi atau startup yang bisa memecahkan masalah keseharian kita. Dan salah satu startup yang menarik menurut ITSTIME.ID adalah startup CICIL.

Seperti telah dijelaskan di awal artikel bahwa permasalahan orang tidak kuliah adalah masalah keuangan. Namun dengan startup CICIL masalah tersebut bisa sedikit diatasi.

CICIL adalah platform financial technology yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan misi untuk menyediakan solusi pembiayaan pendidikan tinggi serta pembelian barang kebutuhan bagi mahasiswa Indonesia secara bertanggung jawab.

Download aplikasi CICIL

CICIL mempunyai 2 layanan utama yaitu mencicil kebutuhan umum bagi mahasiswa dan mencicil uang kuliah. Fitur kedua ini yang akan dibahas secara spesifik oleh ITSTIME.ID.

Melihat gambar di atas, maka kita akan tahu ada 3 uang kuliah yang bisa dibayarkan oleh CICIL yaitu uang semester, uang pangkal dan gabungan dari uang semester dan uang pangkal.

ITSTIME.ID mencoba simulasi kredit untuk membayar uang semester dengan biaya Rp 10.000.000 dengan lama pinjaman 3 bulan dan hasilnya berikut

Simulasi kredit di CICIL

Dengan melihat gambar di atas artinya total yang harus dibayarkan adalah Rp 2.000.000 + (Rp 2.876.656 x 3) = Rp 10.629.968. Bunganya sekitar 6% dalam waktu 3 bulan.

Mungkin bagi yang memang membutuhkan sangat bagus karena cicilan di CICIL ini tidak membutuhkan agunan apapun tetapi hanya membutuhkan beberapa dokumen di bawah ini

Sayang saat ITSTIME.ID mencari tahu kampus mana saja yang mahasiswanya sudah bisa menggunakan CICIL ini, kami tidak menemukan daftarnya.

Fitur yang akan sedikit dipreview adalah fitur cicilan pembelian barang

Dengan melihat jumlah di atas maka total yang harus dibayarkan adalah Rp 9.000.000 + (Rp 1.099.009X12) = Rp 22.188.108 atau naik sekitar 16%.

Itulah aplikasi CICIL yang memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mencicil biaya kuliah maupun mencicil untuk membeli kebutuhan perlengkapan kuliah.

Namun ITSTIME.ID memberikan saran untuk berhati-hati dan teliti sebelum benar-benar mengajukan kredit dimanapun.

Artikel Yang WAJIB Dibaca Juga
(Visited 38 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply