histats Press "Enter" to skip to content

Dividen Trap 2 : Perhatikan Jumlah Besaran Dividen Yang Akan Diterima

Editor : Ahmad Muttaqin

Ini adalah artikel tentang dividen trap yang kedua. Untuk artikel tentang dividen yang pertama bisa klik disini ya 3 Dividen Trap Yang WAJIB Diketahui.

Jadi begini, ketika kita membeli saham suatu perusahaan, pastinya kita ingin mendapat keuntungan yang pasti. Ya pasti. Dividen adalah uang riil yang kita terima saat perusahaan yang kita beli untung atau mencatat laba. Beda dengan capital gain yang bisa saja terjadi bisa saja tidak.

Namun….namun ada hal-hal tertentu yang kadang tidak orang sadari bahkan oleh penulis saat awal-awal masuk ke dunia saham.

Saat itu ada suatu perusahaan sebut saja namanya MERK yang membagikan dividen di tahun 2019 dengan besaran dividen yang sangat-sangat jumbo sekitar Rp 3000 (kemudian direvisi menjadi hanya Rp 2400an. Tetap besar sih dibanding dengan kondisi perusahaan dan harga sahamnya).

https://market.bisnis.com/read/20190502/192/917882/merck-merk-tetapkan-dividen-interim-rp-2.565-per-saham-sebagai-dividen-final

Penulis tidak ambil pusing langsung ikut antri untuk mendapatkan saham MERK. Dan memang akhirnya mendapatkan walaupun terkena dividen trap.

Namun setelah penulis belajar lebih mendalam tentang saham secara fundamental, ada kekeliruan keputusan yang diambil saat membeli saham MERK.

Yang penulis tidak ketahui adalah MERK membagikan dividen yang begitu besar bukan karena laba yang dihasilkan namun karena memang menjual aset.

Berikut berita yang dilansir dari situs https://www.liputan6.com/ :

Trus dari artikel dividen trap ini apa pelajaran yang bisa diambil?

1. Jika ada perusahaan membagikan dividen jumbo maka perhatikan darimana uang dividen tersebut didapat. Apakah dari keuntungan bisnis atau penjualan aset.

2. Jika dari penjualan aset maka dividen besar tersebut hanya di momemn itu saja. Berbeda dengan perusahaan misal ITMG yang selalu membagikan dividen jumbo namun memang berasal dari aktivitas bisnisnya.

Oh ya selain MERK, ada MPMX dan MFMI yang membagikan dividen relatif jumbo karena menjual asetnya.

Sumber : https://www.idnfinancials.com/id/news/25846/mpmx-distributes-dividends
Sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/multifiling-mitra-indonesia-mfmi-bagikan-dividen-dengan-yield-21-ini-jadwalnya

Gimana? Sudah siap berburu dividen jumbo lagi?

(Visited 23 times, 2 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply