Press "Enter" to skip to content

Doa Ketika Bersin & Doa Mendengar Orang Bersin (Arab, Indonesia Dan Artinya)

Dalam Islam semua sudah ada adab dan doanya.

Bagun tidur saat pagi hari ada adab dan doanya, mau tidur saat malam juga ada adab dan doanya.

Salah satu nikmat yang Allah berikan kepada kita adalah bersin. Dan bersinpun ada doanya.

Yang istimewa adalah tidak hanya orang yang bersin yang membaca doa tetapi yang mendengarpun juga bisa mendoakan.

Berikut adab dan doa ketika bersin dan ketika mendengar orang yang bersin dalam bahasa Arab, Indonesia dan artinya.

1. Menutup wajah dan merendahkan suara ketika bersin.

Tak dipungkiri, kamu pasti kerap mendengar suara orang bersin dengan keras hingga menarik perhatian orang-orang disekitarnya.

Hal ini sebenarnya tidak dianjurkan dalam Islam. Seseorang yang sedang bersin, dianjurkan untuk menutup wajah dan merendahkan suaranya ketika bersin. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dia berkata :

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersin, beliau menutup wajahnya dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 4755).

2. Membaca doa.

Sebagai seorang muslim pada saat bersin kita anjurkan untuk mengucap syukur kepada Allah Swt dengan berdoa, berikut ini adalah doa ketika sedang bersin dan  doa ketika mendengar orang lain bersin beserta artinya.

Dalil lain agar kita mendoakan orang yang bersin adalah sebagai berikut.

Dari Al Asy’ats bin Sulaim dia berkata, ‘saya mendengar Mu’awiyah bin Suwaid bin Muqarrin dari Al Barra’ radhiallahu ‘anhu di berkata :

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami tujuh perkara dan melarang tujuh perkara, beliau memerintahlan menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, mendo-akan orang yang bersin, memenuhi undangan, menjawab salam, dan menolong orang yang terzhalimi serta melaksanakan sumpah, dan beliau melarang tujuh perkara yaitu mengenakan cincin emas, atau bersabda : kalung emas, mengenakan sutera, dibaj (sejenis sutera), Sundus (kain yang terbuat dari sutera), dan mayasir (mantel yang bertutup kepala yang terbuat dari sutera).” (HR. Bukhari).

Bagi orang yang bersin, disyari’atkan untuk mengucapkan hamdalah, dalam versi pendek:

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Alhamdulillaah

“Segala puji bagi Allah” [HR. Al-Bukhari no. 6223, at-Tirmidzi no. 2747]

Bisa juga jika ditambahkan pujian tersebut dengan lebih lengkap:

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin

“Segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam.” [HR. Al-Bukhari di dalam al-Adaabul Mufrad no. 394, an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 224, Ibnu Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no.259. Lihat Shahihul Jami’ no. 686]

Bagi kita yang mendengar ada orang mengucapkan doa bersin dianjurkan untuk membaca doa seperti berikut ini

 يَرْحَمُكَ اللهُ

Yarhamukalloh

“Semoga Allah memberikan rahmat kepadamu.

” Ini didasarkan sabda Nabi,

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللهَ: فَشَمِّتُوْهُ فِإِنْ لَمْ يَحْمَدِ اللهَ فَلاَ تُشَمِّتُوْهُ.

Jika salah seorang dari kalian bersin lalu mengucapkan alhamdulillah, maka hendaklah kalian mengucapkan tasymit (ucapan yarhamukallah) baginya, namun jika tidak, maka janganlah mengucapkan tasymit baginya.” [HR. Muslim no. 2992]

Sebagai catatan, seperti dijelaskan dalam hadits di atas, jika orang yang bersin tidak memuji Allah dengan membaca hamdalah maka kita tidak perlu untuk mendo’akan kebaikan untuk orang tersebut.

Lalu jika orang lain mengucapkan doa diatas (“yarhamukalloh”) kemudian kita membalas dengan doa dibawah ini, doa ini merupakan doa kedua atau doa sebagai jawaban kepada orang yang mendoakan kita.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum

Artinya : “Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu”

Maksud dari doa diatas adalah ketika kita bersin membaca “Alhamdulillah”, kemudian jika kita atau orang lain mendengar bersin membaca ” yarhamukalloh” (mendoakan orang yang bersin), lalu kita membalas/menjawab doa orang tersebut dengan membaca ” yahdikumulloh wa yashilu balakum” (sebagai balasan/jawaban doa untuk orang yang mendoakan kita).

Tetapi, jika seseorang bersin lebih dari dua kali, kemungkinan dia sedang sakit. Rasulullah pun mengajarkan doa yang perlu kamu baca ketika ada orang bersin saat sedang sakit. Doa tersebut yakni sebagai berikut.

Sumber : https://www.brilio.net/foto/view/news/2021/05/07/205492/1469312-adab-dan-doa-ketika-bersin.jpg

Syafakallahu wa ‘afaka

Artinya : “Semoga Allah menyembuhkanmu dan menyehatkanmu.”

Sumber :

1. https://islamdownload.net/

2. https://www.doaharianislami.com/

3. https://www.brilio.net/

Be First to Comment

    Leave a Reply