Press "Enter" to skip to content

Egg Tart By Kukulala : Makanan “Portugis” Beraroma Manis

Editor : Ahmad Muttaqin

NAMA : Egg Tart  by Kukulala

ALAMAT : Lihat di segmen Layanan

CARA BELI : Langsung

HARGA : Rp 35.000 (Isi 10)

STORY

Gw (penulis) sangat menyukai makanan atau cemilan beraroma manis atau makanan beraroma milky (kesusu-susuan).

Nah pas pertama kali mencoba makanan ini, gw langsung suka karena perpaduan antara vla beraroma susu dan pastry yang lembut. Terasa kenyang tapi tidak mengenyangkan.

Makanan lain yang gw suka dengan ciri yang sama yaitu manis, beraroma susu dan sensasi mengenyangkan adalah Banana Milk Crispy. Baca detailnya Banana Milk Crispy : Cemilan “Asing” Yang Bercita Rasa Premium & Harganya Yang Tidak Umum

TEMPAT & SUASANA

Untuk segmen ini tidak bisa direview atau dikomentari karena ITSTIME.ID membeli egg tart by Kukulala ini by Gofood. Dan sepertinya juga bukan sebuah outlet tetapi makanan rumahan dan by pre order.

PELAYANAN

Sama seperti TEMPAT & SUASANA, karena egg tart by Kukulala ini tidak menggunakan outlet sehingga tidak bisa direview. Namun sekali lagi bahwa egg tart by Kukulala ini menggunakan model pre order sehingga jika kalian ingin ikut mencicipi bisa pre order dulu di no whatsapp berikut 085227860300 atau website bananamilkcrispy.com.

REVIEW

Sama seperti yang oernah gw review tentang Banana Milk Crispy, gw jamin masih sedikit masyarakat yang kenal makanan ini. Bahkan mungkin baru pertama kali tau ada makanan dengan vla dan pastry. Biasanya kalo makanan yang ada vla itu sus kering vla. Tapi ini tidak dipadu dengan sus tetapi dengan pastry.

Karena ini makanan asing sekalian gw terangkan tentang egg tart ya…

Biar sekalian dapet ilmunya…Hahaha

Egg tart adalah sejenis tart pastry yang menggunakan isian custard (adonan yang terbuat dari campuran kuning telur, susu, dan gula).

Kue ini identik sebagai kudapan khas Hong Kong. Tapi sebenarnya ada 2 style berbeda yang bisa kamu coba. Egg tart style Hongkong yang menggunakan crust pastry, layaknya dasaran pie, dengan custard-nya yang mulus. Atau egg tart style Portuguese yang menggunakan puff pastry dengan custard terkaramelisasi sehingga tampak bintik-bintik hitam di permukaannya.

Menurut Frederico Brandao, salah satu wisatawan asal Portugal yang sudah lalu-lalang di beberapa negara Asia, hanya ada sedikit tempat yang menyajikan egg tart senikmat aslinya, salah satunya di Indonesia. “Sangat sedikit yang persis enak seperti di negara saya (Portugal), salah satunya ini,”

Ia pun menceritakan beberapa ciri khas yang membuat egg tart tersebut nikmat dan persis menyerupai aslinya di Portugal. “Dua ciri khas dari kue ini yang sama dengan aslinya,” ujarnya kepada rekan-rekan wisatawan lain.

Pertama, yang membedakan ialah adonan dasarnya. Menurut Frederico, adonan dasar egg tart sebenarnya tidak padat, seperti croisant. Pada umumnya egg tart yang ia temukan di Asia memiliki tekstur padat seperti pie susu dari Bali.

Kedua, lanjut Frederico, tampilan gosong dari cara memanggang yang benar. Egg tart di Portugal dipanggang dengan suhu tinggi yakni 200 derajat celsius dengan waktu kurang dari 10 menit. Akibat suhu yang sangat panas tersebut permukaan kue terlihat gosong.

Untuk egg tart by Kukulala mengadopsi gaya Portuguese.

Udah mirip sesuai yang dibilang oleh Om Frederico?

Lanjut reviewnya ya…

Egg tart by Kukulala ini dalam 1 bungkusnya ada 10 buah. Dengan melihat kemasan serta rasanya, egg tart ini cocok juga dijadikan oleh-oleh premium. Mungkin kalo Kukulala pandai membranding bisa menjadi laternatif oleh-oleh seperti bakpia atau makanan lain di Yogyakarta.

Masuk ke rasa.

Sensasi yang pertama saat menggigit pastrynya adalah ada sensasi sepet (Sepet itu apa ya? Pokoknya kayak gitulah). Tapi pastrynya lembut.

Untuk vlanya jelas aroma susunya sangat kuat. Beda dengan vla pie bali atau sus vla di pasaran. Kalo gw cocok sekali.

Tapi untuk vlanya memang relatif sedikit sih dibanding besaran pastry di bawahnya. Gw enggak tau aslinya seperti apa. Jangan-jangan memang seperti itu aslinya..Kalo gw pribadi sih pengennya vlanya lebih banyak lagi. Hahaha

Egg tart ini cocok dijadikan kudapan di pagi hari dengan ditemani teh agak pahit.

Oh ya makannya sedikit-sedikit ya…Selain memang enak harganya juga….

HARGA

Menurut gw harga egg tart ini sebagai cemilan lumayan mahal (Ini subjektif sih…) Tapi kalo melihat rasa, komposisi dan packaging malah cocok dijadikan buah tangan alias oleh-oleh.

Sensasi box premiumnya dapat, rasanya istimewa dan harganya juga cocok.

FAKTOR LAIN

KESIMPULAN

Egg tart by Kukulala ini masih terasa asing bagi sebagian masyarakat.

Namun dengan rasa yang ada sepertinya akan mudah dijadikan cemilan yang sehat bagi anak-anak dan keluarga.

Dan tidak ada garansi egg tart ini bisa bertahan 1 hari karena kemungkinan hanya bertahan beberapa jam saja. Mengapa? Jelas karena rasanya yang istimewa

Jika makanan disini ISTIMEWA, silahkan share artikel ini ke keluarga atau teman dekat biar bisa ikut menikmati makanan yang Istimewa ini, tetapi jika kalian tidak sepakat dengan review yang kami tulis, mohon tulis komentar apa yang menurutmu enak dan layak untuk direkomendasikan

GAMBAR

Sumber :

1. https://resepkoki.id/resep/resep-egg-tart-portuguese/

2. https://travel.kompas.com

Artikel Yang WAJIB Dibaca Juga
(Visited 97 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply