Fakta Filet Ikan Dori Sama Dengan Ikan Patin Dan Bahaya Yang Tersembunyi – ITS TIME

Fakta Filet Ikan Dori Sama Dengan Ikan Patin Dan Bahaya Yang Tersembunyi

Jika kalian hobi mengkonsumsi fish and chips di restoran maka kalian juga harus membaca rangkuman fakta di artikel ini.

Artikel ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Sumber bisa dilihat di akhir artikel.

Banyak orang yang mengira bahwa fillet dori ini berasal dari laut. Padahal, fillet ikan dori yang dijual di pasaran sendiri sebenarnya masih sejenis dengan ikan patin. Buktinya, ikan tersebut bukan tinggal di laut, melainkan air tawar.

Salah satu orang yang mengatakan argumen di atas adalah akun hcahyono di twitter pada tanggal 21 Juni 2020.

Bahkan dari cuitan tersebut direply oleh Bu Susi Pudjiatusti dengan balasan sebagai berikut

Tertarik dengan jawaban Bu Susi, ITSTIME.ID kemudian menelusuri tentang fakta tentang fillet ikan dori.

Dori sebenarnya digunakan sebagai merek dari produsen ikan yang berbasis di Vietnam. Namun orang-orang justru menyangka kalau dori adalah nama jenis ikan. Dori termasuk ikan fillet yang laris manis di pasaran terutama di pasar modern atau supermarket.

Ikan ini banyak diolah jadi beragam makanan. Yang paling populer yakni digoreng dengan balutan tepung dan disajikan bersama kentang goreng yang dikenal dengan sebutan fish and chips. Daging ikan berwarna putih ini terbilang empuk dan tebal, rasanya juga gurih jadi tak heran banyak digemari.

Dari web Kumparan, disebutkan bahwa Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPMKHP KKP) telah membongkar praktik penyelundupan daging olahan ikan (fillet) dori impor asal Vietnam.

Kepala BKIPMKHP Rina menegaskan, dori adalah bagian dari produk olahan ikan patin bukan ikan john dory yang hidup di laut. Sampai saat ini, KKP masih menutup rapat izin impor produk fillet dori.

Yang bahaya lagi, fillet dori tersebut mengandung zat kimia pemutih atau tripolyphosphate di ambang batas normal.

Rina menambahkan dori selundupan diketahui berasal dari Vietnam. Fillet dori tersebut mengandung zat pemutih di ambang batas normal. Dari hasil laboratorium BUSKIPM, sampel dori lokal dan dori berlabel impor hasil operasi bersama yang diterbitkan oleh Laboratorium PT Saraswanti Indo Genetech menyebutkan parameter tripolyphosphate menunjukkan nilai 7.423.18 ppm dan 8.251.26 ppm. Sedangkan batas maksimum pada ikan dan produk perikanan adalah 2.000 mg/kg.

Itulah fakta tentang fillet ikan dori.

Jadi kalo pas membeli fillet ikan dori kok harganya murah maka kemungkinan besar itu bukan ikan dori asli tetapi ikan patin.

Sumber :

1. https://www.suara.com/lifestyle/2020/06/26/071000/wajib-tahu-fillet-ikan-dori-ternyata-berasal-dari-ikan-patin?page=all

2. https://kumparan.com/kumparanbisnis/kkp-dori-itu-sama-dengan-ikan-patin-1GpX2s

3. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5076258/ikan-dori-sama-dengan-ikan-patin-benar-atau-salah

4. https://dtq2i388ejbah.cloudfront.net (Featured Image)

Leave a Reply