Press "Enter" to skip to content

Getah Jarak : Menyembuhkan Sakit Gigi Atau Membuat Keropos Gigi?

Ada banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat jika mengalami sakit gigi.

Ada yang sengaja ditahan

Ada yang menggunakan getah jarak

Ada yang memberi puyer dan lain sebagainya.

Obat Sakit Gigi Apotik Tanpa Resep Dokter (Perhatikan Penggunaannya Ya)

Kali ini ITSTIME.ID akan merangkum tentang manfaat getah jarak untuk menyembuhkan sakit gigi. Sumber berada di akhir artikel

Tumbuhan jarak memiliki nama latin Jatropha curcas. Dalam bahasa Yunani, jatros berarti ‘dokter’ dan trophe berarti ‘makanan’ atau ‘nutrisi’. Jatropha curcas dapat diartikan sebagai ‘tanaman obat’.

Tumbuhan ini dikenal dengan berbagai nama di Indonesia:

  • jarak kostajarak budeg (Sunda):
  • jarak gunduljarak pager (Jawa):
  • kalekhe pagar (Madura):
  • jarak pager (Bali):

Dilansir dari berbagai sumber, daun jarak mengandung sejumlah senyawa aktif seperti; Alkaloid, Astragalin, Fitonutrien, Nicotiflorin, Kaempferol, Quercetin.

Manfaat tanaman jarak pagar untuk sakit gigi sudah dibuktikan sejak lama. Tumbuhan ini dipercaya mempunyai efek analgesik atau zat anti nyeri sehingga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

Menurut Indonesian Journal of Dentistry 2006, manfaat analgesik dari getah jarak ini bisa menyerupai obat paracetamol. Artinya, efektivitasnya hanya berlaku selama 3-6 jam, lalu dalam 24 jam kemudian efeknya menurun.

Dari penelitian medis, memang getah jarak ini diketahui mengandung zat yang bersifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri staphylococcus, streptococcus dan Escherechia coli.

Selain bermanfaat menyembuhkan sakit gigi, ada mitos yang mengatakan bahwa jika getah jarak ini terkena gigi malah bisa membuat gigi keropos. Dikutip dari tulisan Gustaaf Kusno, penelitian yang menjelaskan tentang mekanisme terjadinya pengeroposan gigi sepertinya belum banyak dilakukan.

Bagaimana cara menggunakan getah jarak sebagai obat pereda sakit gigi?

Mengutip dari web https://www.klikdokter.com/, cara menggunakan getah jarak untuk mengatasi sakit gigi:

Meneteskan Getah Secara Langsung

Cara yang biasa dilakukan adalah dengan meneteskan getah sebanyak 1 sampai 2 tetes pada lubang gigi yang sakit, kemudian ditutup kapas. Biasanya setelah ini, rasa nyeri sudah tidak kambuh lagi, walaupun lama kelamaan gigi akan menjadi rusak dan rapuh.

Namun, cara ini tidak dianjurkan karena tetesan langsung getah membuat dosisnya menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, lebih baik Anda tidak meneteskan getah secara langsung pada gigi.

Mengonsumsi dalam Bentuk Ekstraksi

Karena meneteskan secara langsung lebih berisiko, penggunaan getah jarak berbentuk ekstrak akan lebih baik dibanding getah jarak segar. Namun, hal ini masih terkendala oleh sulitnya ekstrak tanaman yang ditemukan di pasaran.

Getah jarak tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi nyeri sakit gigi, tetapi dapat pula dioleskan pada lidah yang meradang akibat luka atau sariawan. Selain manfaat getah jarak, akar tanaman jarak yang direbus juga berguna sebagai obat kumur untuk mengatasi gusi berdarah dan sakit gigi.

Walaupun getah jarak memang bisa menyembuhkan sakit gigi, tentunya lebih bijak, kalau sebelum gigi tersebut berlubang besar, kita sudah mengunjungi dokter gigi untuk dilakukan perawatan.

Sumber :

1. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696827/manfaat-getah-jarak-untuk-mengatasi-nyeri-sakit-gigi

2. https://id.wikipedia.org

3. https://hype.grid.id/read/432023529/4-manfaat-daun-jarak-atasi-sakit-gigi-dan-keputihan-di-mulut-bayi?page=all

Be First to Comment

    Leave a Reply