Press "Enter" to skip to content

Hari-Hari Yang Dilarang Berpuasa Dalam Islam

Puasa di dalam agama Islam ada bermacam-macam seperti puasa wajib di bulan Ramadhan, puasa sunnah senin kamis maupun puasa daud yaitu sehari puasa hari berikutnya berbuka.

Namun yang perlu diketahui adalah ada hari-hari dimana umat muslim justru dilarang untuk berpuasa. Hari apakah itu?

Artikel ini merupakan rangkuman dari beberapa sumber. Sumber-sumber bisa dibaca di akhir artikel.

1. Tanggal 1 Syawal atau hari pertama Idul Fitri

2. Tanggal 10 Dzulhijjah atau pas Hari Raya Idul Adha

Di tanggal 10 Dzulhijjah ini dilaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban.

3. Puasa Hari Tasyrik atau 3 hari berturut-turut setelah Hari Raya Idul Adha

3 hari berturut-turut sesudah hari raya Idul Adha yang dimaksud adalah tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah.

Sehingga dalam rangkaian Hari Raya Idhul Adha ada 4 hari yang dilarang berpuasa.

4. Puasa Hari Jumat Dengan Khusus

Dikutip dari website https://dalamislam.com/ bahwa

Umat Islam memiliki pandangan jika hari Jumat adalah hari libur untuk umat muslim sehingga agama juga melarang kita untuk melakukan puasa di hari Jumat tersebut dengan khusus.

Apabila ingin berpuasa, maka berpuasalah di hari Kamis yang merupakan hari sebelum Jumat. Puasa pada hari Jumat diperbolehkan jika ingin menunaikan puasa wajib, mengqodho’ puasa wajib, membayar kafaroh atau tebusan serta ganti sebab tidak mendapat hadyu tamttu. Selain itu juga diperbolehkan apabila bertepatan dengan puasa Daud dan juga bertepatan dengan puasa sunnah lain seperti puasa Asyura, puasa Syawal serta puasa Arofah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَصُمْ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ أَنْ يَصُومَ قَبْلَهُ أَوْ يَصُومَ بَعْدَهُ

Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum’at kecuali jika ia berpuasa pada hari sebelum atau sesudahnya.” ( HR. Bukhari no. 1985 dan Muslim no. 1144, dari Abu Hurairah).

5. Puasa Hari Sabtu

Selain hari Jumat, hari Sabtu juga menjadi hari larangan puasa sebab ini merupakan rutinitas orang Yahudi. Rasulullah juga melarang kita untuk melaksanakan puasa pada hari Sabtu kecuali jika sedang melaksanakan puasa wajib seperti puasa bulan Ramadhan.

Namun sebagai catatan bahwa puasa pada hari Jum’at atau Sabtu diperbolehkan apabila:

1- Ingin menunaikan puasa wajib, mengqodho’ puasa wajib, membayar kafaroh (tebusan) dan sebagai ganti karena tidak mendapatkan hadyu tamattu’.

2- Jika berpuasa sehari sebelum atau sesudah hari Juma’t sebagaimana diterangkan dalam hadits di atas.

3- Jika bertepatan dengan hari puasa Daud (sehari puasa, sehari berbuka).

4- Berpuasa pada hari Jum’at bertepatan dengan puasa sunnah lainnya seperti puasa Asyura, puasa Arofah, dan puasa Syawal.

6. Puasa Hari Syak

Hari Syak merupakan tanggal 30 Sya’ban dan apabila ragu sebab awal bulan Ramadhan yang belum terlihat hilalnya, maka ketidakjelasan itulah yang dinamakan dengan syak dan menurut syar’i umat muslim merupakan hari larangan untuk berpuasa.

Berpuasa pada hari tersebut diperbolehkan apabila untuk mengqodho puasa Ramadhan dan juga bertepatan dengan kebiasaan puasa seperti puasa Senin Kamis dan juga puasa Daud.

7. Berpuasa Setiap Hari Tanpa Henti (Puasa Dahr)

Artinya setiap hari sepanjang tahun hanya berpuasa malah diharamkan.

8. Puasa Wanita Saat Haid atau Nifas

Memang puasa memiliki banyak pahala apalagi jika puasa wajib seperti di Bulan Ramadhan. Namun ternyata ada sebagian wanita yang justru malah diharamka puasa.

Yaitu wanita yang sedang berada dalam masa haid atau nifas, namun harus mengganti puasa tersebut dengan puasa pada hari lainnya.

9. Puasa Sunnah Wanita Tanpa Ijin Suami

Sebelum menunaikan puasa sunnah, seorang wanita yang sudah menjadi istri haruslah mendapatkan ijin dari suami terlebih dulu. Apabila suami memberi ijin, maka istri baru boleh menunaikan puasa sunnah.

Akan tetapi jika suami tidak memberikan ijin namun puasa tetap dilakukan, maka suami memiliki hak untuk memaksa istri berbuka dan tidaklah halal untuk istri yang melakukan puasa tanpa mendapat ijin dari suami sementara suami ada disitu.

Ini disebabkan karena hak suami sangat wajib untuk dilakukan dan merupakan fardu untuk istri, sementara puasa hukumnya adalah sunnah dan kewajiban tidak boleh ditinggalkan demi mengejar sunnah semata.

Sumber :

1. https://dalamislam.com/puasa/hari-yang-dilarang-puasa

2. https://muslim.or.id/17917-hari-hari-terlarang-puasa.html

3. https://www.minews.id (Featured Image)

Artikel Yang WAJIB Dibaca Juga
(Visited 19 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply