Press "Enter" to skip to content

Ibu Menyusui Minum Es Membuat Bayi Flu, Fakta Atau Mitos?

Kalo mama membaca artikel ini ada 2 kemungkinan :

1. Sedang menyusui

2. Ingin minum es tetapi bingung apakah ada dampaknya untuk buah hati.

ITSTIME.ID merangkum tentang apakah ibu yang sedang menyusui kemudian minum es akan berdampak ke buah hati seperti flu atau pilek. Sumber ditulis di akhir artikel.

Yang perlu diketahui dalam menyusui adalah bunda wajib memperhatikan asupan makanan karena akan berdampak pada asi, seperti saat ibu minum daun katu maka asi yang diproduksi juga akan banyak. Termasuk saat bunda mau minum es.

8 Makanan Yang Mengandung ASI Booster. WAJIB Diketahui Bagi Ibu Menyusui

Kebanyakan masyarakat memang berfikir bahwa minum es saat menyusui bisa membuat bayi batuk pilek karena es sifatnya dingin. Namun ternyata faktanya berbeda.

Menyikapi isu tentang minum air es saat menyusui dapat membuat bayi pilek, dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter menyatakan hal tersebut adalah mitos. Pada kenyataannya, tidak ada temuan medis atau hasil penelitian yang menyatakan bahwa minum es saat masa menyusui dapat membuat bayi batuk dan pilek.

Hal ini karena batuk atau pilek biasanya terjadi akibat infeksi virus dan ASI tidak bisa menularkan ini.

Jika bunda dalam kondisi batuk dan pilek pun tetap diperbolehkan untuk menyusui si Kecil karena tidak mengubah komposisi ASI. Jadi, tidak ada hubungan antara konsumsi minuman dingin dan perubahan komposisi susu.

ASI akan tetap ke luar dalam kondisi hangat dan masih memberikan cukup antibodi sehingga bayi terhindar dari infeksi.

Menurut laman TheHealthSite, infeksi virus ini baru bisa ditularkan melalui tetesan cairan tubuh, seperti saat bunda bersin atau batuk.

dr. Kartika melanjutkan bahwa pilek yang terjadi biasanya justru disebabkan oleh virus lain yang bukan berasal dari ASI. Bisa jadi, air es yang Anda minum tidak steril atau mengandung bakteri. Ketika ibu menyusui sedang sakit, maka produksi ASI akan menurun atau bahkan memburuk.

Kualitas dan kuantitas ASI yang menurun inilah yang nantinya dapat mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil.

Agar ASI yang dihasilkan berkualitas, dr. Sepriani Timurtini Limbong memaparkan ibu menyusui harus benar-benar memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Hal ini karena jumlah kandungan gizi tersebut dalam ASI bergantung pada nutrisi ibu.

“Setiap ibu menyusui wajib mengonsumsi makanan tinggi asam lemak esensial seperti minyak ikan, butter, dan telur. Selain itu, ibu juga harus menambah asupan makanan tinggi protein seperti zat besi, zink, dan vitamin,” jelasnya.

Untuk memastikan ASI memiliki kandungan yang baik, ibu menyusui boleh makan suplemen yang mengandung kadar asam lemak esensial dan mikronutrien. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter atas segala yang ingin Anda konsumsi.

Jadi kesimpulannya adalah ibu menyusui boleh minum es.

Tetapi walaupun ibu menyusui boleh minum air es, penting untuk mengonsumsi minuman segar buatan rumah agar terjaga keamanan dan kebersihannya, sebab, bahaya minum es yang mengintai ibu menyusui mungkin saja terjadi apabila Anda minum minuman es yang terbuat dari air mentah serta penggunaan alat dan bahan yang tidak terjaga kehigienisannya.

Yang paling penting adalah memperbanyak kebutuhan asupan cairan tubuh ibu menyusui agar dapat terpenuhi dengan baik.

The European Food Safety Authority merekomendasikan minum 700 ml air tambahan di atas asupan harian.

Sementara itu, Pakar laktasi menganjurkan minum sedikit lebih banyak dari biasanya. Sebab, seorang ibu menyusui biasanya menghasilkan lebih dari 750 ml susu sehari.

Para ahli merekomendasikan ibu menyusui minum cairan minimal sebanyak 128 ons atau 3,7 liter per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang. Jumlah ini setara dengan 16 gelas seukuran 230 ml setiap hari.

Jika ibu menyusui mendapatkan asupan cairan sedikitnya 230 ml tiap sebelum dan sesudah makan, sebenarnya sudah dapat memenuhi target yang direkomendasikan, yakni sebanyak 128 ons atau 3,7 liter.

Ini karena jumlah cairan yang Anda konsumsi bukan hanya air putih dingin atau hangat, melainkan juga kombinasi dari minuman dan makanan untuk ibu menyusui yang bunda konsumsi sepanjang hari. Asupan tersebut itu berasal dari air putih, susu, jus buah, teh, susu, sup, buah-buahan, dan sayuran.

Ibu Sedang Menyusui Tapi Ingin Berpuasa? Simak 9 Tips Ibu Menyusui Saat Berpuasa

Sumber :

1. https://www.popmama.com/

2. https://www.klikdokter.com/

3. https://www.sehatq.com/

4. https://www.orami.co.id/

5. https://tap-assets-prod.dexecure.net/

Be First to Comment

    Leave a Reply