Press "Enter" to skip to content

Ini Lho 13 Buah Dan 9 Sayur Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Saat musim pancaroba atau musim pandemi seperti corona ini daya tahan tubuh sangat diperlukan dan vitamin C merupakan solusinya.

Namun permasalahan muncul ketika orang beranggapan bahwa vitamin C itu hanya jeruk padahal ada banyak buah dan sayur yang mengandung vitamin C lebih tinggi dibanding jeruk.

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utama vitamin C adalah

  • mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel,
  • meningkatkan daya tahan tubuh,
  • menjaga kesehatan kulit.
  • membantu mencegah anemia defisiensi dengan cara meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan
  • melindungi berbagai sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Daily Values (DV) atau nilai harian saat ini untuk vitamin C adalah 90 mg. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi sendiri atau menyimpan vitamin C.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengkonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup dan mengingat fungsinya yang penting ini, tak heran jika tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan.

ITSTIME.ID akan menyajikan buah dan sayur yang mengandung vitamin C tinggi. Sumber berada di akhir artikel

1. Stroberi

Buah yang mengandung vitamin C ini mempunyai kandungan sumber vitamin yang cukup tinggi dibandingkan dengan jeruk. Dalam hal jumlah, 100 gram stroberi mengandung 33 kalori dan 60 mg vitamin C atau sekitar 67% angka kecukupan gizi (AKG) orang dewasa.

2. Nanas

Selain stroberi, ternyata buah nanas juga menjadi buah yang punya kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Selain memiliki kandungan vitamin yang tinggi, buah nanas juga kaya akan serat.

100 gram nanas mengandung 50 kalori dan 50 mg vitamin C.

3. Kiwi

Kiwi termasuk salah satu buah vitamin C tertinggi yang sangat bagus untuk otot serta jantung. Hal ini dikarenakan buah kiwi memiliki kandungan berupa potasium dan magnesium.

1 buah kiwi mengandung 100 mg vitamin C.

4. . Buah Pepaya

Apabila tubuh terpenuhi vitamin C secara sempurna, secara tidak langsung tubuh akan meningkatkan kekebalannya.

Jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus, ia dapat melakukan pencegahan terhadap resiko berbagai macam penyakit. Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang cukup banyak. 100 gram buah pepaya masak mengandung 60 mg vitamin C.

5. Jambu Biji 

Bagi seseorang yang memiliki permasalahan terhadap penglihatan, ia dapat mengonsumsi jambu biji secara rutin karena jambu biji memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata. 100 gram buah jambu biji mengandung 225 mg vitamin C. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai buah paling banyak vitamin C dibandingkan buah yang lainnya.

6. Mangga

Dalam beberapa studi, diketahui bahwa buah mangga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Sebagai buah mengandung vitamin C, mangga dipercaya dapat meningkatkan imunitas, kesehatan pencernaan, dan penglihatan. Buah mangga menyimpan sekitar 36 mg vitamin dalam takaran 100 gram.

7. Jeruk

Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

8. Blackcurrant

Blackcurrant umumnya lebih dikenal sebagai rasa minuman. Padahal, blackcurrant segar mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi, yakni 101 miligram untuk setiap satu cangkir buah (56 gram).

9. Lemon

Kemiripan lemon dan buah jeruk tidak terbatas pada rasanya saja, tapi juga kandungan vitamin C-nya. Sebuah lemon utuh lengkap dengan kulitnya mengandung 83 miligram vitamin C, atau setara dengan 92% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

10. Leci

Satu buah leci menyediakan hampir 7 mg vitamin C atau sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 7,5 persen. Sementara satu cangkir buah leci bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian 151 persen.

11. Kesemek

Kesemek adalah buah berwarna oranye yang menyerupai tomat. Buah ini memiliki banyak varietas. Satu buah kesemek diketahui bisa mengandung 16,5 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin C harian mencapai 18 persen.

12. Kakadu Plum

Kakadu plum (Terminalia ferdinandiana) adalah makanan asli Australia yang mengandung vitamin C 100 kali lebih banyak daripada jeruk.

Buah ini memiliki konsentrasi vitamin C tertinggi yang diketahui, mengandung hingga 5.300 mg per 100 gram. Satu buah plum mengandung 481 mg vitamin C, yakni 530% dari DV.

13. Markisa

Last but not least, Markisa. Yup, buah yang dikenal dengan nama passion fruit ini sering muncul dalam campuran teh pada minuman kekinian. Selain rasanya yang asam-asam menyegarkan, kandungan vitamin C pada markisa juga tidak boleh diremehkan. Per 100 gram markisa mengandung sekitar 30 mg vitamin C.

Berikut ini sayuran yang mengandung vitamin C yang perlu diketahui juga

1. Brokoli

Selain vitamin C yang umum ditemukan di buah, brokoli pun termasuk sebagai sayuran hijau yang kaya akan vitamin C. Berkat kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya, brokoli mampu membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. Selain itu, brokoli juga bisa mengatasi sembelit sekaligus mengurangi peradangan.

100 gram brokoli mentah mengandung 90 mg vitamin C.

2. Kangkung

Siapa sangka sayur yang lezat dibuat cah hotplate ini ternyata mengandung vitamin C yang tinggi. Per 100 gram kangkung mentah mengandung 120 mg vitamin C walaupun ketika dimasak kandungan vitamin Cnya turun menjadi 41 mg.

3. Peterseli

Dua sendok makan (8 gram) peterseli segar mengandung 10 mg vitamin C, menyediakan 11% dari DV yang direkomendasikan.

4. Bayam Mustard

Satu cangkir bayam mustard cincang mentah menyediakan 195 mg vitamin C, atau 217% dari DV.

Meskipun panas dari memasak menurunkan kandungan vitamin C dalam makanan, satu cangkir bayam mustard yang dimasak masih menyediakan 117 mg vitamin C, atau 130% dari DV.

Seperti banyak sayuran hijau gelap, bayam mustard juga tinggi vitamin A, kalium, kalsium, mangan, serat dan folat.

5. Kembang kol

Kembang kol banyak dikenal memiliki kandungan gula dan protein yang tinggi. Namun tidak sampai di situ saja. Kembang kol ternyata juga diperkaya vitamin C.

Sayuran yang mampu meningkatkan kinerja ginjal ini mengandung 50 mg vitamin C dalam takaran 100 gram.

6. Cabai

Satu buah cabai hijau berukuran besar bisa mengandung 109 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan harian vitamin C hingga 121 persen. Sebagai perbandingan, satu buah cabai merah bisa menghasilkan 65 mg vitamin C atau mencukupi kebutuhan harian 72 persen.

7. Paprika kuning

Kandungan vitamin C dalam paprika dapat meningkat seiring bertambah tuanya sayuran ini. Hanya setengah cangkir (75 gram) paprika kuning, dapat memberikan 137 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin C harian hingga 152 persen. Jumlah tersebut lebih banyak dua kali lipat dibanding kandungan vitamin C pada paprika hijau.

8. Bayam sawi

Satu cangkir sawi mentah menyediakan 195 mg vitamin C atau sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 217 persen. Meskipun panas dari masakan dapat menurunkan kandungan vitamin C dalam makanan, satu cangkir bayam sawi yang dimasak masih menyediakan 117 mg vitamin C.

9. Sayur kale

Secangkir kale mentah cincang bisa menyediakan 80 mg vitamin C atau sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 89 persen.

Sementara, satu cangkir kale matang bisa menyediakan 53 mg vitamin C atau memenuhi 59 kebutuhan harian.

Banyak orang memilih meminum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin C-nya. Padahal, salah satu cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah dengan mengonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C.

Sumber :

1. https://jovee.id/

2. https://hellosehat.com/

3. https://health.kompas.com/

4. https://health.detik.com/

5. https://www.nutrimart.co.id/

6. https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/ (Featured Image)

Be First to Comment

    Leave a Reply