Press "Enter" to skip to content

Investasi Enggak Cuma HOLD LAMA Dan UANG DINGIN Bos

Kemaren ITSTIME.ID melalui Rencang Saham melakukan beberapa diskusi dengan teman-teman di forum Facebook. Dan ternyata ada beberapa yang memilih saham seperti BUMI, FREN, BRMS sebagai saham pilihan untuk investasi.

Tak lama ada yang bercerita tentang nasib orang-orang yang berinvestasi di saham ANTAM tahun 2009 maupun GGRM.

Semua tau nasib saham-saham di atas sekarang seperti apa.

BUMI

Bayangkan orang-orang yang membeli saham BUMI kemudian hold lama menggunakan uang dingin. Jika modal dia 8juta maka sekarang nilainya hanya tinggal 50 perak

Saat semua ditanya menjawab dengan mantap bahwa tidak masalah karena mau hold lama dan menggunakan uang dingin. Dan ketika digali lagi mereka membeli saham tersebut karena kurang analisa.

Hey GUYS Wake Up

Itu sama saja kalian mengiris luka di tangan kemudian menaburi garam di luka tersebut.

Pelan-pelan akan membusuk. Bisa sembuh bisa tapi peluangnya lebih kecil

Begitu juga dengan saham-saham di atas. Apakah di kemudian hari bisa berubah menjadi lebih baik atau harganya naik? Bisa saja.

Begitu juga dengan kalian yang membeli saham semodel itu. Saat artikel ini ditulis tanggal 21 April 2021 ada sekitar 700 perusahaan di IHSG dan kalian lebih memilih saham yang jelas kinerjanya masih naik turun bahkan stagnan turun dan kalian menganggap itu adalah investasi.

Padahal masih ada banyak saham berfundamental bagus, undervalue atau harganya masih dibawah harga wajar dan membagikan dividen dengan yield minimal 2% sebagai uang tunggu.

Nah ITSTIME.ID selain mengomentari fenomena tersebut juga akan memberikan tutorial atau saran bagaimana mencari saham yang bagus.

1. Gunakan parameter yang ada di artikel ini Cara Mencari Saham Undervalue Dan Dividen Di Atas 5% Hanya Menggunakan Aplikasi RTI Business

2. Pahami konsep uang dingin yang benar.

Uang dingin itu bukan berarti uang yang tidak kita gunakan dalam waktu dekat tetapi lebih ke arah kita siap kehilangan uang tersebut. Dan Warren Buffet mengatakan aturan pertama adalah jangan kehilangan uang.

Kalian bisa membaca lebih lengkap tentang konsep uang dingin disini Konsep Uang Panas dan Uang Dingin Yang Tidak Tepat Di Dunia Saham

3. Perhatikan saham minimal per kuartal atau paling lama per 1 tahun.

Jangan hold lama lantas kalian mendiamkan begitu saja.

Sayangi uang kalian karena saham itu bukanlah permainan tetapi uang sungguhan.

Be First to Comment

    Leave a Reply