Jika Menemukan SMS Penipuan Seperti Ini, Harap Lakukan 6 LANGKAH Ini Agar Tidak Tergoda | Its Time Press "Enter" to skip to content

Jika Menemukan SMS Penipuan Seperti Ini, Harap Lakukan 6 LANGKAH Ini Agar Tidak Tergoda

BIBIT

Saat ini begitu banyak sms spam yang masuk ke handphone atau smartphone kita.

Padahal sms dan telepon sudah sangat digunakan. Tetapi karena jarangnya ini malah banyak orang-orang yang berniat menipu memanfaatkan sms dan telepon ini.

BACA : Sering Mendapat Spam SMS & Telpon? Instal Aplikasi Truecaller Saja

Kemaren, ITSTIME.ID mendapat sms yang lumayan meyakinkan dari salah satu ecommerce terkemuka yang isinya memberitahukan bahwa kami mendapatkan hadiah yang saat menukarkan hadiah harus sesuai code yang ada

Waktu itu kami lumayan senggang dan mencoba menelusuri website yang diberikan dan ternyata lumayan takjub karena penipu ini benar-benar mendesain websitenya dengan sungguh-sungguh.

Maaf agak buram

Dengan melihat website yang dibuat oleh calon penipu, kemungkinan akan banyak masyarakat yang relatif awam akan tertarik untuk mengikuti penipuan ini.

Uang yang harus ditransfer ke calon penipu

Nah disini ITSTIME.ID ingin membagikan tips mengenai cara menghindari atau cara mencari tahu apakah sms yang masuk penipuan atau bukan

1. Lihat no yang mengirim pesan

Apabila sebuah perusahaan besar pasti tidak akan hanya menggunakan sms untuk memberitahukan bahwa anda adalah pemenang dari undian yang ada.

Kemungkinan besar mereka akan menelepon secara resmi.

2. Cari tahu di internet perusahaan tersebut apakah membuka undian atau tidak

Ini  langkah berikutnya jika kalian mendapat sms seperti di atas.

Cari tahu misal kami mendapat sms dari Shopee. Maka buka website Shopee apakah mereka memang mengadakan undian atau tidak

3. Nama website yang menjadi rujukan

Ini juga kadang agak menipu sekali terutama bagi masyarakat awam. Website perusahaan besar atau sudah pasti tidak akan menggunakan domain yang belakangnya blogspot.com.

Tapi bagaimana kalau si penipu menggunakan nama berdomain .com misal shopeeundian.com?

Jika seperti itu kembali ke poin no 2.

4. Telpon ulang ke perusahaan aslinya

Langkah ini bisa dicari dengan cara mengetik di google no kontak shopee (Kenapa kami menggunakna nama Shopee sebagai contoh karena di kasus ini Shopee menjadi bahan untuk menipu)

5. Jangan sekali-kali percaya jika anda disuruh transfer terlebih dahulu 

Peringatan ini sebenarnya sudah banyak diberitahukan kepada masyarakat. Akan tetapi uang ratusan juta dan mobil kadang membuat orang kalap sehingga mau mentransfer uang terlebih dahulu

Uang yang harus ditransfer ke calon penipu

Baca poin no 2 di bagian Syarat dan Ketentuan Hadiah Uang dan paragraf pertama di bagian Syarat dan Ketentuan hadiah Kendaraan.

6. Baca teliti semua poin yang ada di website penipu

Ini juga kemungkinan banyak yang tidak melakukan. Padahal jika ditelurusi satu per satu maka akan ada banyak kejanggalan dai poin-poin yang diberikan oleh penipu.

Contoh kejanggalan yang ada di web ini https://shopee005.blogspot.com/

1. Alamat kantor

2. Para pejabat yang tercantum

3. Himbauan  UUD No.32 Pasal 331 Ayat 23 tentang Kecemburuan sosial

KETERANGAN

Diharapkan Kepada Pemenang Untuk Tidak Menyebar Luaskan Mengenai Masalah Hal Ini Sebelum Hadiah Diterima, Untuk Menghindari Adanya Pemalsuan Pemenang, Iri Hati & Cemburu Sosial. UUD No.32 Pasal 331 Ayat 23, Tentang Kecemburuan Sosial Sesama Masyarakat.

Itulah 6 langkah antisipasi agar masyarakat tidak tertipu.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply