Press "Enter" to skip to content

Journey Rumah #1 : Awal Mula Dan Langkah Pertama

Ditulis oleh :

Ahmad Muttaqin

Karyawan PTN dan Founder Rencang Saham (https://rencang.org)

Rumah merupakan impian hampir semua orang apalagi bagi seorang ayah yang sudah mempunyai keluarga alias anak dan istri.

Selain sebagai salah satu kebutuhan primer, rumah juga bisa menjadi penanda keluarga tersebut sudah diakui dalam hubungan bermasyarakat.

Ada rasa beda sosial ketika kita masih menjadi kontraktor alias orang yang mengontrak rumah di mata masyarakat yang setempat.

Nah saya melalui website disini ingin memberikan tulisan tentang Journey Rumah alias perjalanan kami ingin memiliki rumah.

Menurut pengamatan saya, orang tua kita umumnya masih dibuatkan rumah oleh orang tuanya atau simbah kita. Namun untuk golongan kita alias orang yang sekarang usianya rentang 25 sampai 45, opsi untuk dibuatkan rumah sudah mulai menipis. Kemungkinan besar hanya mendapat tanah warisan, itupun yang beruntung.

Dan kabar buruknya adalah tanah di beberapa kota (Jogja…saya sebagai penulis tinggal di Jogja) harganya relatif terbang to the mooon (istilah di dunia saham).

Ada begitu banyak alasan kenapa tanah di Jogja hampir semuanya naik drastis bukan naik pelan-pelan ala kadarnya, dan situasi ini membuat saya berpikir keras untuk bisa membangun atau mmebeli rumah.

Opsi-opsi yang ditawarkan ada beberapa seperti pinjam uang ke koperasi untuk membeli tanah, langsung mengambil KPR, membeli rumah subsidi atau KPR rumah subsidi dsb.

Namun saya mencoba untuk berpikir di luar itu semua.

Saya ingin mencoba untuk menabung melalui instrumen saham dan setelah minimal 10 tahun baru kami akan bergerak mencari tanah atau membeli rumah.

Apakah setelah 10 tahun tanah semakin mahal? Sangat pasti. Tetapi saya masih berharap kenaikan saham yang ada bisa mengimbangi.

Saya ingin menggunakan compound interest atau bunga berbunga untuk menabung.

Saya sudah mulai menabung di saham sejak tahun 2020 dengan target 1 juta per bulan alias 12 juta per tahun.

Tahun 2020 sudah terlewati dan alhamdulillah target terlampau.

Ini target keuangan yang ingin saya capai.

Semoga bisa tercapai.

Progres apapun tentang perjalanan saya akan saya tulis di web ITSTIME.ID ini dengan tag Journey Rumah.

Dan kalian bisa membaca progres perjalanan saham saya dengan tag Journey Saham

Sumber

1. https://jasakontraktor-architectjogja.com/ (Featured Image)

Be First to Comment

    Leave a Reply