Press "Enter" to skip to content

#Journey Saham 3 : Akhirnya Ikut Grup-Grup Saham

Ditulis oleh :

Ahmad Muttaqin

Karyawan PTN dan Founder Rencang Saham (https://rencang.org)

Masih terus melanjutkan sesi tentang Journey saham. Kalian bisa baca seluruh journey saham disini.

Cerita kali ini akan membahas tentang bagaimana imbas dari ikut grup-grup saham.

Ikut grup saham mungkin memiliki tingkat seperti hidup kurang berasa kalo tidak pernah ikut MLM.

Begitu juga dengan di saham. Ada begitu banyak rekomendasi saham yang diikuti oleh pemula seperti saya waktu itu.

Mulai grup di whatsapp sampai grup di telegram, dan dari sekian banyak grup akhirnya nyantol 3 grup tetapi tidak berbarengan.

Grup pertama yang saya ikuti adalah grup rekomendasi trader saham atau sebut saja grup A.

Di grup ini setiap hari dipaparkan saham-saham apa yang sudah naik karena rekomendasi dari grup A. Bagi pemula jelas sangat menggiurkan. Sudah gratis setiap hari ada saja rekomendasi saham yang siap dieksekusi.

Setelah beberapa saat hasilnya NOL. Kalo tidak salah sih rugi-rugi sedikitlah.

Grup kedua atau sebut saja grup B.

Grup B ini lebih lincah karena memberikan rekomendasi lebih detail tentang kapan sebaiknya beli dan kapan sebaiknya jual.

Saya jelas ikut seperti rekomendasi yang ada.

Di sela-sela kesibukan di kantor saya menyiapkan diri untuk membeli saham di waktu sore dan menjual saham di pagi hari atau pas opening. Hasilnya ZONK.

Saya cuma 1x ikut skema itu dengan membeli saham GMFI dan hasilnya telat jual di pagi hari. OK gpp saya tidak akan menyalahkan grup juga lha wong saya ikut juga dengan kesadaran diri sendiri, yang klik tombol buy n sell juga saya sendiri ngapain menyalahkan orang lain.

Grup terakhir alias grup C.

Grup ini sedikit memberikan edukasi tentang RUPS, Cumdate dan Exdate alias berdiskusi tidak jauh-jauh dengan corporate action perusahaan.

Dan dari CA ini yang jelas ditunggu adalah dividen.

Saya terjun dan lumayan lama sambil terus mengamati detail saham X bagi dividen sekian, cumdate tanggal sekian dan exdate tanggal sekian.

Hasilnya adalah 3x ZONK karena benar-benar tidak paham konsep dividen ini.

Pernah pas liburan idul fitri ada info saham INDS mau membagikan dividen dengan cumdate hari pertama masuk setelah lebaran. Tau akibatnya setelah masuk hari pertama langsung gas-gas top up dan beli sahamnya. Hasilnya tidak sesuai harapan

Muncul saham fenomenal yang sudah sering saya tulis di web ini yaitu MERK. Awalnya diinformasikan bahwa dividen yang akan dibagikan sebesar Rp 3000 dengan harga saham 4000an juga (kalo tidak salah). Sangat menarik kan.

Tapi saat mau cumdate diubah dividen hanya sebesar Rp 2600 dan saya beli sahamnya di harga Rp 7000an karena naik tinggi sekali. Hasilnya setelah cumdate alias exdate saya cutloss dengan besaran kerugian sama dengan dividen yang diberikan.

Dan terakhir adalah saham BSSR. Kalian bisa baca cerita saham BSSR disini Pengalaman Triple Kill Beli Saham BSSR. Hari Ini Masih Minus 20%

Itulah sekelumit perjalanan saya dalam ikut grup-grup.Baca disini ya Jangan Serahkan Uangmu “Sepenuhnya” Ke Grup Rekomendasi Saham

Be First to Comment

    Leave a Reply