Kamu Harus Mulai Menuliskan Pemasukan & Pengeluaran Keuanganmu. Lihat 5 Manfaat Yang Tidak Terduga | Its Time Press "Enter" to skip to content

Kamu Harus Mulai Menuliskan Pemasukan & Pengeluaran Keuanganmu. Lihat 5 Manfaat Yang Tidak Terduga

BIBIT

Suatu berkah bagi kalangan milenial adalah kemudahan untuk mendapatkan penghasilan dari sisi manapun. Contohnya bisa dari jualan online, menjadi selebgram, menjadi youtuber maupun layanan semisal jastip. Relatif mudah untuk mendapatkan pemasukan atau penghasilan tambahan.

Namun hukum alam berlaku. Jika sesuatu mudah didapatkan maka kemungkinan besar akan mudah mengeluarkan atau hilang. Dan di kehidupan milenial ini juga sama. Saat kemudahan mendapatkan penghasilan juga ternyata mudah untuk mengeluarkan uang.

Ada begitu banyak godaan seperti ecommerce, traveling, makan-makan atau kuliner, fashion dll.

Dari hukum alam inilah maka kalangan milenial sedikit banyak mempunyai kewajiban untuk mulai menuliskan pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Metode menuliskan pengeluaran ini bisa per bulan atau per minggu atau harian. Namun ITSTIME.ID merekomendasikan untuk menuliskan per hari karena apabila masih per minggu atau per bulan kemungkinan akan lupa.

Salah satu aplikasi android yang bisa kami rekomendasikan untuk menuliskan pemasukan dan pengeluaran adalah Catatan Keuangan Harian (Bisa Download Disini)

Tetapi sebenarnya apa saja sih manfaat kita untuk menuliskan pemasukan dan pengeluaran keuangan? ITSTIME.ID sudah merangkum berdasar pengalaman pribadi salah satu admin

1. Bisa mengetahui pos-pos pengeluaran kemana saja

Ini yang paling penting dari aktivitas menuliskan pemasukan dan pengeluaran. Memang untuk pemasukan umumnya bulanan sehingga tidak terlalu terlihat manfaatnya. Namun berbeda dengan pengeluaran.

Aktivitas kita ke toko ritel yang membeli cemilan atau snack atau sekedar beli softdrink jika tidak dicatat bisa menjadi boomerang pengeluaran. Kadang kita menganggap “Ah hanya Rp 10.000 atau ah hanya Rp 15.000. Uang bulanan di ATM masih banyak.” Padahal jika ditotal bisa saja anggaran ke toko ritel ini bisa menyedot 5% dari total pemasukan atau anggaran bulanan.

Hobi mager di rumah? Terus tanpa sadar lapar dan kemudian ambil smartphone trus ceki-ceki GoFood?

Ya kebiasaan anak milenial terutama anak twitter (Lord of Rebahan) yang rebahan sambil pesan GoFood merupakan bom waktu yang perlu diwaspadai secepatnya. Hobi makan ditambah mager ditambah GoFood merupakan perpaduan alami untuk menggemboskan dompet sebelum bulan berakhir.

Hobi nongki-nongki cantik di bintangbuck? Ya siap-siap pahitnya kopi juga akan membuat pahitnya dompet dan ATM.

2. Membantu otak untuk mengingat

Untuk manfaat ini sih memang tidak terlalu signifikan jika cuma 1 hari atau 2 hari. Tapi jika kalian mulai menerapkan metode menuliskan anggaran baik pengeluaran maupun pemasukan secara rutin harian maka akan membantu otak untuk tidak mikir atau membuat kerja otak lebih ringan.

3. Mengetahui jumlah total pengeluaran dan pemasukan

Setelah mengetahui anggaran keluar atau masuk kemana saja, maka kita bisa melihat totalan pengeluaran dan pemasukan per bulan.

4. Sarana untuk evaluasi baik pengeluaran maupun pemasukan

Jika kita sudah mengetahui tentang jumlah total uang masuk dan keluar tiap bulannya, maka kita bisa membuat evaluasi semisal anggaran kulineran bulan September mencapai 30%, maka di bulan Oktober anggaran kulineran bisa diturunkan menjadi hanya Rp 20% dan yang 10% bisa dialokasikan ke hal lain semisal menabung atau investasi.

Baca : Liat Hasilnya Jika Uang Kopi Kalian Dialihkan Sedikit Buat Menabung

5. Bisa membagi pos pemasukan dan pengeluaran

Jika kalian sudah mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran, maka kalian sudah mulai bisa membuat prioritas anggaran. Jangan sampai kalian nantinya terjebak menjadi Sandwich Generation

Baca : Tidak Membuat Prioritas Keuangan Saat Muda Menjadikan Kamu Terjebak Sandiwch Generation

Berikut ini contoh membagi pos pemasukan dan pengeluaran untuk menatap masa depan lebih baik secara keuangan

Sumber : https://www.instagram.com/zapfinance/?hl=enItulah 5 manfaat jika kalian rutin menuliskan anggaran baik pemasukan dan pengeluaran.

Oh ya jika kalian ingin mulai belajar investasi baik saham maupun reksadana bisa klik link di bawah

BELAJAR SAHAM BAGI PEMULA

BELAJAR REKSADANA BAGI PEMULA

BELAJAR INVESTASI EMAS BAGI PEMULA

(Visited 46 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply