Kenapa Ibu Hamil SEHARUSNYA Mengkonsumsi Tablet Atau Makanan Yang Mengandung Kalsium? | Its Time Press "Enter" to skip to content

Kenapa Ibu Hamil SEHARUSNYA Mengkonsumsi Tablet Atau Makanan Yang Mengandung Kalsium?

BIBIT

Jika kalian membaca artikel ini karena memang sedang hamil atau menanti buah hati, kami ucapkan selamat berbahagia ya.

Namun bagi yang membaca artikel ini sedang berusaha untuk mendapatkan buah hati, bisa sekalian membaca artikel di bawah ini

9 Tips Cara Cepat Hamil Dari Sebelum Pernikahan Sampai Sesudah Pernikahan

Kembali ke materi sesuai judul ya.

Banyak dari ibu-ibu yang hamil terutama yang sedang menjalani kehamilan pertama akan bertanya tentang kalsium atau tablet kalsium.

FUNGSI KALSIUM UNTUK IBU & JANIN

Sebenarnya apa sih fungsi kalsium di kehamilan ini. Fungsi kalsium bagi ibu hamil maupun janin yang dikandung sangat penting yaitu :

1. berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin,

2. bagi janin membantu mengembangkan jantung, saraf, dan otot yang kuat; dan untuk mengembangkan irama jantung dan kemampuan pembekuan darah yang normal

3. membantu agar otot janin berkembang dengan baik.

4. mengurangi risiko hipertensi dan preeklampsia (keracunan kehamilan).

Jika sang ibu tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan saat sedang hamil, maka bayi akan menyerap kalsium dari tulang sehingga dapat mengganggu kesehatan ibu sendiri di kemudian hari.

JUMLAH KALSIUM YANG DIBUTUHKAN

Setelah tahu tentang fungsi bagi ibu dan janin, maka kita sebagai calon ayah atau ibu juga harus mengetahui kadar jumlah kalsium yang dibutuhkan. Para ahli kesehatan menyarankan, kebutuhan kalsium ibu hamil sejumlah 1.000 – 1.400 miligram sehari atau lebih jelasnya bisa dikonsultasikan dengan dokter atau bidan.

Walaupun ibu hamil membutuhkan kalsium namun juga perlu diingat untuk tidak sampai berlebihan karena terlalu banyak mengkonsumsi kalsium bisa menyebabkan sembelit, meningkatkan risiko batu ginjal, dan menghambat penyerapan zat besi dan seng dari makanan untuk tubuh.

SUPLEMEN KALSIUM YANG BAIK

Di pelayanan kesehatan ada banyak sekali jenis atau suplemen kalsium. Suplemen kalsium tersedia dalam berbagai bentuk, yang paling umum ditemukan adalah kalsium karbonat dan kalsium sitrat yang paling mudah diserap oleh tubuh.

Kalsium karbonat mengandung paling banyak  kalsium, tetapi membutuhkan asam lambung ekstra untuk membantu melarutkan, jadi lebih baik dikonsumsi sambil makan. Sedangkan karena kalsium sitrat tidak memerlukan asam lambung untuk penyerapan, ia dapat dikonsumsi di sela-sela waktu makan dan merupakan pilihan yang baik jika Anda minum obat maag yang mengurangi asam lambung.

Selain itu, cari juga produk tablet yang bebas timah. Beberapa suplemen kalsium (seperti yang mengandung bone meal, dolomit, atau karang) dapat mengandung sedikit timah, yang berbahaya bagi pertumbuhan bayi Anda.

TANDA KEKURANGAN KALSIUM

Seperti yang telah dijelaskan di atas jika kelebihan kalsium ternyata berdampak tidak baik bagi ibu hamil. Dan ternyata jika kekurangan kalsium pun memiliki dampak yang perlu diwaspadai. Apa tanda seorang ibu hamil kekurangan kalsium :

1. Jadi pelupa

Wanita atau ibu hamil yang kekurangan kalsium mungkin akan menjadi pelupa dan menyebabkan ingatan menjadi lebih buruk.

2. Kram atau kejang otot

Bunda sering mengalami kram? Ternyata kram juga merupakan salah satu tanda kurang kalsium pada ibu hamil. Kekurangan kalsium dapat membuat otot-otot mengalami kram atau kejang, terutama ketika terjadi pertambahan berat badan dan ukuran perut yang semakin membesar.

Biasanya, anggota tubuh yang sering mengalami kram adalah pada bagian kaki, punggung, dan perut.

3. Kesemutan dan kebas

Selain kram otot, sensasi kebas atau kesemutan pada tangan dan kaki juga bisa berarti kebutuhan kalsium ibu hamil masih kurang.

Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan peredaran darah menjadi kurang lancar dalam tubuh, sehingga Anda akan merasakan sensasi kram, maupun kesemutan dan kebas.

4. Mood tidak stabil

Ketika seorang wanita hamil kekurangan kalsium, neurotransmitter (zat kimia pada otak) akan mengirimkan sinyal yang menyebabkan sakit kepala. Jika kondisi ini tak ditangani dengan baik, Bunda bisa lebih cepat merasa lelah.

Kelelahan yang berlebihan dapat memengaruhi suasana hati ibu hamil secara signifikan, mudah gelisah, dan stres.

5. Halusinasi

Yang paling parah, kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan wanita hamil mengalami halusinasi.

Namun untuk memastikannya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter karena halusinasi juga bisa merupakan salah satu tanda preeklampsia.

MAKANAN TINGGI KALSIUM

Perlu diketahui bahwa tubuh tidak bisa memproduksi kalsium sehingga kebutuhan kalsium perlu diperoleh lewat asupan, baik makanan maupun suplemen.

Ibu hamil disarankan untuk memperoleh 1000 sampai dengan 1400mg mg kalsium per hari. Jumlah ini setara 3 gelas susu ukuran 230 mL atau 4 porsi makanan yang kaya kalsium.

Berikut adalah beberapa makanan tinggi kalsium yang baik untuk ibu hamil:

  • Susu dan produk olahannya, termasuk keju, yoghurt, bahkan es krim.
  • Beragam sayuran hijau, seperti pakcoy, brokol, daun dandelion dan bayam.
  • Beberapa jenis seafood, misalnya udang.
  • Sajian dari kacang kedelai, seperti tahu dan edamame.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang almond, biji wijen, maupun buncis.
  • Produk sajian yang sudah diperkaya dengan kalsium, seperti roti, sereal, jus jeruk, dan oatmeal.
  • Susu yang dibuat dari kacang-kacangan, seperti susu almond, susu kedelai.
  • Rumput laut.
  • Kulit telur yang dihancurkan – kulit telur dapat direbus dalam air mendidih, kemudian digiling menjadi bubuk dan ditambahkan ke makanan dan/atau minuman.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu kalsium, berapa kebutuhan kalsium per hari untuk ibu hamil hingga makanan apa saja yang mengandung kalsium yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil agar kondisi kesehatan ibu hamil dan janin sehat dan bisa melahirkan dengan selamat.

Efek Samping, Tips Sehat, Dan Manfaat Makan Buah Mangga Buat Ibu Hamil

Sumber :

1. https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-dan-cara-memenuhi-kebutuhan-kalsium-untuk-ibu-hamil

2. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/osteoporosis/kenapa-ibu-hamil-sangat-perlu-kalsium/

3. https://id.theasianparent.com/kebutuhan-kalsium-ibu-hamil

4. https://www.honestdocs.id/

(Visited 17 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply