Kenapa Malu Menunjukkan Porto Yang Merah? – ITS TIME

Kenapa Malu Menunjukkan Porto Yang Merah?

Kalo teman-teman baca forum di Stockbit atau Facebook sering banget mendengar cacian tentang orang yang hobinya share profit saja, tidak pernah share pas floating loss.

“Ayo donk jangan hanya floating profit atau profitnya saja terus yang ditampilkan tapi kerugian dan floating lossnya juga ditampilkan”

Akhirnya ada beberapa user yang mempublish floating lossnya dan dipuji-puji bahwa mempublish floating loss adalah tindakan berani.

Apakah semuanya benar? Entahlah tapi yang jelas bahwa tidak mungkin kita tidak pernah floating loss. Floating loss hanyalah kondisi dimana harga saham yang kita miliki nilai turun dan kita rugi jika saham tersebut dijual.

Jika saham tersebut tidak dijual kita tidak mengalami apa-apa alias biasa saja.

Begitu juga sebaliknya bahwa floating profit itu hanyalah kenaikan harga saham yang tidak mempengaruhi jumlah modal kita selama kita tidak menjual.

Modal kita akan naik jika floating profit itu dijual dan kita menjadi profit.

Desember 2020 hingga Januari 2021 merasakan euforia yang sangat tinggi bahkan cenderung berbahaya ketika melihat portofolionya mengalami floating profit 25%. Bahkan ada beberapa saham yang FP di atas 50%. Sangat bangga.

Namun kebanggaan itu mulai memudar saat pertengahan Januari 2021. Beberapa saham yang FP di atas 50% perlahan mulai mengecil. Yang tadinya FP tipis-tipis kisaran 10% mulai merah.

Panik? Tidak. Disitulah ITSTIME.ID mulai merubah teknik investasi karena memang modalnya masih minim.

Ada 1 saham BSSR yang sejak beli hampir tidak pernah mengalami FP. Selalu floating loss karena salah dalam teknik membeli saham. Angkatan Maret 2020 BSSR FL hampir 50% alias merah membara. Saat semua bagger atau naik gila-gilaan BSSR milik ITSTIME.ID masih tetap merah 20%. Sudah FL non likuid lagi. Ambyar.

Tetapi karena pertimbangan bahwa saham tersebut masuk dalam saham belajar akhirnya dijual dengan kerugian sekitar 2jutaan.

Kuncinya hanya satu jika kalian ingin mengikuti seseorang.

Jika dia hanya terus membagikan profitnya mending dihindari atau ditanyakan berapa fl atau lossnya.

Jika tidak berani menjawab tinggalkan.

Dunia saham bukanlah dunia utopia yang hanya ada untung dan untung. Tetapi juga ada rugi dan rugi

Saat ini ITSTIME.ID sering membagikan tulisan tentang saham dan teknik-tekniknya yang benar-benar kami praktekkan dan jika ada yang bertanya tentang loss yang diderita jelas ITSTIME.ID akan membahasnya dengan senang hati.

Floating loss ditentukan oleh Market. Hati yang tenang selama floating loss ditentukan oleh kita.

Loss adalah saat kita memencet tombol sell dengan kesadaran diri sendiri

Leave a Reply