histats Press "Enter" to skip to content

LENGKAP : Kandungan, Manfaat, Tips Mengkonsumsi Dan Tips Memilih Jahe Merah

Editor : Ahmad Muttaqin

Artikel ini ditulis tanggal 11 Maret 2020. Dan saat ini sedang ada wabah penyakit bernama Corona atau Covid19 dan di Indonesia sendiri sudah ada 19 orang yang positif terkena penyakit ini. (1)

Dan sebelum merebak di Indonesia ada kabar bahwa salah satu penangkal dari virus Corona ini adalah jahe merah. Efek paling terasa adalah langsung adanya kenaikan harga dan jahe merah menjadi barang yang langka di pasaran.

Pertanyaannya adalah apakah benar jahe merah mempunyai manfaat sebagai penangkal virus corona?

Atau apa sebenarnya manfaat dan kandungan dari jahe merah itu sendiri?

ITSTIME.ID akan merangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Jahe merah yang mempunyai nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum ini cukup populer di berbagai belahan dunia. Berkat aroman dan kandungan yang ada, jahe merah kerap dijadikaan pengobatan alternatif di China, India, Timur Tengah, hingga Indonesia.

Tidak seperti jahe pada umumnya (jahe putih atau jahe emprit, jahe gajah atau jahe putih besar), jahe merah sesuai dengan namanya memiliki permukaan kulit berwarna merah karena kandungan antosianin pada kulitnya, saat dicicipi terasa lebih pedas dibanding jahe pada umumnya, dan ukuran dari jahe merah juga cenderung lebih kecil.

Berikut ini kandungan dari semua jahe pada umumnya dan jahe merah pada khususnya :

  • air,
  • serat,
  • karbohidrat,
  • protein,
  • lemak, vitamin (vitamin A, B1 tiamin, B3 niasin, C)
  • dan mineral (fosfor, kalsium, dan besi)
  • Enzim proteolitik
  • Zingibain
  • Minyak atsiri
  • Oleorosin
  • Gingerol
  • Fenolik

Sementara khusus untuk jahe merah, tanaman rimpang yang tampak kemerahan ini memiliki senyawa yang tak kalah bermanfaat untuk memelihara kesehatan. Berikut beberapa senyawa yang terkandung dalam jahe merah:

  • Shogaol
  • Gingerol
  • Zingeron
  • Capsaicin
  • Farnesene
  • Cineole
  • Caprylic acid
  • Aspartic
  • Linolenic acid
  • Gingerdione
  • Serat resin
  • Oleoresin
  • Minyak atsiri

Nah inilah hal yang menjadikan jahe merah menjadi barang langka dan berharga mahal minimal untuk saat ini yaitu manfaat jahe merah.

Ada sekitar 13 manfaat jahe merah bagi tubuh yang berhasil dirangkum oleh ITSTIME.ID

1. Meredakan Batuk

Yang menjadikan jahe merah bisa membantu meredakan batuk dan radang tenggorokan adalah sifat jahe merah yang hangat. Selain itu minyak atsiri dalam jahe merah bermanfaat untuk mengatasi sakit batuk, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

2. Meredakan Sakit Kepala

Anda sering merasa sakit kepala? Jika ya, cobalah rajin minum ramuan yang terbuat dari jahe merah.

Komposisi kamfena, rasa pedas dan efek hawa panas dari jahe merah sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri di kepala.

3. Mengatasi Rematik

Kandungan flavonoid yang ada dalam jahe merah mampu mengatasi penyakit rematik. Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit tersebut disebabkan oleh peradangan yang terjadi di persendian. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama, penderita penyakit ini akan merasakan kaku pada sendi karena terjadi pembengkakan.

Sebagai salah satu upayanya, penderita rematik dapat rutin mengonsumsinya karena mampu meredakan peradangan pada bagian tubuh atau sendi yang terkena rematik. Jadi, jahe merah dapat menjadi obat alternatif dan alami untuk mengobati rematik.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan dalam jahe merah sangat banyak dan sangat berguna untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat dalam darah akan menghambat aliran darah.

Dikutip dari jurnal di web Neliti, disebutkan bahwa pemberian jahe merah dengan dosis 3,2 ml/kg berat badan selama 21 hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan pada wanita dislipidemia.

5. Mengatasi Peradangan

Manfaat jahe merah juga bisa membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Penelitian yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology juga membuktikan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti nyeri otot. Salah satu penelitian bahkan menyebut bahwa jahe lebih efektif mengurangi peradangan di dalam tubuh ketimbang obat antiinfalamsi non streoid (NSAID).

Hal ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe merah seperti gingerol, gingedione dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

6. Sebagai Antioksidan

Komponen Oleoresin yaitu gingerol, shogaol dan resin berpotensi sebagai antioksidan.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menetralisir radikal bebas agar tidak berkembang dan menjadi berbahaya bagi tubuh. (Sumber)

7. Membantu Menurunkan Berat badan & cocok Dijadikan Konsumsi Rutin Saat Diet

Manfaat jahe merah untuk diet ini bisa Anda dapatkan dengan meminum air jahe merah secara teratur. Jahe merah dapat membantu membakar lemak di perut dan mengurangi nafsu makan.

Meski sangat bermanfaat, tetapi perlu dicatat bahwa penderita tukak lambung akut tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya, karena dapat menyebabkan sensasi terbakar dalam pencernaan.

Begitupun bagi Anda yang menderita heartburn, karena terlalu banyak minum air jahe merah dapat memperburuk rasa sakit.

8. Meredakan Mual

Jahe memiliki rasa yang sedikit pedas dengan wangi khas. Jahe merah dapat membantu meredakan mual. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah.

Jahe juga bisa mengurangi efek mual yang diakibatkan dari efek samping operasi, kemoterapi dan kehamilan (morning sickness).

9. Meredakan Nyeri

Gingerol dan fenol merupakan senyawa kimia yang terkandung dalam jahe merah. Kandungan ini bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut karena menstruasi serta nyeri otot setelah berolahraga.

10. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Manfaat jahe merah untuk wanita berkaitan erat dengan reproduksi. Jahe merah mengandung L-arginine yang memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah kita di dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung bisa membantu pasokan oksigen ke rahim dan ovarium sebagai tempat sel telur diproduksi.

11. Meningkatkan kesuburan pria

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta menemukan bahwa minyak atsiri jahe merah memiliki efek afrodisiak. Meski begitu, efek aprodisiak minyak atsiri jahe merah masih lebih kecil dibanding dengan pasak bumi.

Afrodisiak sendiri merupakan zat kimia yang digunakan merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Apabila sirkulasi darah meningkat, maka kemungkinan aliran darah di daerah lemin juga meningkat. Alhasil, pria pun memungkinkan untuk mengalami ereksi.

12. Meredakan dan mengobati Asma atau Sesak Napas

Khasiat jahe merah yang terakhir adalah meredakan dan mengobati penyakit asma atau sesak napas. Memiliki kandungan minyak atsiri sangat tinggi, jahe merah dapat menjadi sahabat terbaik bagi penderita penyakit pernapasan tersebut.

Bagi yang belum tahu, kandungan minyak atsiri pada jahe merah mampu melegakan saluran pernapasan. Kandungan tersebutlah yang dapat menyembuhkan gangguan pernapasan, seperti sesak napas atau asma.

Dikutip dari website https://doktersehat.com, kalian bisa mengonsumsi jahe merah seperti cara lain pada umumnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan bila ingin mengonsumsi jahe merah:

  • Mengonsumsi jahe merah muda secara langsung.
  • Mengonsumsi jahe merah segar yang dihaluskan untuk bumbu masakan maupun bahan utama minuman rempah alami.
  • Memilih jahe merah kering atau bubuk yang untuk diseduh atau dibuat campuran minuman.
  • Mengonsumsi minyak jahe merah, dengan takaran dan cara penggunaan yang tepat.
  • Hindari menambahkan banyak gula atau pemanis buatan pada minuman jahe karena bisa mengganggu penyerapan zat antioksidan yang ada pada jahe.
  • Konsumsi secukupnya, batasi konsumsi jahe paling banyak 1 sampai 2 ruas ibu jari atau setengah atau 1 sendok makan bubuk jahe merah dalam satu hari.

Sedangkan berikut ini tips memilih jahe merah yang terbaik (dilansir dari https://hellosehat.com)

  • Jahe yang berkualitas memiliki kulit mengkilap dan bertekstur halus.
  • Jahe merah yang sudah tua memiliki daging yang berat dan tebal. Jika daging buah rempah ini terasa lunak dan berwarna kehitaman, itu artinya jahe sudah busuk.
  • Hindari jahe merah yang sudah mengkerut, karena artinya sudah tak segar lagi.
  • Simpanlah jahe merah di tempat yang kedap udara.

Itulah rangkuman pembahasan tentang jahe merah dari mulai kandungan jahe merah, manfaat jahe merah, tips mengkonsumsi jahe merah hingga tips memilih jahe merah yang terbaik.

Meski ada berbagai kemungkinan manfaat jahe merah seperti telah dikemukakan di atas, namun perlu diingat,khusus penggunaan jahe merah untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Sumber :

1. https://experience.arcgis.com/

2. https://doktersehat.com

3. https://www.cermati.com

4. https://www.bola.com/

5. http://deltomed.id

6. https://www.neliti.com

7. https://www.alodokter.com

8. https://food.detik.com

9. https://hellosehat.com

(Visited 79 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.