histats Press "Enter" to skip to content

(LENGKAP) Pembahasan Wortel : Kandungan Gizi, Manfaat, Bahaya dan Olahan Masakan

Editor : Ahmad Muttaqin

Wortel merupakan salah satu sayuran yang ikonik karena hampir semua orang tahu bahwa wortel mempunyai vitamin A yang bagus untuk mata. Selain itu wortel ini juga lekat dengan hewan kelinci.

ITSTIME.ID merangkum secara lengkap tentang sejarah wortel, kandungan gizi wortel, manfaat wortel hingga olahan makanan berbasis wortel.

SEJARAH WORTEL

Sejak ribuan tahun yang lalu wortel sudah dikenal oleh manusia dan di abad ke 10 wortel mulai dibudidayakan di Afghanistan. Saat itu, wortel tumbuh dengan warna ungu (dengan bagian tengah berwarna kuning) dan warna putih.

Seiring berjalannya waktu, wortel berwarna ungu bermutasi (mengalami perubahan) dan menghasilkan wortel lain yang berwarna merah dan hitam. Wortel putih juga mengalami mutasi (perubahan) dan menghasilkan wortel berwarna kuning dan oranye.

Wortel berwarna ungu, hitam, dan merah disebut Daucus carota atrorubens dan disebut wortel dari timur. Kalau wortel yang berwarna oranye, kuning, dan putih disebut Daucus carota sativus dan disebut wortel dari Barat.

Adapun warna lain dari wortel yaitu ungu kehitaman, putih, kuning, oranye, dan merah seperti buah bit.

Sumber : https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2018/04/19/carrot-5ad7f3165e13731096017e44.jpg

KANDUNGAN GIZI

Banyak dari kita sudah tahu tentang wortel yang mengandung vitamin A yang berguna untuk mata.

Namun sebenarnya ada banyak kandungan gizi lainnya dari wortel ini. Berikut kandungan gizi dari wortel yang ITSTIME.ID kutip dari https://ilmupengetahuanumum.com/ :

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 41kal
Karbohidrat 9,6g
Air 88%
Protein 0,9g
Gula 4,7g
Serat 2,8g
Lemak 0,2g
Vitamin A 835µg 93%
Vitamin C 5,9mg 7%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,66mg 4%
Vitamin K 13,2µg 11%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,06mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,98mg 6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,27mg 5%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,14mg 11%
Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
Vitamin B12 0µg
Cholin 8,8mg 2%
Kalsium 33mg 3%
Zat Besi 0,3mg 4%
Magnesium 12mg 3%
Fosfor 35mg 5%
Potassium (Kalium) 320mg 7%
Sodium 69mg 5%
Seng (Zinc) 0,24mg 2%
Tembaga (Copper) 0,05mg 5%
Manganese 0,14mg 6%
Selenium 0,1µg 0%

Wortel memiliki banyak jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh, di antaranya:

  • Beta karoten. Wortel yang berwarna oranye sangat tinggi kandungan beta karotennya. Proses penyerapannya oleh tubuh akan lebih baik jika wortel dimasak.
  • Alpha karoten.  Selain beta karoten, umbi dengan beragam warna ini juga mengandung antioksidan dari vitamin A berupa alpha karoten.
  • Lutein. Wortel yang berwarna kuning, putih, dan kekuningan sangat banyak mengandung lutein. Ini merupak antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.
  • Lycopene dan antosianin. Sayuran dan buah yang berwarna merah memiliki banyak lycopene dan antisionin, termasuk wortel merah dan ungu.  Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan jantung.
  • Polyacetylenes: Penelitian terbaru telah mengidentifikasi senyawa bioaktif dalam wortel yang dapat membantu melindungi kesehatan sel darah.

MANFAAT WORTEL

Berikut ini beberapa manfaat wortel bagi kita yaitu :

1.Kesehatan Mata

Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A.

Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

2. Kolesterol

Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS.

Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

3. Kanker

Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, dia menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru.

Ternyata, selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 – 5 kali lipat.

4. Sembelit

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

5. Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukan bahwa Karotenoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Karotenoid adalah golongan senyawa kimia organik bernutrisi yang terdapat pada pigmen alami tumbuhan dan hewan. Kandungan Beta-Karoten, Alpha-Karoten dan Lutein yang terdapat pada Wortel yang merupakan anggota dari Keluarga Karatenoid.

6. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A yang terkandung dalam Wortel dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi serta warna kulit yang tidak rata. Selain pada kulit, Kekurangan Vitamin A akan mengakibatkan kekeringan pada rambut dan kuku.

7. Memperlambat Penuaan

Tingginya Beta-karoten pada wortel berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga membantu memperlambat penuaan.

8. Meningkatkan sistem imun

Lemahnya sistem imun membuat Anda rentan terkena berbagai infeksi, misalnya flu dan pilek. Meski bukan termasuk penyakit yang berbahaya, flu dan pilek bisa melumpuhkan aktivitas Anda jika gejala yang Anda alami cukup parah. Biasanya, Anda harus rehat selama satu atau dua hari di rumah supaya sistem imun kembali jadi kuat untuk melawan infeksi.

Wortel bukan hanya dikenal dengan vitamin A saja, tapi juga vitamin C. Jika Anda termasuk orang yang mudah tertular dengan flu atau pilek, sebaiknya perbanyak makan wortel. Vitamin C dari wortel dapat mendukung sistem imun jadi lebih kuat.

CARA MEMILIH WORTEL

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbelanja wortel di pasar atau supermarket. Pilihlah wortel dengan warna oranye terang karena memiliki banyak kandungan beta karoten.

Selain itu, periksa penampilan akarnya. Akar wortel yang berkualitas tinggi adalah yang halus, kuat, dan berwarna terang. Hindari memilih wortel yang bercabang, retak, atau layu.

Warna gelap pada ujung batang wortel juga merupakan tanda bahwa wortel sudah tua dan tidak boleh dikonsumsi.

BAHAYA WORTEL

Meskipun wortel memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan, namun mengonsumsi wortel secara berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang disebut carotoderma.

Carotoderma adalah kondisi dimana telapak tangan atau bagian kulit yang lain berwarna oranye atau kuning karena tingginya kadar karoten dalam darah.

Mengurangi asupan wortel merupakan cara terbaik untuk menghilangkan carotoderma. Jadi, pastikan untuk tidak berlebihan saat mengonsumsi wortel.

Selain itu, perhatikan pula asupan vitamin A yang terkandung di dalamnya. Kelebihan vitamin ini di dalam tubuh bisa menyebabkan keracunan. Apalagi jika Anda menggunakan obat-obatan yang berbasis vitamin A, seperti  isotretinoin (Roaccutane) untuk jerawat atau acitretin untuk psoriasis. Jika asupan wortel Anda tidak diperhatikan, overdosis vitamin A bisa terjadi.

Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi wortel. Pasalnya, makanan ini juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang dengan serbuk sari. Bukan hanya kulit gatal, alergi wortel juga bisa menimbulkan gejala tidak menyenangkan lainnya, seperti pembengkakan tenggorokan, lidah, wajah, dan masalah pencernaan.

MASAKAN DARI WORTEL

Sumber :

1. https://bobo.grid.id

2. https://www.beritaunik.net/unik-aneh/sejarah-unik-wortel.html

3. https://www.amazine.co

4. https://id.wikipedia.org/wiki/Wortel

5. https://ilmupengetahuanumum.com

6. https://www.halodoc.com/artikel/selain-kaya-serat-ini-4-kandungan-dalam-wortel

7. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-wortel-bagi-tubuh/

8. https://cdn1.medicalnewstoday.com (Featured image)

Artikel Yang WAJIB Dibaca Juga
(Visited 9 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.