histats Press "Enter" to skip to content

LENGKAP Tata Cara Tayamum, Doa Indonesia, Arab Dan Artinya

Editor : Ahmad Muttaqin

Bagi masyarakat Indonesia, kegiatan tayamum mungkin jarang dilakukan karena memang persediaan air untuk berwudhu relatif banyak.

Namun disini ITSTIME.ID tidak akan membahas tentang syarat tayamum karena ditakutkan memang ada banyak perbedaan pendapat.

Disini ITSTIME.ID akan merangkum pembahasan tentang tata cara tayamum saja beserta doa dalam bahasa Indonesia dan Arab serta artinya.

1. Bersuci dengan cara bertayamum harus dilakukan setelah masuk waktu shalat.

2. Siapkan tanah berdebu yang bersih, suci dan lembut. Artinya, tidak basah, tidak bercampur tepung, kapur, batu, dan kotoran lainnya.

Ulama memperbolehkan menggunakan debu yang berada di tembok, kaca, atau tempat lain yang dirasa bersih.

Apabila Anda sedang dalam perjalanan baik di mobil atau bus atau pesawat, bisa dengan jendela yang bersih.

Dan ketika posisi Anda berada di kamar, pilih dinding berdebu yang sekiranya bersih dari kotoran cicak.

3. Kemudian menghadap kiblat, ucapkan basmalah. Letakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan.

Lalu usapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah Anda, disertai membaca niat dalam hati. Salah satu bacaan niat tayamum :

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

NAWAITUT TAYAMMUMA LISSTIBAAHATISH SHALAATI LILLAAHI TAAALAA.

Artinya: Aku niat melakukan tayamum agar dapat mengerjakan shalat fardlu karena Allah taala.

Niat di atas apabila ingin mengerjakan sholat. Lain jika ingin melakukan ibadah lain, seperti membaca Al-Qur’an atau lainnya. Maka niatnya diganti sesuai dengan tujuan bersuci

Tayamum berbeda dengan wudhu, tidak disyaratkan mengusap pada bagian-bagian yang ada di bawah rambut atau bulu wajah, baik yang tipis maupun tebal. Terpenting meratakan debu pada seluruh bagian wajah.

4. Selanjutnya, letakkan lagi telapak tangan pada debu, sebaiknya di tempat yang berbeda dari letak yang pertama tadi. Kali ini jari-jari direnggangkan, jika ada cincin pada jari dilepas dulu sementara.

5. Tempelkan telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan, hingga ujung-ujung jari salah satu tangan tidak melebihi ujung jari telunjuk dari tangan yang lain.

6. Usapkan telapak tangan kiri ke punggung lengan kanan sampai ke bagian siku. Lalu, balikkan telapak tangan kiri tersebut ke bagian dalam lengan kanan, kemudan usapkan hingga ke bagian pergelangan.

7. Terakhir, usapkan bagian jempol kiri ke bagian punggung jempol kanan. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada tangan kiri.

8. Pertemukan kedua telapak tangan dan usap-usapkan di antara jari-jari.

Setelah selesai tayamum membaca doa seperti bacaan doa setelah wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wandahuu Laa. Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhuuwa Rosuuluhuu, Alloohummaj’alnii Minat Tawwaabiina Waj’alnii Minal Mutathohhiriin Waj’alnii min ‘ibadikasshoolihin.

Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh.

Sumber :

1. https://www.merdeka.com/trending/cara-tayamum-dan-doanya-lengkap-dengan-arti-serta-sebab-dibolehkan-tayamum-di-mobil-kln.html

2. https://news.detik.com/berita/d-4702302/begini-tata-cara-tayamum-yang-benar-dan-doanya

3. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3903454/cara-bertayamum-yang-benar-berserta-niat-dan-doanya

4. https://tirto.id/tata-cara-melaksanakan-tayamum-dan-syaratnya-ec6W

5. https://darunnajah.com (Featured image)

(Visited 62 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.