LENGKAP : Yuk Mengenal Tentang Baby Spa Lebih Mendalam

Kalo ayah atau bunda sedang membaca artikel ini kemungkinan kalian baru saja memiliki baby berusia sekitar 2 bulan hingga 6 bulanan.

Hehehe…Semoga tebakan ITSTIME.ID bener ya

Kali ini memang ITSTIME.ID akan merangkum secara lengkap tentang baby spa. Sumber di akhir artikel ya

Apa pengertian Baby Spa?

Spa merupakan akronim dari Sanitas Per Aqua yang berarti salah satu perawatan tubuh yang menggunakan air sebagai medianya atau air bagi kesehatan tubuh. Dapat  disimpulkan bahwa spa merupakan sebuah terapi yang dilakukan dengan cara mandi ataupun berendam.

Konsep Baby Spa sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, tetapi masih menggunakan cara atau metode yang tradisional.

Mereka melakukan perawatan pada bayi dengan menggunakan air hangat, kemudian di pijat dan biasanya dilakukan oleh dukun bayi. Sedangkan pada zaman sekarang, bedanya bayi berenang di kolam yang sudah disediakan di pusat-pusat baby spa atau klinik.

Apa saja kegiatan dalam Baby Spa?

Umumnya, baby spa terdiri dari dua komponen.

Pertama adalah hidroterapi, yaitu meletakkan bayi di kolam kecil sembari mengenakan alat apung berbentuk donat di sekeliling leher mereka. Durasi hidroterapi bervariasi rata-rata selama 20 menit.

Hidroterapi atau terapi air pada bayi dilakukan dengan cara mengajak bayi berendam di dalam bak air yang memiliki suhu hangat, antara 35-36 derajat Celcius.

Pada bayi, terapi ini bertujuan untuk memberikan kesenangan dan mempererat ikatan antara bayi dengan orang tua. Dalam terapi air, bayi tidak diajarkan cara berenang, tetapi dibiarkan untuk menggerakkan lengan dan tungkainya dengan bebas.

Terapi air tidak hanya sekedar perawatan spa yang menyenangkan, tetapi juga bisa membawa manfaat. Sebuah penelitian menyatakan bahwa bayi prematur yang melakukan terapi air memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan terlihat lebih rileks.

Walau masih memerlukan penelitian lebih lanjut, terapi air bisa membantu bayi untuk menggerakkan lengan dan tungkainya, meregangkan otot, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Yang kedua dari baby spa adalah neonatal massage, yaitu memberikan pijatan pada bayi.

Pijat bisa dilakukan oleh orangtua didampingi instruktur bersertifikasi, atau dilakukan oleh terapis khusus. Pijatan dilakukan secara perlahan dan lembut ke titik-titik khusus. Harapannya, pijatan ini dapat menjadi stimulasi sistem pencernaan bayi dan membawa manfaat baby spa lainnya.

Apa manfaat Baby Spa?

Dalam suatu kegiatan pasti yang akan diambil adalah manfaat apa yang bisa kita peroleh. Begitu juga dengan Baby Spa. Apa saja manfaat apabila buah hati kita melakukan Baby Spa :

1. Membuat badan bayi terasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

2. Pijat juga akan sangat bermanfaat ketika bayi sedang tumbuh gigi (teething) karena efek relaksasinya dapat membantu meredakan rasa nyeri yang dialami si kecil.

3. Membantu melancarkan pencernaan si kecil sehingga dia terhindar dari masalah perut kembung atau sembelit.

4. Membantu merangsang perkembangan motorik bayi, sekaligus merangsang pertumbuhan bayi yang lahir prematur.

5. Melancarkan peredaran darah pada bayi

6. Meningkatkan kualitas tidur

7. Memperbaiki sistem pernafasan

8. Meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi

9. Melatih keberanian bayi sekaligus membantunya beradaptasi di lingkungan baru

Kapan sebaiknya membawa bayi ke Baby Spa?

1. Usia minimal bayi untuk baby spa adalah 2-6 bulan karena diusia tersebut kepala bayi sudah kuat dan tegak.

2. Bayi sudah memiliki berat badan minimal 5 kg.

3. Pada saat pergi ke baby spa, pastikan bukan jam tidur.

4. Pilih jadwal pemijatan 1 jam setelah makan atau minum susu.

5. Bila saat akan melakukan baby spa, bayi bunda tertidur, tunggu sampai ia bangun. Hindari membangunkan karena bisa membuatnya trauma atau kaget dan membuat kualitas tidur menjadi berkurang.

6. Bila Bunda sudah menjadwalkan untuk baby spa tetapi ternyata bayi dalam kondisi kurang sehat, sebaiknya Bunda mencari tahu terlebih dahulu penyebab sakitnya, karena tidak semua pemijatan dapat membuat bayi menjadi lebih rileks.

7. Amati dan kenali posisi yang nyaman pada bayi saat ingin dipijat. Jika buah hati tidak dalam posisi tubuh yang nyaman, hal itu akan membuatnya cepat bosan. Tidak semua bayi mau menerima untuk dipijat setiap saat.

8. Pastikan Bunda dan Ayah mempunyai waktu yang cukup untuk menemani baby spa karena ada kemungkinan memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Bila terburu-buru, hal ini bisa memengaruhi rasa nyaman.

9. Jadwalkan untuk baby spa minimal satu bulan sekali atau bila memungkinkan seminggu sekali.

Apa saja yang harus diperhatikan sebelum Baby Spa?

1. Keadaan bayi harus kenyang dan juga tidak sedang mengantuk ketika akan melakukan baby spa.

Jika lapar dan mengantuk, bayi Anda tidak akan menikmati spa dan menganggap sesuatu yang tidak menyenangkan baginya. Bayi akan menangis dan juga rewel jika dipaksa melakukan baby spa.

2. Memilih pusat baby spa yang terbaik mulai dari penyaringan air kolam, bahan kimia apa yang digunakan di dalam kolam serta metode lainnya dalam melakukan spa pada bayi Anda. Hal ini dikarenakan tubuh bayi masih belum kebal terhadap virus, bakteri, kuman serta zat kimia lainnya.

3. Lebih baik Anda melakukan baby spa dengan bayi yang orangtuanya dekat dengan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui riwayat pada bayi tersebut. Hal ini untuk menghindari kemungkinan penyakit menular saat berendam di dalam kolam.

4. Perhatikan apakah bayi Anda siap untuk melakukan baby spa.

Hal ini dikarenakan setiap bayi memiliki perkembangan dan sistem imun yang berbeda-beda. Apakah memang bayi Anda sudah siap secara fisik ataupun mental saat akan melakukan baby spa.

5. Sebaiknya hindari mengajak bayi ke baby spa di akhir pekan. Karena biasanya antrian saat weekend lebih banyak, sehingga dikhawatirkan bayi akan merasa bosan dan rewel sebelum rangkaian spa dimulai.

6. Jangan lupa membawa minyak telon atau baby lotion. Beberapa baby spa memang menyediakan perlengkapan bayi, namun belum tentu cocok dengan kulit bayi mama.

Tips memilih Baby Spa

1. Mengantongi sertifikat

Pilih tempat spa bayi yang memiliki tenaga terapis bersertifikat dan sudah terlatih. Tempat spa yang memiliki terapis bersertifikat dan terlatih akan membuat Bunda lebih tenang untuk mempercayakan perawatan Si Kecil.

2. Memiliki fasilitas dan suasana yang nyaman

Tempat spa dengan fasilitas dan suasana yang nyaman akan membuat Bunda dan Si Kecil juga merasa betah berada di sana untuk melakukan perawatan spa.

3. Menggunakan produk yang aman

Pastikan produk dan peralatan yang digunakan oleh tempat spa bayi adalah produk yang aman bagi bayi. Bunda bisa menanyakannya kepada pegawai yang bertugas di spa.

Sumber:

1. https://bidanku.com/14-manfaat-baby-spa-untuk-perkembangan-bayi-yang-wajib-kamu-ketahui

2. https://www.johnsonsbaby.co.id/manfaat-dan-cara-pijat-baby-spa

3. https://www.mybaby.co.id/read/tumbuh-kembang-balita/kapan-waktu-yang-tepat-mengajak-si-kecil-ke-baby-spa

4. https://www.popmama.com/baby/0-6-months/astri-diana/manfaat-dan-tips-perawatan-bayi-di-baby-spa/3

5. https://www.sehatq.com/artikel/semakin-populer-apa-saja-manfaat-baby-spa

6. https://www.alodokter.com/manfaat-spa-bayi-untuk-tumbuh-kembang-si-kecil

(Visited 21 times, 2 visits today)

Related posts

Leave a Reply