Manfaat Air Kelapa Muda (Degan) Untuk Ibu Hamil

Sumber : https://www.honestdocs.id

Editor : Ahmad Muttaqin

Sebelumnya ITSTIME.ID ingin mengucapkan selamat kepada pembaca artikel ini.

Read More

Kok selamat? Ya, karena kemungkinan besar seseorang yang membaca artikel ini istrinya sedang mengandung.

Yuk lanjut ke pembahasan sesuai judul ya.

Bagi ibu hamil ada beberapa makanan yang memang menjadi pantangan selama kehamilan karena bisa berefek untuk ibunya, kandungan atau bayinya atau keduanya.

Tetapi adapula makanan atau minuman yang justru direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya yaitu air kelapa muda atau air degan.

Berikut beberapa manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil yang ITSTIME.ID rangkum dari berbagai sumber :

1. Air kelapa sebagai antioksidan

Air kelapa mengandung elektrolit, minum air kelapa bisa mengganti asupan elektrolit yang terbuang saat muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness.

Saat ini kondisi lingkungan yang semakin buruk, polusi semakin memenuhi udara dimana-mana, maka antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh. Air kelapa pun mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah air kelapa segar, bukan air kelapa kemasan.

2. Air kelapa menjernihkan air ketuban

Selain mengandung elektrolit dan antioksidan, manfaat air kelapa bagi ibu hamil adalah membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih.

Kedua zat itu dapat menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban.

Jadi jika ada yang mengatakan minum air kelapa akan membuat kulit bayi putih, itu salah. Karena yang benar adalah air kelapa membuat air ketubannya menjadi bersih bukan kulit bayinya. Sedangkan untuk membuat rambut bayinya menjadi subur dan bagus, belum ada penelitiannya.

3. Air kelapa menjaga berat badan yang sehat

Air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil selanjutnya adalah menjaga berat badan yang sehat.

Saat kehamilan menambah berat badan ekstra ke tubuh Anda, air kelapa mencegah penimbunan lemak dengan menghilangkan kolesterol jahat. Ini adalah pengganti yang sangat baik untuk minuman gula dan membantu ibu dan janin yang sedang tumbuh agar sehat dan bugar.

4. Air kelapa mempercepat pertumbuhan janin

Air kelapa menawarkan semua nutrisi kepada ibu, penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya.

Oleh karena itu, meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan nutrisi yang tepat untuk bayi dalam kandungan.

5. Air kelapa meringankan mulas dan sembelit

Perubahan hormonal selama kehamilan menyebabkan beberapa masalah seperti sakit maag, sembelit, dan gangguan pencernaan.

Kandungan serat makanan yang kaya dalam air kelapa memperkuat sistem pencernaan, meningkatkan pencernaan, mengatur tingkat pH, dan mencegah konstipasi.

Air kelapa juga sebagai pencahar yang sangat baik. Ini meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh Anda. Air kelapa adalah penetral asam alami, dan oleh karena itu bisa mencegah mulas.

6. Air kelapa meningkatkan cairan amniotik

Minum air kelapa meningkatkan kesehatan dan lingkungan janin Anda secara keseluruhan. Minum air kelapa terutama pada trimester ketiga meningkatkan tingkat cairan ketuban dan meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

Dianjurkan kepada ibu hamil untuk meminum air kelapa hijau secara rutin sejak usia kehamilan mencapai 6 bulan sampai saatnya melahirkan.

7. Mencegah infeksi saluran kemih

Banyak ibu hamil yang mengeluh mengalami infeksi saluran kemih atau saluran kencing. Air kelapa adalah zat diuretik yang akan membuat ibu hamil bisa buang air kecil dengan lancar dan menghindarkan ibu hamil dari infeksi saluran kemih.

8. Mengurangi tubuh pegal, kelelahan dan dehidrasi

Tubuh yang pegal dan sering lelah bisa saja disebabkan karena aliran darah yang kurang lancar. Untuk ibu hamil, ada lagi manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang dapat diterapkan yaitu untuk mengurangi tubuh pegal-pegal. Air kelapa bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga rasa lelah dan pegal-pegal dapat dikurangi.

Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida.

9. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Penyakit sistem pencernaan seharusnya memang selalu dicegah karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika penyakit sistem pencernaan tersebut terjadi pada ibu hamil. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, ibu hamil dianjurkan untuk meminum air kelapa hijau secara rutin.

10. Mencegah berbagai macam penyakit

Telah dijelaskan di atas bahwa air kelapa adalah zat antioksidan alami yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung asam laurat yang bisa mencegah berbagai macam penyakit.

11. Kandungan magnesium, potasium, dan mineral lainnya membantu dalam peningkatan urin sehingga mengurangi risiko pembentukan batu di ginjal.

12. Air kelapa menghidrasi tubuh yang meningkatkan elastisitas kulit dan karenanya mengurangi stretch mark.

Walaupun memiliki manfaat yang banyak tetapi juga harus diingat beberapa hal berikut ya

  • Jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Meski enak dan mengandung banyak manfaat, jangan sampai air kelapa menggantikan air putih. Tetap saja air putih adalah minuman utama.
  • Pastikan air kelapa yang diminum berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar. Jika bisa, pastikan pemotongan kelapa dilakukan di depan Anda.
  • Upayakan untuk mengonsumsi air kelapa segera setelah dipotong agar lebih segar dan nutrisi di dalamnya masih utuh.
  • Ibu hamil tidak perlu memaksakan untuk mengonsumsi air kelapa jika tidak menyukai rasanya atau malah membuatnya tidak nyaman.

Meski ada berbagai kemungkinan manfaat air kelapa muda seperti telah dikemukakan di atas, namun perlu diingat,khusus penggunaan air kelapa muda untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Sumber :

1. https://doktersehat.com/pengaruh-air-kelapa-terhadap-kehamilan/

2. https://id.theasianparent.com/manfaat-air-kelapa-untuk-janin

3. https://www.alodokter.com/manfaat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil

4. https://www.honestdocs.id (Featured image)

(Visited 75 times, 1 visits today)

Related posts

Leave a Reply