Press "Enter" to skip to content

Manfaat Buah Naga Untuk Usus, Bayi Dan Ibu Hamil

Artikel ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Sumber bisa dilihat di akhir artikel.

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini yang mempunyai nama lain pitaya ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Nama buah naga merujuk pada buah-buah yang dapat dimakan dari tumbuhan jenis:

  • Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
  • Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
  • Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
  • Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Buah ini memiliki bentuk yang unik, di mana buahnya berbentuk lonjong berwarna merah muda atau kuning cerah, dengan jumbai-jumbai berwarna hijau yang dianalogikan dengan sisik naga. Ketika buah ini dipotong, Anda akan mendapatkan daging berwarna putih atau merah yang dilengkapi dengan biji-biji hitam yang bisa Anda makan juga.

Buah naga harus dibelah hingga daging buahnya terlihat ketika akan dikonsumsi.

Tekstur buahnya sering disamakan dengan buah kiwi karena bijinya yang hitam dan renyah. Daging buahnya terasa agak manis ketika dimakan dan memiliki kandungan kalori yang rendah.

Biji buah naga memiliki rasa pedas serta kaya akan lipid serta dimakan bersama dengan daging buahnya, tetapi bijinya harus dikunyah karena sulit dicerna oleh tubuh. Selain dimakan langsung, buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman seperti sup, salad, keripik, agar-agar, jus buah, bubur mutiara, dan sebagainya.

Sebelum membahas manfaat dan kandungan gizi yang melimpah, menarik untuk menemukan fakta-fakta unik yang belum banyak diketahui tentang buah naga:

  1. Buah naga tumbuh pada tanaman kaktus pitaya.
  2. Bunga tanaman pitaya hanya mekar selama satu malam per siklus buah.
  3. Satu tanaman kaktus pitaya mampu memproduksi hingga 10 kilogram (kg) buah naga setiap tahun!
  4. Hewan nokturnal seperti ngengat dan kelelawar adalah yang sangat berjasa dalam penyerbukan buah ini.
  5. Cara terbaik menikmati buah naga adalah dengan mendinginkannya terlebih dahulu.
  6. Disebut sebagai “Raja buah”, buah naga memiliki warna merah yang cerah dengan bentuk  menarik. Dagingnya berwarna   putih  atau  merah,  terasa  manis ,  dengan aroma  ringan. Tingkat  kemanisan    buah  naga  adalah 16-18 derajat briks, lebih baik dari  melon.
  7. Buah    naga    menyerap C02 di malam hari dan melepaskan  oksigen untuk membersihkan udara.

Kandungan Gizi Buah Naga

Ada banyak sekali kandungan gizi dalam buah naga yaitu :

– Kalori: 60

– Protein: 1,2 g

– Lemak

– Karbohidrat: 13 g

– Serat: 3 g

– Vitamin C: 3% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)

– Zat besi: 4% AKG

– Magnesium: 10% AKG

Vitamin B2 dan vitamin B3

– Vitamin A

Fosfor

– Kalsium

– Antioksidan

Manfaat buah naga untuk kesehatan :

1. Sumber Beberapa Jenis Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel-sel tubuh dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan penyakit kronis dan penuaan.

Yang menarik, buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan sekaligus. Yaitu betalains, hydroxycinnamates dan flavonoid.

Betalains berguna memerangi kolesterol jahat. Hydroxycinnamates bersifat antikanker. Sedangkan flavonoid berperan dalam kesehatan otak.

2. Menjaga kesehatan jantung

3. Menangkal Kanker

Pada umumnya buah berwarna merah memiliki kandungan lycopene pada dagingnya, sama seperti halnya pada buah naga. Kandungan lycopene pada buah naga telah terbukti dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya kandungan lycopene, antioksidan hytoalbumin juga mampu mencegah pembentukan radikal bebas karsinogenik pada tubuh. Serta membuang racun loga yang dapat mengakibatkan kanker.

4. Mencegah diabetes

Kandungan antioksidan pada buah naga juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk mencegah diabetes melitus.

Antioksidan mampu membunuh sel-sel jahat dari pola makan dan pola hidup tidak sehat. Selain itu, karena kadar gulanya sangat rendah membuat buah ini juga aman dikonsumsi penderita penyakit gula dalam jumlah yang tepat.

5. Menjaga kesehatan usus dan pencernaan 

Buah naga mengandung prebiotik yang merupakan sumber makanan untuk bakteri baik di dalam usus, khususnya untuk bakteri Lactobacilli dan Bifidobacteria. Kedua bakteri ini bermanfaat untuk membunuh virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit.

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Selain vitamin C, buah naga juga mengandung vitamin A. Kandungan vitamin ini menjadikan manfaat buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

7. Membantu membangun tulang

Buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi sehingga bisa membantu untuk perkembangan tulang. Termasuk kandungan fosfor yang dikombinasikan dengan senyawa fenolik dan flavonoid yang membantu menghasilkan kepadatan tulang yang baik dan

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain berfungsi untuk mencegah kanker, Lycopene juga memiliki fungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi dan mencegah serangan penyakit jantung.

Itu karena biji hitam para buah naga kaya akan nutrisi yang mampu mencegah gangguan pada sistem kardiovaskular.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil :

1. Mencegah Anemia selama Kehamilan

Pembentukan sel darah merah pada tubuh didukung melalui asupan zat besi. Buah naga adalah buah yang mengandung banyak zat besi.

Zat besi akan diubah menjadi sel darah merah, sehingga bermanfaat bagi wanita hamil yang cenderung mengalami anemia.

Hal ini juga sangat bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Karena janin membutuhkan oksigen dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan, sel darah merah memiliki peran penting dalam proses ini.

Edukasi LENGKAP Tentang Hemoglobin Bagi Ibu Hamil : Pengertian, Penyebab, Bahaya Hingga Pencegahan HB Rendah

Kenali Gejala, Tanda Dan Tindakan Kekurangan Zat Besi Pada Bayi

2. Sumber Folat

Salah satu zat penting yang terkandung dalam buah naga untuk ibu hamil adalah folat. Salah satu jasa folat bagi wanita hamil adalah membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf bayi.

Dengan demikian, kecukupan folat untuk wanita hamil sangat penting untuk diperhatikan dan buah naga adalah salah satu yang bisa diandalkan.

Asam Folat II : Apa Saja Makanan Yang Mengandung Asam Folat Dan Bagaimana Dosisnya?

3. Melindungi dan menjaga kesehatan sel

Kandungan vitamin C yang cukup banyak dalam buah naga sangat dibutuhkan oleh janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membantu membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah.

Vitamin ini juga membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, Anda harus tetap bijak dalam mengonsumsi vitamin C. Kelebihan vitamin C selama kehamilan bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.

4. Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan dan tiamin yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin. Selain itu, buah naga juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu tubuh menghasilkan energi, serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi.

5. Mengatasi sembelit

Mengutip Healthify, salah satu manfaat kesehatan terbesar buah naga adalah dapat meningkatkan kesehatan usus, yang dapat menghasilkan pencernaan yang sehat, Bunda. Buah naga kaya akan kandungan serat yang membantu merangsang pencernaan yang baik dan sehat. Per 100 gram buah naga mengandung sekitar 2,5 gram serat, yaitu 11 persen dari nilai harian (DV).

Dengan demikian, buah naga dapat menjadi sumber serat makanan yang baik serta dapat membantu meringankan sembelit. Memiliki serat makanan dapat membantu membuang racun dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Manfaat buah naga untuk kecantikan

1. Menghaluskan dan melembabkan kulit

Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, buah naga merah juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat di dalam buah naga merah dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut.

2. Mengurangi Jerawat

Jerawat yang timbul di wajah tentu akan mengganggu penampilan. Namun tak perlu khawatir, karena bisa diatasi dengan memanfaatkan khasiat buah naga merah.

Buah naga merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat berkhasiat dalam mencegah dan menghilangkan jerawat. Selain itu, buah naga merah juga bermanfaat untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat.

3. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari 

Selain mengurangi jerawat, manfaat buah naga juga dapat mengatasi luka kulit akibat berjemur. Kandungan buah naga yang tinggi akan vitamin B3 dapat melembapkan kulit yang terbakar.

4. Mengatasi Kerusakan Rambut

Buah naga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dengan baik. Buah ini juga dapat menghindari ujung rambut bercabang dan helaian rambut bisa tetap sehat, lembut, dan kuat. Semua itu didapat dari kandungan buah naga yang dapat menghidrasi rambut. Kolagen alami di dalamnya pun memberi perlindungan ekstra pada rambut.

Buah naga juga ramah terhadap rambut yang dicat atau dirawat dengan bahan kimia. Niacin yang terkandung di dalamnya membantu menutrisi rambut dan memperkuat folikel rambut.

5. Mengatasi Penuaan dini

Munculnya tanda penuaan dini tersebut dapat disebabkan karena pengaruh radikal bebas. Dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi serta vitamin E dan betakaroten, buah naga merah akan membantu kulit dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel.

6. Melindungi dari radikal bebas

Buah naga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi dari radikal bebas.  Warna merah pada buah naga merah merupakan kandungan fitokimia, yakni zat antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas, seperti polusi dan debu yang ada di sekitar lingkungan. Zat antioksidan ini juga berfungsi untuk membangun dan meningkatkan pertahanan sel kulit untuk selalu kuat dan sehat.

Tips Menyimpan Buah Naga

Buah naga bisa dikonsumsi langsung setelah dicuci bersih. Namun, Anda harus memotong dan memisahkan antara daging buah dan kulitnya. Jika ingin menyimpan buah naga lebih lama, Anda bisa mencoba mengikuti beberapa tips berikut:

  • Bungkus buah naga terlebih dahulu dengan kantong plastik sebelum menyimpannya di kulkas.
  • Hindari memotong buah naga jika tidak segera dihabiskan.
  • Jika Anda sudah terlanjur memotong buah naga namun tidak habis dimakan, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya atau simpan di dalam freezer.
  • Jangan mengonsumsi buah naga jika daging buah sudah berubah warna menjadi kecoklatan dan bertekstur lembek.

Meski buah naga memiliki segudang manfaat untuk tubuh, tidak semua orang bisa mengonsumsi buah ini.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu dan ragu apakah Anda boleh mengonsumsi buah naga atau tidak, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter untuk memastikannya. Begitu juga jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan rutin dari dokter.

Sumber :

1. https://id.wikipedia.org/

2. https://www.tokopedia.com/

3. https://www.alodokter.com

4. https://jabar.litbang.pertanian.go.id/

4. https://www.klikdokter.com/

5. https://www.merdeka.com/

6. https://id.theasianparent.com

7. https://www.alodokter.com/

8. https://www.haibunda.com/

9. https://sahabatnestle.co.id/

10. https://jovee.id/

Be First to Comment

    Leave a Reply