Press "Enter" to skip to content

Mau Buat Website? Siapkan Dulu Domain Dan Hostingnya

Editor : Ahmad Muttaqin

Jual beli online bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara di antaranya :

  • Langsung menggunakan Whatsapp
  • Menggunakan sosial media seperti Facebook maupun IG
  • Ikut di markeplace
  • Membuat website sendiri

Nah ITSTIME.ID akan membuat seri tentang bagaimana mengelola website sendiri baik untuk digunakan ajang selfie (website curhatan), sebagai blog (seperti ITSTIME.ID ini), untuk memajang portfolio (cocok nih buat para fotografer dll) maupun buat toko online.

Tapi sebelum kita jauh-jauh membahas tentang websitenya, kita perlu tau ada 2 hal yang dibutuhkan untuk membuat website.

  1. Domain
  2. Hosting

Domain secara bahasa gampangnya adalah nama yang akan dijadikan nama website kalian. Misal ada nama facebook.com, tokopedia.com ataupun itstime.id. Itu semua adalah domain.

Namun kalo menurut wikipedia, domain atau nama domain seperti berikut ini

Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Yang kedua adalah hosting. Secara gampangnya hosting adalah tempat kalian meletakkan file-file yang digunakan dalam website. Misal seperti kalian saat unggah foto di IG maupun FB, nah foto itu ditaruh di hosting.

Dikutip dari indowebsite.id pengertian hosting sebagai berikut

Hosting adalah layanan berbasis internet yang menyediakan sumber daya atau resource untuk disewakan sebagai tempat menyimpan data atau tempat menjalankan aplikasi atau website ditempat terpusat yang disebut dengan server sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Dari pengertian hosting diatas dapat disimpulkan bahwa hosting adalah ibarat sebuah rumah yang disewakan dengan ukuran tertentu dan setiap bangunan rumah pasti memiliki ukuran yang berbeda.

Paham to?

Nah berikutnya adalah domain dan hosting itu harus beli di layanan penjual web hosting. Dan ITSTIME.ID merekomendasikan Dracoola. Kenapa Dracoola? Karena sejak tahun 2015, kami (penulis) sudah menggunakan layanan Dracola dan yang paling enak adalah

  • customer servicenya yang sangat responsif baik melalui chat langsung maupun melalui tiket (istilah buat konsultasi yang sifatnya lebih teknis).
  • layanannya tidak pernah down (ini akan diketahui kalo kalian sudah membuat website ya)

Cara belinya bagaimana? Begini tutorial lengkapnya

1. Buka website Dracoola

2. Klik Domain, kemudian cek apakah nama domain yang diinginkan masih ada. (Kami menggunakan contoh itstime)

Ternyata nama itstime sudah digunakan di semua ekstensi domain. ITSTIME.ID mengganti dengan nama domain “contohdomain” dan ternyata masih ada yang bisa dibeli

3. Jika sudah menemukan langsung klik Lanjutkan. Nanti akan masuk ke halaman di bawah ini

Di halaman ini kalian bisa langsung klik Hosting untuk membeli hostingnya ya.

Pilih hosting sesuai kebutuhan kemudian klik Order

4. Jika sudah klik Order maka akan masuk ke halaman berikut dan pilih poin no 1 ya

Kemudian klik Selanjutnya dan masuk ke order pembayaran. Gampang kan

Yuk segera dibeli nama domainnya ya…Jangan sampe nama toko kerenmu sudah dibeli oleh orang lain.

Sumber :

1. https://pikopoint.net (Featured image)

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Nama_domain

3. https://www.indowebsite.id/hosting/

Artikel Yang WAJIB Dibaca Juga
(Visited 33 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply