histats Press "Enter" to skip to content

Mengapa Klinik Atau Klinik Gigi WAJIB Memiliki Website? Ini 9 Manfaat Yang Didapat

Editor : Ahmad Muttaqin

Dengan adanya teknologi dan terutama adanya Google menjadikan pola masyarakat berubah terutama pencarian sesuatu.

Dahulu seseorang jika ingin mencari rekomendasi cukup menanyakan ke teman atau keluarga yang memang sudah datang ke sebuah tempat (disini klinik dokter umum atau klinik gigi).

Tetapi sekarang semua menjadi lebih mudah dengan adanya Google.

Permasalahan muncul ketika sebuah klinik maupun klinik gigi tidak mempunyai website sebagia tempat untuk memberikan informasi yang cukup bagi masyarakat.

Disini akan dijelaskan lebih gamblang apa sih manfaat sebuah klinik atau klinik gigi ataupun klinik kecantikan memiliki sebuah website :

1. Sebagai media untuk memperkenalkan profil klinik dan layanan kesehatan.

Sebagian besar pasien akan mencari review dan informasi melalui internet sebelum memutuskan menggunakan layanan Anda. Mereka akan memeriksa profil dokter maupun dokter gigi mulai dari pendidikan, spesialisasi, pengalaman, dan sebagainya.

Dengan memiliki situs website, semua pertanyaan tersebut dapat terjawab dari profil yang disediakan. Melalui website ini, klinik bisa memberikan gambaran secara lengkap seperti layanan, profil dokter , jam praktek, peta lokasi, nomor yang dapat dihubungi, biaya yang kemungkinan dikeluarkan dll.

2. Memudahkan masyarakat untuk melakukan pemesanan atau booking secara online.

Salah satu kelemahan dari instansi kesehatan adalah adanya waktu antrian yang memang susah diprediksi apalagi bagi klinik gigi sehingga banyak pasien yang merasa kecewa.

Dengan membuat website bagi, klinik anda dapat menampilkan jam operasional klinik, jadwal konsultasi sekaligus memberikan kolom khusus untuk masyarakat yang ingin melakukan booking online.

Dengan adanya fitur booking online pada website, layanan kesehatan Anda akan terschedule dengan rapi dan masyarakat tinggal datang di waktu yang telah dipesan sebelumnya tanpa perlu repot mengantre.

3. Menarik minat pasien dengan galeri foto

Anda dapat menunjukkan kondisi klinik melalui galeri foto. Anda dapat memposting foto dokter, staff, kebersihan klinik, infrastruktur, peralatan yang digunakan, kegiatan atau acara klinik, dan lain-lain. Konten-konten visual seperti ini dapat menarik minat pasien baru untuk menggunakan layanan Anda.

4. Membangun kepercayaan pasien dengan testimoni

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan, pada umumnya pasien akan mencari review dari pasien yang lain. Dengan menampilkan testimoni pelanggan, Anda dapat membangun kepercayaan sehingga pasien memutuskan menggunakan layanan Anda. Testimoni juga akan membangun brand image yang positif untuk klinik yang Anda kelola.

5. Menjangkau target pasien yang lebih luas

Dengan memiliki website, klinik maupun klinik gigi jadi mepunyai target pasar yang lebih luas.

Pengalaman ini pernah diceritakan bahwa ada seorang pasien yang rela menempuh jarak berpuluh kilometer. Ketika ditanya oleh dokter yang merawat, ternyata pasien mengetahui klinik tersebut dari website yang ada di Google.

6. Menghemat Waktu

Ketika klinik mempunyai perubahan baik jadwal, dokter jaga, lokasi maupun biaya semua bisa diinfokan melalui website. Ini jauh lebih murah dan simpel dibanding dengan broadcast ke masing-masing pasien.

7. Sebagai media komunikasi dari rumah sakit ke rekanan.

Banyak rekanan yang membutuhkan klinik untuk melakukan kerjasama.

Sebagai contoh, perusahaan yang sedang melakukan rekrutmen besar-besaran tentunya membutuhkan klinik, rumah sakit atau laboratorium medis untuk melakukan medical check up untuk calon karyawannya. Pihak perusahaan tentu akan melakukan pencarian terlebih dahulu mengenai klinik, rumah sakit dan laboratorium mana yang paling mumpuni. Apabila mereka tertarik dengan layanan kesehatan dari Anda, tentu saja perusahaan tersebut akan langsung melakukan kerjasama dengan pelayanan yang Anda tawarkan.

8. Membuka peluang bagi supplier alat-alat kesehatan.

Memiliki klinik baik klinik umum maupun klinik gigi tentu membutuhkan kerjasama dengan beberapa supplier untuk memenuhi kebutuhan pelayanan.

Manfaat membuat website bagi klinik yaitu memudahkan supplier alat-alat kesehatan maupun distributor obat untuk memberikan penawarannya kepada rumah sakit maupun layanan kesehatan yang Anda kelola. Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari supplier dan tinggal menunggu supplier tersebut memberikan penawarannya kepada Anda.

9. Sebagai media branding dan promosi.

Manfaat membuat website lainnya yaitu dapat menampilkan profil instansi, visi-misi, layanan yang diberikan, jadwal konsultasi dan promo-promo tertentu misalnya. Dengan adanya website tentu dapat meningkatkan kredibilitas rumah sakit dan layanan kesehatan dalam kesungguhannya meningkatkan kualitas pelayanan.

Itulah 9 manfaat yang bisa diambil oleh klinik umum maupun klinik dokter gigi yang ingin membuat website.

1 hal yang pasti adalah siapa yang bisa menguasai teknologi dialah yang akan menjadi pemenang.

Sumber :

1. https://www.logique.co.id/

2. https://webpraktis.com

3. https://webhostmu.com

(Visited 10 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply