Press "Enter" to skip to content

Mengenal Teknik Pomodoro Biar Belajar/ Bekerja Kalian Tetap Fokus Namun Santai

Kalo kamu susah fokus saat belajar seperti

  • sedikit-sedikit melihat handphone,
  • sedikit-sedikit gerak-gerak yang tidak perlu
  • sedikit-sedikit istirahat

Eh tau-tahu sudah habis waktu banyak tapi merasa belum belajar kalian harus membaca artikel tentang teknik belajar yang satu ini.

Saat scroll Facebook, ada satu orang yang membahas tentang konsep belajar dimana ada waktu untuk belajar dan ada waktu untuk beristirahat. Konsep atau teknik tersebut adalah teknik pomodoro.

Arti pomodoro sendiri dalam bahasa Italia adalah tomat. Dan mengapa sebuah teknik belajar malah disebut menggunakan istilah tomat karena ceritanya berawal dari Francesco Cirillo sebagai penemu teknik ini.

Pomodoro adalah sebuah teknik belajar berdasarkan time management. Dulu, ketika dia awal-awal kuliah pada akhir tahun 1980, Francesco susah fokus belajar, sampai akhirnya dia menyadari bahwa dia harus belajar dengan interval waktu tertentu dan diselingi oleh waktu istirahat agar kondisi fisik maupun psikisnya bisa di refresh.

Jadi teknik belajar pomodoro adalah konsep manajemen belajar dengan mengkombinasikan antara waktu belajar dan waktu istirahat dengan disiplin dan fokus.

Sebagai contoh 25 menit. Setelah waktu habis, kamu diharuskan beristirahat, sekitar 5 menit. Lakukan cara ini sebanyak 4 babak. Setelah 4 babak tersebut diselesaikan, kalian dapat mengambil rehat lebih lama, misalnya 15 hingga 30 menit. Selang waktu yang digunakan ini dapat disesuaikan dengan ritme kamu masing-masing tentunya. Asal jangan sampai waktu istirahat kamu lebih panjang dari pada waktu fokus ya.

Sumber : https://rencanamu.id/post/review/teknik-pomodoro-teknik-belajar-yang-efektif-efisien-dan-bikin-kamu-jauh-lebih-fokus

Teknik Pomodoro efektif karena

  1. Berdasarkan penelitian oleh Jonathan Schooler, rata-rata setiap harinya pikiran orang-orang menghabiskan 15-20% dari waktunya untuk memikirkan hal lain selain pekerjaan, sehingga membuat pekerjaan menjadi susah selesai. Teknik Pomodoro ini akan sangat berguna, sebab dapat menarik perhatian kita selama 25 menit secara penuh.
  2. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan di Cognition, bahwa istirahat singkat membantu menjaga fokus kita pada suatu pekerjaan. Menurut Alejandro Lieras, seorang profesor psikologi di Universitar Illinois, bahwa “ketika menghadapi tugas panjang (seperti belajar sebelum ujian atau melakukan perpajakan), hal yang terbaik adalah memastikan untuk melakukan istirahat singkat. Istirahat mental singkat tersebut akan membantu kita tetap fokus pada tugas!”
  3. Bekerja secara terus menerus dalam waktu yang lama akan membuat mental (otak) lelah dan bosan, sehingga membuat pikiran menjadi tidak terikat dengan pekerjaan.
  4. Istirahat dengan menggerakkan tubuh (di setiap interval istirahat) setiap hari dapat membuat otak lebih sehat dan meningkatkan fokus.

Cara menerapkan teknik Pomodoro ini

1. Jauhkan diri dari segala macam distraksi. Matikan notifikasi e-mail, tutup browser yang tidak diperlukan, dan senyapkan HP.

2. Siapkan pekerjaan yang harus diselesaikan. Dapat berupa modul yang harus kamu selesaikan atau bahkan lembar tulisan yang mesti dituntaskan.

3. Tentukan waktu. Kamu dapat menggunakan kitchen set, bantuan alarm hp (hati-hati jangan sampai terdistraksi dengan notif smatphone sesuai poin no 1), bahkan jam pasir.

4. Fokus beraktivitas.

5. Setelah waktu habis, lakukan kegiatan menyenangkan. Seperti melakukan peregangan ringan atau mengambil air minum.

6. Ulangi teknik di atas hingga 4 kali siklus kerja-istirahat atau belajar-istirahat, lalu ambil rehat selama 15-30 menit.

Tentang lamanya waktu beraktivitas tergantung kita bisa misal 30 atau 45 atau 1 jam. Begitu juga waktu istirahat bisa 5 menit atau 10 menit atau mungkin hanya sekadar ambil nafas dalam dan peregangan. Tapi ingat jangan mengambil waktu istirahat lama dan saat istirahat jangan sekali-kali pegang smartphone untuk mengecek notifikasi.

Teknik ini menawarkan produktivitas, sebab istirahat di sela-sela tugas dapat membuat pikiran Anda akan tetap fokus dan segar. Namun, Anda juga tidak langsung berhasil mengaplikasikan teknik ini pada kali pertama melakukannya. Mungkin, dibutuhkan waktu sekitar 7 sampai 20 hari untuk membuatnya berhasil. Seperti yang kita tahu, terkadang kita lupa diri kalau sudah terdistraksi pada hal lain.

Sumber : https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13344/Pomodoro-Technique-Teknik-Efektif-Untuk-Bekerja-Produktif.html

Tujuan dari melakukan teknik Pomodoro

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, teknik ini membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas dengan cara:

  • Menjauhkan Anda dari distraksi
  • Meningkatkan kesadaran ketika membuat keputusan
  • Meningkatkan motivasi
  • Membantu menentukan tujuan Anda untuk mencapai target
  • Mengubah proses kerja atau belajar
  • Menguatkan tujuan Anda dalam situasi yang kompleks
  • Menghindari multitasking

Sumber :

1. https://rencanamu.id

2. https://www.ruangguru.com/

3. https://hellosehat.com/

4. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/

Be First to Comment

    Leave a Reply