Press "Enter" to skip to content

Minion #6 : Riuhnya Saat Memilih Rem Dan Salah Penamaan

Wow sudah 5 artikel yang ITSTIME.ID tulis tentang pembangunan sepeda minion.

Terakhir membahas tentang RD, rantai dan shifter.

Pengetahuan yang minim membuat saya lumayan berjibaku untuk terus belajar tentang persepedaan. Tanya sana sini, gogling sana-sini jelas menjadi rutinitas sebelum benar-benar check out suatu barang.

Kembali lagi masalah yang sama saat mau membeli Rem

Awalnya hanya akan membeli rem cakram biasa saja atau mekanik, namun mas-mas yang menjual shifter malah bercerita tentang rem hidrolis Shimano M315 kalo tidak salah.

Saya jelas tidak paham apa itu rem hidrolis, apa bedanya rem cakram biasa dan rem hidrolis, seberapa mahal rem hidrolis. Yang saya tau pasti rem hidrolis itu lebih kekinian teknologinya dibanding rem cakram biasa.

Akhirnya iseng-iseng mandiri untuk mencari rem hidrolis dan ternyata lagi-lagi ada begitu banyak hal yang tidak diketahui dan salah satu yang masih terngiang masalah sepele namun menurut saya lumayan ribet saja kalo sampe salah.

Panjang kabel.

Ya hanya panjang kabel sebenarnya tetapi masalah ini membuat saya harus berkonsultasi sampai ke 3 orang yaitu Mas Ari. Mas Ilham dan mas penjual shifter.

Chat sana-sini kontak dari grup jual beli sepeda di Facebook, scrolling di OLX, intip-intip Shopee dan Bukalapak hingga akhirnya menemukan penjual yang pas dari sisi harga dan PANJANG KABEL.

Banyak yang menjual rem hidrolis merk Shimano MT200 namun hanya mempunyai panjang kabel 135cm, 140cm.

Kata ketiga teman yang jadi konsultan saya, panjang tersebut kurang dan kemungkinan masih akan menambah kabel lagi. RIBET.

Akhirnya ketemu penjualnya dan langsung COD. Panjang kabelnya 170cm untuk belakang dan 100cm untuk yang depan. Lokasi COD awalnya sekitar 10km dari kontrakan saya namun rejeki anak sehat tiba-tiba sang penjual mau ke toko yang lokasinya hanya 3km dari kontrakan. Yuhu.

Dan akhirnya rem hidrolis Shimano MT200 sudah siap.

Untuk rem hidrolis harganya Rp 750.000.

Sudah selesai dengan riuh remnya? Ternyata belum.

Sesaat setelah fix membeli rem hidrolis tersebut saya iseng scrolling OLX untuk mencari rem hidrolis lagi sembari mencari pembenaran bahwa harga Rp 750.000 adalah harga paling murah.

TERNYATA ada toko online di dekat kontrakan yang menjual hanya RP 700.000. La kok enggak beli yang itu saja? Dia memberi nama produknya salah yaitu Breakset. Keyword yang saya cari di OLX Brakeset.

Total anggaran Membangun Minion 2 palang yaitu :

Sepeda : Rp 270.000

Velg Pacific : @ Rp 188.000 = Rp 376.000

Freehub Pacific: Rp 530.000

RD Shimano Tourney dan rantai Shimano 8 speed= Rp 150.000

Shifter Shimano: Rp 150.000

Rem Hidrolis Shimano MT200 : Rp 750.000

Total : Rp 2.226.000

Sumber :

1. https://id.aliexpress.com/i/32851990680.html (Featured Image)

Be First to Comment

    Leave a Reply