histats Press "Enter" to skip to content

Panduan LENGKAP Jadwal Minum Air Putih 8 Kali Sehari

Editor : Ahmad Muttaqin

Akhir-akhir ini gaung budaya hidup sehat semakin menggema.

Dimulai dari pola makan yang dijaga, diet, jalan atau jogging hingga konsep minum air putih atau minum infused water.

Disini ITSTIME.ID hanya akan membahas tentang minum air putih saja.

Kenapa enggak semua dibahas?

Karena menurut ITSTIME.ID, habit yang kecil tapi terus menerus lebih baik dibanding kegiatan yang banyak tapi cuma sebentar.

Nah kita bisa mulai budaya hidup sehat dengan minum air putih.

Ya, semua orang ingin menjadi sehat; sibuk mencari cara dan mengumpulan niat hingga lupa bahwa sebenarnya ada hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjadi sehat, yaitu minum air putih.

Kita mungkin sudah tahu bahwa air putih memberi banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu yang terpenting adalah menjaga agar tubuh tidak terkena dehidrasi yang tentunya dapat mengganggu kesehatan kita. Meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari (setara dengan 2 liter) juga dapat melindungi kesehatan organ dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, hingga mendistribusikan zat-zat gizi ke berbagai bagian tubuh.

Melalui webmd.com diketahui bahwa rekomendasi lain terkait jumlah air yang harus diminum diberikan oleh Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board yang menyatakan bahwa sebenarnya wanita memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari. Kita bisa mendapatkan cakupan air tersebut dengan meminum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, bersama dengan buah dan sayuran yang mengandung air.

Namun, tahukah Anda bahwa ada anjuran minum air putih supaya hidup semakin sehat? Faktanya, mengonsumsi air putih di waktu-waktu yang tepat dapat meningkatkan efektivitas dan manfaatnya.

Berikut delapan waktu terbaik minum air putih untuk kesehatan, termasuk dalam penurunan berat badan seperti mengutip Everyday Health :

1. Setelah Bangun Tidur

Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 7-8 jam. Ketika bangun, umumnya kita akan merasa haus, yang merupakan indikasi tubuh telah kekurangan cairan. Oleh karena itulah, kita perlu mengisi ulang persediaan air tubuh dengan meminum satu sampai dua gelas air putih. Selain itu, meminum air putih di pagi hari juga memperlancar metabolisme, membantu membuang racun dalam tubuh dan melancarkan saluran kantung kemih.

2. Sebelum Mandi

Aturan minum air putih yang kedua adalah meminum air putih tepat sebelum mandi. Kesegaran air putih apabila dipadukan dengan kehangatan air yang didapat ketika mandi akan mencairkan kandungan Natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah.

3. Sebelum makan (Pagi, Siang, Malam)

Waktu yang tepat untuk meminum air putih adalah 30 menit sebelum makan. Minum air putih sebelum makan membantu seseorang merasa lebih kenyang. Itu artinya, jumlah makanan yang masuk ke tubuh lebih sedikit. Selain itu, dengan minum sebelum makan akan melembapkan lapisan lambung. Hal ini membantu mengurangi rasa tak nyaman saat makan.

Sesudah makan, jangan lupa juga untuk kembali minum air putih ya.

Fakta menarik yang perlu diperhatikan adalah :

1. minum air putih selama atau tepat sebelum atau setelah makan dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif.

2. dijaga porsinya, karena jika konsumsi air putih terlalu banyak dapat mengganggu proses pencernaan karena dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan enzim-enzim yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

4. Saat lapar

Ketika mulai terasa lapar padahal belum jam makan, coba minum segelas air putih. Orang-orang yang dehidrasi kerap merasa lapar, padahal sesungguhnya hanya butuh air putih.

5. Ketika Anda Merasa Lelah

Anda pasti sudah tahu bahwa 60% tubuh manusia terdiri dari air. Ini berarti, sebagian besar kinerja tubuh kita bergantung pada air, termasuk bagian penting seperti otak dan organ penting lainnya. Kekurangan air dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi, sakit kepala, kabut otak, depresi, darah tinggi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, Anda harus ingat anjuran minum air putih satu ini: ketika Anda merasa lelah, minumlah air putih.

5. Sebelum olahraga dan sesudah olahraga

Ketika tubuh terhidrasi, membuat sirkulasi tubuh terjaga. Kemampuan tubuh untuk menjaga dari serangan panas lebih baik.

Setelah olahraga yang menghabiskan banyak tenaga, segera minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jumlah air putih yang diminum tergantung berat badan, kondisi kesheatan, serta suhu lingkungan. Namun, pastikan tidak minum terlalu banyak air terlalu buru-buru. Karena bisa menyebabkan kram perut

6. Minum satu gelas sebelum tidur

Minum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari, dapat membuang racun yang tidak diinginkan dalam tubuh dan membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama tidur.. Selain itu, minum segelas air putih sebelum tidur juga akan membuat tidur kita terasa lebih nyenyak.

Namun, jika memiliki penyakit batu ginjal atau memiliki masalah dengan jantung bisa menghindari minum sebelum tidur, karna mungkin akan memberikan tekanan sehingga melemahkan organ-organ dalam tubuh.

7. Saat orang di sekeliling sakit

Ketika anggota keluarga atau rekan kerja jatuh sakit, minumlah lebih banyak air putih untuk membantu membersihkan tubuh dari kuman dan virus yang mungkin masuk. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan mudah terserang penyakit sedangkan tubuh yang terhidrasi dengan baik mendorong kuman jahat untuk keluar.

8. Saat sakit

Air putih juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Maka ketika Anda sedang sakit, umumnya diperlukan air lebih banyak agar cairan tubuh seimbang, misalnya saat demam. Bisa juga minum jus atau sup yang kaya air.

Sumber :

1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/7-waktu-yang-tepat-untuk-minum-air-putih/

2. https://www.sehataqua.co.id/anjuran-minum-air-putih-agar-hidup-semakin-sehat/

3. https://www.liputan6.com/health/read/3480836/8-waktu-terbaik-minum-air-putih-agar-berat-badan-turun

4. https://www.idntimes.com/health/fitness/ifan-wijaya/7-waktu-minum-air-putih-yang-tepat-bikin-tubuh-jadi-semakin-sehat-c1c2

(Visited 27 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply