histats Press "Enter" to skip to content

Pernah Tiba-Tiba Pusing Saat Minum Es Terburu-Buru? Ini Penjelasannya

Editor : Ahmad Muttaqin

Saat siang hari dan udara panas, obat paling mujarab adalah es. Bisa itu es teh manis, es buah atau es jus.

Namun saat terburu-buru meminum es kemudian kepala merasa pusing atau pening.

Karena penasaran, ITSTIME.ID merangkum dari berbagai sumber apa yang sebenarnya terjadi (Sumber di bawah artikel).

Sensasi tersebut disebut brain freeze atau otak beku. Meski disebut otak beku, sebenarnya tidak ada gangguan di dalam otak ketika mengonsumsi es krim. Bagian tubuh yang terpengaruh oleh es krim yang dingin adalah pembuluh darah. Sensasi beku dan sakit kepala itu biasanya hanya berlangsung selama 20-60 detik, paling lama kurang dari lima menit. Setelah itu, rasa sakitnya akan berangsur hilang dengan sendirinya.

Sensasi ini juga dikenal dengan sebutan ice cream headache. Ini terjadi saat substansi dingin, seperti es krim atau es batu, menyentuh langit-langit mulut (palate) atau tenggorokan bagian atas.

Langit-langit mulut kita dipenuhi dengan saraf-saraf reseptor yang sensitif. Brain freeze adalah akibat langsung dari reaksi dingin yang cepat terhadap pembuluh kapiler.

Pembuluh darah pun berkontraksi sebagai respons terhadap zat dingin yang mencegah hilangnya panas tubuh. Saat dingin, bagian ini akan membengkak, kemudian pembuluh darah meningkatkan aliran darah ke otak secara cepat. Reaksi inilah yang menyebabkan sensasi sakit kepala hebat dalam sekejap.

Menurut penelitian, peristiwa otak beku bisa saja merupakan mekanisme bertahan hidup alami untuk memastikan otak tetap hangat. Kondisi ini bukan hanya dipicu oleh es krim. Makanan atau minuman apa pun yang sangat dingin juga dapat membuat pembuluh darah membesar.

Nah biar saat minum es tidak muncul sensasi otak beku, kalian harus melakukan beberapa hal berikut :

  • Kondisi otak beku dapat teratasi dengan mudah tanpa membutuhkan pengobatan medis yang rumit. Otak beku biasanya bisa hilang dengan cepat (antara 30-60 detik) setelah makanan atau minuman dingin yang ada di dalam mulut ditelan.
  • Jangan menggunakan sedotan untuk minum milkshake dingin atau es krim. Menyedot minuman dengan sedotan akan membuat kontak antara rasa dingin dengan langit-langit mulut. Gunakan sendok atau langsung minum dari gelasnya.
  • Menempelkan lidah ke langit-langit mulut, guna menghangatkan bagian tersebut. Energi panas yang diberikan lidah akan ikut menghangatkan saraf-saraf yang menyebabkan otak beku. Tekan langit-langit mulut Anda dengan lidah sampai sensasi otak beku itu benar-benar hilang.
  • Siapkan minuman bersuhu hangat seperti air hangat atau kopi. Minuman bersuhu hangat akan dengan segera menaikkan temperatur mulut kembali normal.
  • Kamu juga bisa menutup hidung dan mulutmu dengan tangan, hembuskan nafas hingga udara hangat menyelimuti area mulut.

Jika Anda merasakan sensasi otak beku atau sakit kepala lainnya lebih dari lima menit, terjadi secara terus-menerus dan berulang, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter. Bisa jadi kondisi itu disebabkan oleh masalah lain, bukan karena pengaruh es krim atau minuman dingin.

Sumber :

1. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/sophia-marie/sakit-kepala-saat-terburu-minum-es/1

2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/sakit-kepala-efek-minum-air-es/

3. https://www.alodokter.com/otak-beku-ketika-makan-es-krim-ini-sebabnya

4. https://cdn.shortpixel.ai (Featured image)

(Visited 32 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.