Categories
Finansial Saham

Saham Itu Kepastian Atau Bukan Sih? Studi Kasus Cerita Tesla Yang Valuasinya Hilang Rp 205 Triliun

Salah satu pertanyaan dari teman ITSTIME.ID saat diajak untuk masuk ke dunia saham adalah saham itu bukanlah kepastian dan tidak masuk logika karena salah satu kasusnya yaitu cuitan dari Bos Tesla yaitu Elon Musk yang langsung menghancurkan harga saham Tesla.

Dikutip dari web Solopos, dari twit Elon Musk itu valuasi saham Tesla menurun hingga Rp 205 Triliun bahkan Elon Musk sendiri kehilangan Rp 44 Triliyun.

Pertanyaannya apakah memang seperti itu kondisinya (uang Elon Musk hilang hingga Rp 44 Triliun) terus uangnya hilang kemana?

Apakah memang hanya sekadar cuitan saja bisa menghilangkan uang?

Yuk kita bedah satu-satu dari 2 pertanyaan di atas dan tentang kepastian dan ketidakpastian di dunia saham sesuai judul artikel ini.

Di dunia saham skemanya adalah ada perusahaan ABCD yang menjual sahamnya ke publik atau IPO (Initial Public Offering) dengan harga tertentu. Harga tertentu itu didapat dari hitung-hitungan kondisi perusahaan seperti aset tetap, hutang, uang cash dll (Angka ini sebuah kepastian karena memang ada catatan keuangannya).

Misal setelah dihitung maka harga perusahaan ABCD tersebut adalah Rp 100 per lembar saham dan dijual ke umum melalui IPO tadi dengan harga Rp 100.

Setelah dijual di pasar maka mulailah ketidakpastian itu muncul karena adanya berita seperti

1. Prospek perusahaan ABCD sangat bagus karena bergerak di bidang listrik dan menjual energi terbarukan yang sangat dibutuhkan di masa depan.

Dengan berita tersebut ada orang-orang yang berani membeli saham ABCD lebih mahal misal Rp 150 per lembar.

2. Disuatu hari ternyata ada berita tentang direksi dari ABCD sering culas.

Berita tersebut digoreng oleh para analis dan media yang membuat para investor terutama investor pemula yang takut kemudian menjual sahamnya dengan murah semisal harganya Rp 75 dengan prinsip segera keluar dari perusahaan tersebut.

3. Karena prospeknya cerah maka investor asing (disebut bandar asing) membeli saham ABCD Rp 125 maka pemain saham pemula ikut membeli di harga Rp 125.

Itulah ketidakpastian yang terjadi yang membuat harga saham sangat berfluktuasi.

Jadi menjawab pertanyaan apakah memang seperti itu kondisinya (uang Elon Musk hilang hingga Rp 44 Triliun) terus uangnya hilang kemana?

Tidak ada uang yang hilang dari perusahaan TESLA. Yang hilang adalah uang dari pemain saham yang membeli saham TESLA di harga $160.10 dan dijual di harga $140.46. Jadi yang buntung ya pemain saham dan yang untung juga pemain saham.

Apakah memang hanya sekadar cuitan saja bisa menghilangkan uang? Bisa saja karena memang banyak pemain saham yang menjual dan membeli saham hanya karena menggunakan berita saja bukan karena kondisi perusahaan.

Sekarang membahas tentang kepastian dan ketidakpastian di dunia saham.

Ada 1 kepastian yaitu kondisi perusahaan.

Ada laporan keuangan yang bisa dijadikan pegangan oleh para investor ahli untuk kapan membeli saham dan kapan menjual saham. Ini adalah kepastian di dunia saham.

Ada aset yang jelas seperti bangunan, tanah, produk dll.

Setelah berjalan 3 tahun ternyata perusahaan ABCD terus mencetak laba dengan stabil bahkan naik walopun sedikit. Hal ini menjadikan harga wajarnya per saham menjadi Rp 200. Harga wajar saham ini disebut Book Value.

Apa Itu Book Value , Bagaimana Cara Menghitungnya Dan Contoh Penerapannya

Yang ketidakpastian seperti contoh di atas hanya karena berita bahwa perusahaan ABCD mempunyai masa depan cerah, berita tentang direksi yang culas (jika memang tidak ada konfirmasi langsung dari perusahaan artinya hanya kabar burung).

Jadi sebenarnya memang di dunia saham ada kepastian dan ketidakpastian. Kalian bisa masuk atau membeli saham dengan kepastian maupun ketidakpastian.

Sebaiknya Saya Beli Saham Di Harga Berapa Ya?

Kapan Waktu Yang Tepat Menjual Saham?

Untuk emas maaf ITSTIME.ID tidak tau apa yang menjadikan nilainya naik turun kecuali memang mekanisme pasar dan berita-berita. Dan inilah yang menjadikan emas bukan pilihan ITSTIME.ID untuk berinvestasi

Sumber :

1. https://www.solopos.com/valuasi-saham-tesla-anjlok-gara-gara-twit-elon-musk-1059334 (Featured Image)

ARTIKEL PILIHAN

By Ahmad Muttaqin

Penyuka teknologi yang sedang belajar tentang finansial dan terobsesi dengan dunia kesehatan.

Hobi mereview makanan juga terutama yang warung under rated.

Leave a Reply