Press "Enter" to skip to content

Scaling Gigi : Prosedur, Efek Samping Dan Apakah Ditanggung BPJS

Jika kita makan kemungkinan besar akan meninggalkan plak dan lama-lama plak tersebut kana berubah menjadi karang gigi.

Baca selengkapnya tentang karang gigi Karang Gigi : Penyebab, Gejala, Pengobatan Dan Pencegahannya

Cara menghilangkan karang gigi ini dengan melakukan scaling.

Yuk disimak artikel tentang karang gigi yang ITSTIME.ID rangkum dari berbagai sumber. Sumber ada di akhir artikel.

Pengertian Scaling

Scaling adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang (tartar) pada gigi dengan menggunakan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler.

Ultrasonic scaler akan menghasilkan getaran yang mampu menghancurkan dan merontokkan karang di sela-sela hingga bagian terdalam gigi. Tak hanya itu, alat ini juga dapat membersihkan karang gigi di garis gusi yang sulit dijangkau dengan bulu sikat gigi.

Pembersihan akan dilakukan secara menyeluruh, baik di rahang atas maupun rahang bawah. Apabila ada karang gigi yang bersembunyi di sela-sela gigi, atau di bawah gusi, maka area tersebut juga akan dibersihkan. Pembersihan di kedua area ini mungkin akan menimbulkan sedikit rasa ngilu.Saat proses scaling gigi, gusi akan sedikit berdarah. Hal ini wajar terjadi, karena gusi merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah.

Prosedur ini merupakan salah satu prosedur perawatan gigi yang paling umum dilakukan.

Manfaat Scaling

Manfaat scaling yaitu :

  • Membersihkan plak dan karang gigi
  • Mengurangi asam dan enzim berlebih yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan.
  • Mengurangi risiko perdarahan atau pembengkakan jaringan akibat dari respons imun tubuh terhadap bakteri pada plak.
  • Memelihara kesehatan gigi dan tulang gigi.
  • Menghindari risiko gigi berlubang (karies) dan kerusakan gigi lainnya
  • Menghindari risiko penyakit gusi (periodontitis)
  • Menghilangkan noda gigi–bercak cokelat di gigi berasal dari teh, kopi, atau rokok
  • Menghindari bau mulut tidak sedap
  • Menghemat biaya perawatan gigi di masa mendatang

Waktu dan Prosedur  Scaling

Dalam setiap scaling waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam. Tetapi bisa kurang bisa lebih tergantung tingkat keparahan dari karang gigi dan skill dari dokter gigi.

Sebelum menjalankan scaling, dokter terlebih dahulu memeriksa kondisi gigi dan mulut Anda. Dokter biasanya akan menanyakan kondisi kesehatan gigi dan mulut, serta kebiasaan Anda dalam merawat gigi.

Jangan lupa memberi tahu dokter semua obat yang sedang Anda minum. Entah itu suplemen makanan, vitamin, obat resep maupun non-resep, hingga obat herbal. Beri tahu pula tentang riwayat penyakit dan alergi yang mungkin Anda miliki, khususnya riwayat penyakit yang terkait dengan gangguan darah.

Pastikan Anda menjelaskan kondisi kesehatan Anda secara jelas dan rinci. Semua informasi ini memudahkan dokter untuk menentukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Setelahnya dokter akan segera memeriksa lokasi karang gigi dengan menggunakan bantuan cermin kecil. Bila diperlukan, dokter mungkin dapat melakukan rontgen gigi dengan sinar-X untuk melihat lebih detail kondisi gigi Anda.

Langkah-langkah yang dilakukan dokter selama prosedur scaling gigi, meliputi:

  • Dokter gigi akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa nyeri yang mungkin muncul selama proses pembersihan plak dan karang gigi.
  • Dokter mulai melakukan proses pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat pengikis dengan gelombang ultrasonik yang dapat mengeluarkan getaran dan menghilangkan plak dan karang gigi. Alat ini juga dapat mengeluarkan asap dingin dari air untuk membersihkan sisa plak dan karang gigi.
  • Setelah plak dan karang di sekitar email gigi dibersihkan, dokter akan menggunakan alat pengikis manual atau scaler dengan ujung runcing untuk membersihkan plak dan karang di daerah yang tidak terjangkau oleh alat pengikis ultrasonik.
  • Selama proses pembersihan plak dan karang gigi, dokter akan meminta pasien berkumur dan membuangnya agar sisa plak di dalam mulut dapat hilang.
  • Langkah terakhir, dokter akan memoles gigi yang telah dibersihkan dengan alat pemoles yang dilengkapi karet lembut di bagian ujungnya.

Scaling Sakit Atau Tidak

Saat melakukan scaling, Anda mungkin merasakan gusi bengkak, nyeri, atau bahkan berdarah. Hal ini terjadi karena gusi dan gigi yang berkarang sedang menyesuaikan diri dengan proses scaling agar kembali bersih seperti kondisi semula.

Efek Samping Scaling

Sebelum dibersihkan, akar tertutup oleh karang gigi. Begitu pula dengan sela-sela antar gigi yang sempat tertutup karang, sehingga terasa lebih “padat”.

Ketika karang terlanjur mengeras, diangkat, lalu dibersihkan, maka gigi akan terasa lebih renggang, karena tidak ada lagi yang mengganjal sela-sela gigi. Jadi, itulah penyebab gigi terasa lebih renggang setelah melakukan scaling gigi.

Ngilu dan terasa lebih renggang memang jadi dua efek yang paling sering dirasakan pasien. Rasa ngilu umumnya hanya bertahan paling lama seminggu, sedangkan kondisi gigi yang renggang tidak akan kembali seperti semula.

Untuk mengatasi renggang, drg. Callista menyarankan pasien untuk pakai kawat gigi. Kawat atau behel ini bisa untuk merapatkan gigi yang renggang akibat karang gigi.

Mitos Scaling Gigi

Terdapat mitos di kalangan masyarakat saat melakukan scaling gigi, contohnya banyak orang yang khawatir jika scaling gigi dapat membuat gigi menipis.

Faktanya, pembersihan yang dilakukan hanya mengangkat karang gigi saja dan tidak akan mengubah bentuk gigi.

“Saat dibersihkan, kita hanya mengangkat karang giginya saja tidak akan mengubah bentuk gigi sama sekali. Jadi Anda yang ingin membersihkan karang gigi tidak perlu khawatir,” tutur drg Falah dalam acara seminar awam ramadan, di Aula Griya Puspa RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Biaya Scaling

Rentang biaya membersihkan karang gigi pada kasus paling ringan dimulai dari Rp 200.000-300.000. Semakin buruk kebersihan mulut pasien, maka harga scaling giginya pun akan semakin mahal.

Dengan siapa kita melakukan scaling juga akan berpengaruh dengan biaya, apakah dengan koass, dokter gigi, residen maupun dokter gigi spesialis. Jika dengan dokter gigi spesialis jelas paling mahal.

Dan terakhir yaitu lokasinya. Jika di suatu kawasan dokter giginya relatif banyak maka kemungkinan biayanya tidak setinggi di kawasan yang dokter giginya sedikit.

BPJS Menanggung Scaling

Menurut BPJS Kesehatan No 1 Tahun 2014 Pasal 52 Ayat 1, perawatan gigi dan mulut yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut :

  1. Administrasi pelayanan, meliputi biaya pendaftaran pasien dan juga biaya administrasi lainnya yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien.
  2. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis yang berhubungan dengan kesehatan gigi.
  3. Pramedikasi, pemberian obat-obatan yang dilakukan sebelum tindakan anastesi atau pembiusan sebelum operasi.
  4. Kegawatdaruratan oro-dental.
  5. Pencabutan gigi sulung dengan anastesi topikal atau infiltrasi.
  6. Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit.
  7. Obat-obatan pasca pencabutan gigi (ekstraksi).
  8. Penambalan dengan bahan komposit atau GIC.
  9. Pembersihan karang gigi atau scaling gigi setahun sekali.

Sumber :

1. https://www.alodokter.com/ketahui-apa-itu-scaling-gigi

2. https://hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-gigi/scaling-gigi/#gref

3. https://www.sehatq.com/artikel/ini-biaya-membersihkan-karang-gigi-mahal-tidak-ya

4. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3627417/daftar-perawatan-gigi-yang-ditanggung-bpjs

5. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637299/habis-scaling-gigi-jadi-renggang-apa-penyebabnya

6. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4730916/scaling-gigi-dianjurkan-6-bulan-sekali-ini-fakta-faktanya

Be First to Comment

    Leave a Reply