histats Press "Enter" to skip to content

Soto Lik Man Gamping : Harga Termurah Dan Porsi Terkomplit*

Editor : Ahmad Muttaqin

Dalam beberapa edisi artikel terakhir, ITSTIME.ID membahas saham dan teknologi.

Kali ini, kami kembali menuliskan tentang kuliner. ITSTIME.ID terakhir membahas kuliner yaitu martabak jadul. Baca disini ya Jajanan Terang Bulan Jadoel : Ini Bukan Tentang Rasa, Tetapi Tentang Kenangan Yang Ada.

Edisi kali ini kami akan membahas tentang soto. Khususnya soto sapi.

ITSTIME.ID berkantor di Yogyakarta dan di Yogyakarta ada kecenderungan unik yaitu sarapan menggunakan soto. Dan kami sarapan menggunakan soto ini. Langsung saja simak reviewnya. Oh ya di judul ada simbol * artinya disclaimer on ya.

NAMA : Soto Lik Man Gamping

ALAMAT : Lihat di segmen Tempat dan Suasana

CARA BELI : Langsung

HARGA : Lihat di Harga

STORY

Awal kami mencoba soto ini sebenarnya tidak direncanakan. Kami hanya ingin makan angkringan yang memang lokasinya menjadi satu dengan soto. Dan kebetulan karena kami pengen makan yang berkuah dan seger maka kami memesan soto dan hasilnya….Hmmmmmm..

Kami menemukan surga kuliner di bidang soto. Bukan tentang rasa saja tetapi harga termurah dan porsi yang terkomplit sejauh yang pernah kami temui.

TEMPAT & SUASANA

Tempat dan suasana Soto Lik Man sangat nyaman karena memang konsepnya khas Jogja banget yang menggunakan meja dan kursi tongkrongan.

Kami foto dari lantai duanya. Di lantai 2 menggunakan konsep lesehan. Cocok banget buat ngobrol dan lama-lama sih…Pokoknya Jogja banget….

Untuk alamatnya, jika kalian dari perempatan jln Wates dan Ringroad barat maka Soto Lik Man ini yang ambil ke arah barat ya sampe nemu pertigaan (Kalo ke kiri ke arah pasar buah Gamping. Ambil lurus sekitar 100m ke arah Kecamatan Gamping). Kalo dari timur kalian lurus sedikit sampe nemu penjual buah. Nah Soto Lik Man ini di belakang atau setelah toko buah.

PELAYANAN

Pelayannya hanya satu yaitu ibu-ibu yang sekaligus penjualnya sehingga agak lama karena beliau harus membuat soto, membuat minuman dan mengantar sotonya. Apalagi jika kalian makannya di lantai 2.

REVIEW

Review yang pertama jelas akan mengomentari tentang porsi yang komplit.

Umumnya soto racikannya begini :

1. Kuah, nasi, daging sapi, kecambah

2. Kuah, bihun, kobis, nasi, daging sapi, kecambah

Tapi tidak untuk Soto Lik Man ini. Racikannya adalah kuah, bihun, kobis, nasi, daging sapi, tahu, gethuk (potongan tepung), kecambah.

Gimana? Pernah nemuin yang begini komplitnya?

Untuk rasa cenderung ke arah gurih dan segar. Rasa kuahnya tipis. Campur dengan perasan jeruk dan sambal maka sensasi yang keluar jelas gurih, segar, asem dan pedas. Mungkin kalo kalian sedikit flu atau demam, Soto Lik Man bisa menjadi solusi pertama.

Untuk daging sapinya lumayan banyak dengan potongan besar dan ketebalan tipis.

Yang unik adalah gethuk atau potongan tepung. Rasanya bukanlah seperti perkedel tetapi cenderung ke arah tepung yang akan digunakan untuk menggoreng mendoan. Nah seperti itu.

Kebetulan kami mengambil ubo rampe yang ada yaitu sate usus. Rasanya juga beda dari yang lain. Kalo kebanyakan sate usus rasanya mengarah ke manis, sate usus ini malah cenderung ke asin.

HARGA

Setelah porsi yang menurut kami menarik, yang menarik berikutnya adalah harga. Memang untuk mendapatkan cita rasa seperti Soto Lik Man ini relatif banyak di pasaran. Namun tidak dengan harganya.

Dengan porsi yang komplit begitu hanya seharga Rp 10.000. Ya cuma Rp 10.000 (Disini ane jadi agak bingung mau mengomentari tentang UMR Jogja yang uhuy itu…Karena la gimana ya…Kita masih bisa mendapatkan soto sapi dengan harga hanya Rp 10.000).

Kami membeli 2 porsi soto sapi, 1 teh manis, 1 jeruk dan 1 sate totalnya hanya Rp 24.000. Hayo…

FAKTOR LAIN

Kombinasi antara porsi yang berlimpah serta unik, tempat yang cocok buat nongkrong khas Jogja, dan harga yang membuat UMR Jogja “terlihat relevan” membuat Soto Lik Man patut menjadi solusi bagi kalian yang akhir bulan ingin makan enak dengan harga rakyat. Jangan lupa, rasa tetap di atas rata-rata ya.

KESIMPULAN

Soto Lik Man jelas wajib dicoba jika kalian ingin menambah khasanah per-soto-an di Jogja khususnya Jogja barat.

Jika makanan disini ISTIMEWA, silahkan share artikel ini ke keluarga atau teman dekat biar bisa ikut menikmati makanan yang Istimewa ini, tetapi jika kalian tidak sepakat dengan review yang kami tulis, mohon tulis komentar apa yang menurutmu enak dan layak untuk direkomendasikan

GAMBAR

Editor : Ahmad Muttaqin

(Visited 35 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.