histats Press "Enter" to skip to content

Susu Sapi Murni : Inilah Kandungan Gizi Dan Manfaat Minum Susu Sapi Murni (Bag 1)

Editor : Ahmad Muttaqin

Kemaren sempat heboh dengan adanya susu kental manis. Disini tidak dibahas tentang susu kental manis tetapi susu sapi murni.

Susu sapi murni adalah susu sapi yang tidak mengalami proses pengawetan dengan bahan kimia. Sering dijual dalam bentuk cair dan dengan tambahan rasa. Biasanya cara mengawetkan susu murni adalah dengan metode Ultra High Temperature dan pasteurisasi.

KANDUNGAN GIZI SUSU SAPI MURNI

Susu sapi murni ternyata tak hanya sekedar minuman biasa namun juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut kandungan nutrisi yang ada pada susu sapi murni

  • protein
  • kalsium,
  • vitamin A,
  • vitamin B,
  • vitamin D
  • asam amino
  • kalori
  • lemak
  • fosfor,
  • iodium,
  • seng,
  • zat besi,
  • tembaga,
  • magnesium
  • vitamin E
  • tiamin

MANFAAT SUSU SAPI MURNI

Setiap apa yang diciptakan oleh Tuhan pasti mempunyai manfaat. Termasuk dengan susu sapi murni ini.

1. Menjaga kestabilan tekanan darah

Dalam nutrisi susu murni terdapat kandungan yang cukup baik untuk menggerakkan pembuluh dalam. Hal ini yang menjadikan tekanan darah anda menjadi stabil dan tetap normal.

Nutrisi tersebut dikenal dengan potasium, sehingga adanya kerja ini mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

2. Mencegah resiko penyakit jantung

Keadaan susu yang mampu menstabilkan pembuluh darah dan tekanan darah, ternyata membawa pengaruh baik untuk jantung. Dalam hal ini, pembuluh darah anda tidak terjadi tersendat dan terhalangi benda lain. Sehingga bahaya yang di sebabkan apopleksi  juga menurun. Dengan perjalanan normal darah, kemungkinan resiko penyakit jantung juga menjadi menurun.

Sapi yang memberi makan rumput yang baik menghasilkan susu berkualitas lebih baik daripada binatang lain  yang tidak dipelihara dengan baik .

Oleh karena itu dokter menganjurkan untuk hanya meminum susu sapi yang diberi makan rumput. Ini karena keadaan susu yang mampu menstabilkan pembuluh darah dan tekanan darah, ternyata membawa pengaruh baik untuk jantung.

Dalam hal ini, pembuluh darah anda tidak terjadi tersendat dan terhalangi benda lain. Sehingga bahaya yang di sebabkan apopleksi  juga menurun. Dengan perjalanan normal darah, kemungkinan resiko penyakit jantung juga menjadi menurun.

Selain itu susu sapi berkualitas baik kaya akan asam lemak omega-3, yang mampu mengatur kadar kolesterol darah Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda untuk waktu yang lama.

3. Mengurangi resiko penyakit gondok

Salah satu penyakit yang cukup banyak di derita oleh anak-anak adalah gondok. Hal ini menyebabkan terjadinya pembengkakan di jaringan limpa belakang telinga, sehingga ketika hendak membuka mulut untuk makan, akan kesusahan.

Cara mengurangi resiko penyakit ini dengan cukup mengkonsumsi iodim yang biasa ada pada garam dapur. Anda juga menemui di dalam manfaat susu sapi murni yang menyehatkan.

4. Membantu meringankan kerja otak besar

Salah satu organ yang paling banyak berkontribusi adalah otak besar. Dalam hal ini ia banyak membantu di sistem koordinasi tubuh dengan lingkungan. Untuk itu memerlukan energi besar pula untuk menjaganya. Salah satu zat yang baik untuk otak adalah seng (Zn) leticin, dan iodium. Penambahan zat ini secara significan mampu meningkatkan efisiensi kerja otak.

5. Baik untuk penderita anemia

Penderita anemia adalah orang yang memiliki kandungan haemoglobin kurang. Sehingga untuk menopang pekerjaannya yang terlalu banyak, harus memiliki sel eritrosit yang banyak pula. Salah satu zat yang mampu membantu pekerjaan pembentukan sel darah merah adalah zat besi. Kandungan dalam susu juga cukup zat besi, sehingga membantu untuk membentuk sel eritrosit anda

6. Cocok untuk menjaga kulit

Salah satu asset berharga bagi wanita adalah kesehatan kulit. Keadaan kulit yang kusam mampu mengurangi tingkat kepercayaan diri anda. Dengan kondisi tubuh sering meminum manfaat susu sapi murni untuk kecantikan  menjadikan kulit tampak bersinar dan berseri-seri, sehingga tampak cerah di pandang. Zat yang paling berperan dalam hal ini adalah vitamin E, tembaga,seng, serta vitamin A

7. Menjadikan rileks dan tenang

Mengonsumsi susu secara psikologis mampu membuat anda tenang dan rileks. Sebab adanya kerja tyrosine mendorong kerja hormone serotonin untuk terus menguncur. Hormone ini sangat mempengaruhi tingkat kebahagiaan anda. Dengan kondisi seperti ini menjadikan anda mudah tidur.

8. Membantu pertumbuhan gigi dan tulang

Susu sapi kaya akan kalsium, fosfor, dan mineral lainnya yang penting untuk kesehatan tulang Anda. Itulah sebabnya kebanyakan pemerintah di seluruh dunia memiliki nilai harian yang disarankan untuk konsumsi susu bagi anak-anak dan orang dewasa.

9. Menjaga tubuh tetap fit

Manfaat susu sapi murni untuk tubuh juga sangat baik sebagai sistem imunitas. Kandungan magnesium mampu membuat jantung dan beberapa sistem syaraf dalam keadaan normal. Dalam hal ini, magnesium berperan untuk mengatasi kelelahan atas aktivitas seharian yang sudah di lakukan.

10. Membantu penyembuhan lebih cepat

Manfaat lain dari susu adalah adanya zat Zink (seng) yang sangat bekerja aktif pada proses penyembuhan luka. Ia bersama fibrinogen membentuk benang-benang fibrin untuk menutup luka ketika anda jatuh. Sehingga membantu untuk menghentikan pendarahan yang terlalu banyak.

11. Mempertajam penglihatan

Keadaan mata merupakan salah satu bagian yang paling berperan penting. Menjaganya agar selalu sehat, apalagi mempertambah ketajaman memang diperlukan. Terlebih bagi orang dewasa yang sudah banyak mengalami pengeruhan di lensa matanya.

Hal tersebut menjadikan penurunan penglihatan. Salah satu cara mencegahnya dengan mengokonsumsi susu murni sapi. Kandungan vitamin B2 serta vitamin A  yang cukup tinggi sangat membantu.

12. Sebagai penetral zat

Susu dinilai sebagai penetral zat makanan yang masuk dalam tubuh anda. Termasuk berguna untuk menetralkan racun, baik timah, loga, Cadmium dan sebagainya.

Untuk itu sangat tidak di anjurkan untuk meminum susu setelah anda makan obat. Sebab yang terjadi, zat yang ada dalam obat tersebut malah di netralkan oleh susu sendiri.

13. Mengurangi resiko osteoporosis

Manfaat susu sapi murni yang paling banyak di cari orang adalah adanya kandungan untuk mencegah osteoporosis. Penyakit tersebut ada karena terjadi pengeroposan tulang, sehingga menjadikanya mudah patah. Dalam hal ini karena tulang sudah tidak lagi kuat, seta komponen penyusunya juga kapur.

Untuk itu cara mengatasinya dengan meminum susu yang kaya kandungan kalsium dan fosfor. Inilah mengapa para lansia sangat di harapkan untuk meminum susu setiap harinya.

14. Sebagai energi cadangan

Susu memiliki kandungan tinggi lemak yang sanagt berfungsi sebagai penyedia energy cadangan yang cukup kuat. Hal ini menjadika n organ vital anda lebih terlindungi  dan sebagai penghantar vitamin yang larut dalam air.

Adanya kandungan CLA (conjugated linoleic acid) sangat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan membantu metabolism tubuh. 

15. Menurunkan Berat Badan

Minum susu sapi dapat mengurangi asupan kalori mereka di siang hari karena cairan ini kaya akan protein yang membuat tetap kenyang dalam waktu lama.

16. Susu sapi bermanfaat menurunkan risiko diabetes tipe 2

Sebuah penelitian tentang kesehatan pernah dilakukan tahun 2005 mengungkapkan bahwa pria yang rutin mengkonsumsi susu sapi rendah lemak memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 yang sangat kecil dibandingkan dengan yang tidak suka minum susu sapi.

Penelitian lain juga menemukan bahwa dari 37.000 wanita dewasa yang rajin mengkonsumsi susu sapi rendah lemak memiliki risiko sangat kecil terkena diabetes tipe 2.

17. Susu sapi mencegah, menghambat pertumbuhan kanker usus besar

Kandungan asam linoleat terkonjugasi (bagian dari komponen lemak alami) dan kalsiumnya dikenal mampu menghambat dan mencegah kanker usus besar. Setidaknya dengan hanya minum susu sapi satu gelas sehari dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar hingga 15%.

18. Susu sapi menurunkan risiko kanker payudara pada wanita

Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian kesehatan yang pernah dilakukan di Norwegia. Dari 45.000 responden wanita terungkap bahwa wanita yang memiliki kebiasaan minum susu sapi semenjak kecil dan berlanjut hingga dewasa lebih tahan dan terlindung dari terkena penyakit kanker payudara.

(Visited 530 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.