Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Terjun Di Dunia Saham

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/tips-memilih-saham-terbaik-dengan-analisis-fundamental-dan-teknikal

Editor : Ahmad Muttaqin

Jutaan orang tidak menyadari jika saham ibarat pedang bermata dua.

Read More

Ada orang yang memang sukses di dunia saham seperti Pak Lo Kheng Hong, Warren Buffet dll.

Namun jauh lebih banyak yang gagal di dunia saham dan biasanya orang-orang inilah yang sering mengatakan “bermain saham” seperti judi.

Gagal disini diartikan sebagai kegagalan mewujudkan cita-cita yang didambakan.

Semua orang masuk ke dunia saham kemungkinan terbesarnya adalah mempunyai passive income (Baca : Mau Investasi Saham? Pilih Kenaikan Harganya Atau Dividen Tiap Tahunnya dan sebagai mata penghasilan.

Namun kenyataannya banyak yang akhirnya mundur teratur karena modal yang digunakan untuk “bermain saham” habis. Kenapa ini bisa terjadi?

Inilah beberapa hal yang sebaiknya kalian tahu tentang saham

1. Harga saham naik turun setiap hari

Harga saham akan naik turun bahkan dalam hitungan per menit. Ini harus disadari oleh masyarakat yang sudah sangat tergiur untuk mendapatkan pendapatan atau passive income di dunia saham.

Jika kalian menggunakan analisa fundamental seharusnya tidak akan terpengaruh dengan naik turunnya saham.

Jika kalian menggunakan analisa teknikal maka sebaiknya memang kalian perhatikan terus menerus agar kalian bisa mengambil keuntungan di waktu yang tepat. (Pengertian analisa fundamental dan teknikal bisa dibaca di poin 2)

2. Butuh waktu lama untuk sukses

Dalam dunia saham ada 2 kutub yaitu orang-orang yang menggunakan analisa fundamental (analisa yang membahas saham dari sisi kinerja perusahaan) dan analisa teknikal (analisa yang membahas saham dari sisi harga saham)

Jika kalian ingin mendapatkan passive income, maka kalian sebaiknya menggunakan analisa fundamental yang artinya akan membutuhkan waktu yang lama.

Pak Joeliardi Sunendar mengatakan jika ingin melihat kinerja saham perusahaan sebaiknya membutuhkan waktu 3 tahun. Itu artinya kalian bisa menyimpan saham 1 perusahaan minimal 3 tahun.

3. Perbanyak ilmu

Ilmu merupakan salah satu pedang terbaik di dunia saham. Di dunia saham ada begitu banyak analisa yang perlu digunakan untuk menentukan :

  • kapankah saat yang tepat membeli saham XYZ ?
  • kapankah saat yang tepat untuk menjual saham XYZ?
  • mengapa memilih saham XYZ untuk dijadikan saham investasi?

Di dunia saham sangat banyak rekomendasi dari para ahli-ahli dalam setiap harinya. Jika kalian tidak mempunyai ilmu yang kuat maka bisa saja kalian akan terombang ambing.

4. Persiapkan mental

Mental inilah kunci paling penting dalam dunia saham.

Saat harga saham yang dimiliki turun apakah langsung panik dan stres?

Apakah saat harganya naik langsung panik ingin segera menjual?

Mental inilah yang akan membimbing dan membatasi kalian untuk tidak kegirangan saat harga naik sesaat maupun tidak panik saat harga turun sesaat.

Itulah 4 hal yang minimal kalian miliki saat memasuki dunia saham.

Jika sudah yakin maka silahkan klik disini untuk memilih sekuritasnya LENGKAP : 11 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Bagi Pemula

Klik disini untuk panduan membeli sahamnya Panduan LENGKAP Cara Membeli Saham Bagi Pemula

(Visited 72 times, 1 visits today)

Related posts

Leave a Reply