Press "Enter" to skip to content

Yuk Nabung Saham : Begini Caranya Dan Cara Memilih Sahamnya

Investasi Emas, Deposito, Saham

Sejak tahun 2015 atau tepatnya 12 November 2015, Pemerintah mulai menggalakkan Yuk Nabung Saham.

Ini merupakan langkah yang tepat karena memang investor yang bergabung di dunia pasa modal Indonesia masih sangat sedikit dibanding dengan jumlah penduduk yang ada.

Tetapi saham merupakan belantara paling mengerikan bagi sebagian orang karena dalam hitungan detik uang yang ada bisa raib ditelan bumi jika kita salah memilih saham.

Namun, memang ada masyarakat yang benar-benar bisa mendapatkan kekayaan melalui pasa modal. Dan yang perlu diketahui juga adalah kebanyakan orang terkaya baik di Indonesia maupun dunia berada di pasa modal.

Nah ITSTIME.ID ingin memberikan tips paling sederhana bagaimana caranya untuk menabung saham dan cara memilih saham yang bagus untuk ditabung.

Disclaimer yang perlu diperhatikan

  • Tutorial di bawah ini tidak mengajak kalian membeli saham tertentu.
  • Walaupun di dunia saham, tetaplah bukan cara untuk biar cepat kaya
  • Apapun resikonya merupakan tanggung jawab pribadi.
  • Jika ingin berkonsultasi silahkan tanya di kolom komentar

Berikut cara memilih saham yang bagus untuk ditabung :

1. Pastikan kalian sudah mendaftar di sekuritas (Baca LENGKAP : 11 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Bagi Pemula)

2. Kalian harus tahu juga caranya membeli saham (Baca Panduan LENGKAP Cara Membeli Saham Bagi Pemula)

3. Untuk memilih saham yang baik untuk ditabung perhatikan berikut ini

  • Lihat perusahaannya dengan cara melihat kapitalisasi pasar (Cek disini untuk melihat kapitalisasi pasar Kapitalisasi Pasar)
Sumber : https://www.idnfinancials.com/company
  • Lihat mana saja perusahaan yang produknya paling sering kalian temui (Sekadar membantu untuk produk yang sering digunakan seperti Bank BCA, Bank BRI, Telkom, Bank Mandiri, Unilever, Astra Internasional, Indofood/ ICBP)
  • Perhatikan harga sahamnya karena ada yang harganya di atas Rp 3juta untuk setiap lotnya. Namun ada yang cukup Rp 500rb saja untuk setiap lotnya.
  • Pilih 1 dari perusahaan di atas. Jika ingin memilih 2 atau 3 usahakan jangan perusahaan yang dalam 1 bisnis misal memilih Bank BCA dan Bank Mandiri. Tetapi misal memilih Bank BRI dan Telkom

Cara memilih saham di atas tidak mempertimbangkan seperti kondisi keuangan perusahaan, dividen yang dibagikan ya. Hanya melihat stabilitas perusahaan secara umum.

Terus untuk cara menabungnya seperti berikut ini

1. Pastikan waktunya rutin. Bisa dipilih per tanggal berapa kalian akan membeli.

2. Pilih mau menabung menggunakan jumlah rupiah atau jumlah lot.

Maksudnya jika berdasar jumlah rupiah, maka setiap tanggal X kalian akan mentransfer sekian rupiah untuk dibelikan saham, entah dapat 1 lot atau 2 lot atau bahkan lebih dari itu.

Misal setiap tanggal 03 kalian akan transfer Rp 1juta rupiah ke RDN kemudian dibelikan saham TLKM baik harganya sedang naik maupun turun.

Jika berdasar lot, maka setiap tanggal X kalian transfer sejumlah uang yang DISESUAIKAN dengan jumlah lot yang diinginkan.

Misal setiap tanggal 03 kalian akan melihat harga saham TLKM kemudian transfer uangnya sesuai jumlah lot yang diinginkan.

3. Konsistenkan dengan target awal misal 6 bulan berturut-turut. Jika sukses bisa nambah menjadi 1 tahun. Jika sukses lagi bisa dinaikkan terus targetnya.

Itulah cara menabung saham dan memilih saham yang layak ditabung.

Tetapi ingat, di dunia saham harganya sangat fluktuatif yang dikarenakan kondisi sahamnya maupun karena fundamental perusahaan.

Jadi kalian tetaplah harus tau sedikit-sedikit tentang fundamental perusahaan karena kita tidak tau perusahaan itu untung atau rugi.

Sumber featured image

1. https://pasardana.id

(Visited 629 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply